iPhone 14 Bisa Telepon Polisi Sendiri? Begini Kejadiannya

Kabar heboh terjadi di sebuah taman hiburan berlokasi di Amerika Serikat, dimana beberapa polisi seolah di “Prank” saat mengunjungi lokasi tersebut.

Hal itu terjadi lantaran ponsel buatan Apple, iPhone 14 series yang dibekali dengan fitur ‘Crash Detection’ yang bisa menghubungi langsung layanan gawat darurat seperti 911 saat terjadinya kecelalaan mobil.

Namun ternyata, fitur tersebut justru aktif disaat yang tidak seharusnya. Jadi fitur Crash Detection secara otomatis beberapa kali aktif saat dibawa pengguna iPhone 14 naik rollercoaster.

Sehingga banyak polisi yang mendatangi beberapa taman hiburan di negeri Paman Sam tersebut lantaran telah menerima panggilan dari pengguna yang dikira kecelakaan. Informasi ini berdasarkan laporan dari Wall Street Journal tentang fitur Crash Detection.

Fitur tersebut ada pada iPhone 14, Apple Watch Series 8, SE dan juga Ultra. Fitur ini mengandalkan kinerja sensor gyroscopic dan akselerometer high G guna mendeteksi empat jenis insiden kecelakaan.

Artinya saat terjadinya kecelakaan maka sensor dengan otomatis akan mendeteksi dan memanggil 911 atau layanan gawat darurat lainnya.

Apabila pengguna tak segera membatalkannya setelah 20 detik maka pesan audio yang bekerja secara otomatis untuk memberitahu bahwa pengguna mengalami kecelakaan dan memberikan lokasinya.

Skenario seperti ini yang di alami oleh beberapa pengguna Apple, namun pada waktu yang tidak sesuai. Melalui cuitannya, reporter Wall Street Journal yakni Joanna Stern telah membagikan contoh salah satu panggilan ke 911 yang dibuat oleh pengguna iPhone 14 ketika mereka berada di atas rollercoaster yang berlangsung di taman hiburan Kings Island di Cincinnati, AS.

Dalam cuplikan audio tersebut memutar pesan otomatis yang berisi koordinat lokasi pengguna iPhone 14. Akan tetapi bila di dengar secara seksama, di sela-sela audio tersebut terdengar suara teriakan pengunjung di taman hiburan tepatnya saat menaiki wahana rollercoaster.

Joanna juga mengatakan otoritas Warren Country menerima enam panggilan gawat darurat yang di picu oleh naiknya pengguna di wahana rollercoaster maupun wahana lainnya sejak pertama peluncuran iPhone 14. Demikian seperti dikutip Detik Inet dari The Verge, Rabu (12/10/2022).

BACA JUGA  HP Android Tercepat di Januari 2022

Kejadian yang sama juga dilaporkan oleh salah seorang penumpang rollercoaster di taman hiburan Six Flafs Great America, dekat Chicago serta beberapa taman hiburan lainnya.

Kendati demikian bukan berarti pemilik iPhone 14 dan pengguna Apple Watch terbaru harus menghindari rollercoaster, bumper car maupun wahana yang lainnya.

Sebetulnya fitur Crash Detection memang aktif secara dafault, tetapi hal itu bisa dimatikan secara manual atau dengan mengaktifkan mode pesawat agar perangkat aman tidak menghubungi layanan gawat darurat.