layar iphone macet

Tips dan Cara Mengatasi Layar iPhone yang Macet Tiba-tiba

iPhone menjadi salah satu smartphone yang cukup populer di pasaran, banyak orang saat ini memakai iPhone sebagai alat komunikasinya. Sebagai salah satu benda elektonik, ponsel ini juga tak luput dari masalah, salah satunya seperti layar iPhone macet.

Layar iPhone macet dapat terjadi kapaunpu secara tiba-tiba atau mendadak. Saat layar iPhone macet atau mungkin tidak dapat bergerak sama sekali, tentu ini bisa jadi bencana karena anda tidak akan bisa menggunakan ponsel tersebut sama sekali.

Coba ditelusuri, mengenai apa penyebab layar iPhone macet ini adalah karena ada bug pada sistem operasi salah satunya. Kondisi ini tentu sudah wajar dialami, tidak hanya pengguna iPhone saja namun pengguna android juga.

Salah satunya seperti bug yang terjadi pada sistem operasi iOS 16, di mana hal tersebut menjadikan layar iPhone ini menjadi tidak responsive. Selain masalah sistem, masih ada beberapa penyebab kenapa layar iPhone macet, berikut akan kami berikan ulasannya.

Beberapa Pemicu Layar iPhone Macet dan Cara Mengatasinya

  • Bug pada sistem operasi
  • Ada debu atau cairan yang menempal di atas layar
  • Mengisi daya baterai memakai charger yang error atau rusak.
  • Penggunaan Screen Guard terlalu tebal juga bisa mengurangi responsive layar iPhone
  • Dan masih banyak lagi

Nah diatas tadi menjadi sejumlah pemicu kenapa layar iPhone macet tersebut, lantas bagaimana cara menanganinya? tidak perlu panik, berikut ini akan kami berikan cara mengatasi layar iPhone macet yang bisa anda coba.

1. Restart iPhone secara paksa

Jika layar iPhone macet secara tiba-tiba, maka pertolongan pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan merestart ponsel secara paksa. langkah ini berguna untuk menyegarkan kembali sistem pada iPhone yang terganggu karena adanya bug tersebut.

Adapun untuk langkah restart iPhone secara paksa ialah seperti berikut:

  • Tekan dan lepas tombol volume atas dengan cepat pada iPhone
  • Tekan dan lepas tombol volume bawah dengan cepat
  • Selanjutnya, silahkan anda tekan dan tahan beberapa saat tombol power sampai tampak logo Apple di layar, setelah itu anda lepaskan .
  • Sesudah iPhone mati, silahkan anda tekan tombol power untuk menghidupkannya lagi
BACA JUGA  Intip Spesifikasi Redmi Note 12 Series yang Segera Tiba di Indonesia

Namun perlu kami ingatkan, jika cara restart paksa di atas tadi hanya bisa anda lakukan pada perangkat iPhone  dengan sistem operasi iOS 16. Untuk tipe lainnya, maka anda bisa menyesuaikannya.

2. Update Sistem Operasi

Seperti yang sudah sering kami singgung di atas tadi, jika salah satu penyebab layar iPhone macet adalah karena bug di dalam sistem operasi. Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan merestart smartphone, namun jika masih belum mengatasinya maka anda perlu melakukan update sistem operasi.

Untuk melakukan langkah ini anda bisa mengecek pembaruan OS pada menu pengaturan di iPhone , jika tersedia pembaruan maka anda bisa langsung melakukannya melalui sistem OTA (Over the Air).

iphone

3. Membersihkan permukaan layar

Layar yang kotor juga bisa menyebabkan kemampuan responsive-nya berkurang, maka dari itu pastikan jika kondisi layar iPhone  anda ini bersih dari debu sertacairan apapun. Anda bisa membersihkannya menggunakan kain atau tisu yang bertekstur halus agar tidak membuat layar lecet.

4. Cabut Charger

Menggunakan charger yang rusak atau error, pada umumnya mengeluarkan output daya yang tak stabil. Tentu kondisi ini sangat berbahaya pada perangkat, dan salah satu indikasinya layar bisa mengalami macet. Sebagai pertolongan pertama, anda bisa coba cabut charger tersebut dan jangan digunakan lagi.

5. Lepaskan Pelindung Layar

Dan cara mengatasi layar iPhone  macet yang terakhir kali ini adalah bisa coba melepaskan pelindung layar. Seperti yang kami sebut di atas tadi, jika pelindung layar yang terlalu tebal bisa membuat kemampuan responsif menurun, sehingga layar iPhone tidak bisa di gerakkan nanti.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi layar iPhone  macet. Jika cara di atas tidak berhasil, maka anda bisa coba membawanya ke service center resmi Apple untuk memastikan kondisinya.