HP Android dan iPhone Ini Segera di Banned WhatsApp

Pengguna ponsel Android bersistem operasi versi lama terancam tak bisa pakai aplikasi chatting populer ini.

Kabarnya, jutaan hp Android dan iPhone dipastikan tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp, terhitung dua minggu lagi sejak kemarin.

Dalam keterangan resmi WABetaInfo, mereka menuliskan laporan bahwasanya pihak Whatsapp selalu menghentikan dukungan untuk beberapa versi Android maupun iOS.

Hal itu semata untuk memungkinkan perusahaan dalam memperkenalkan fungsionalitas tertentu yang mungkin tidak berfungsi pada sistem operasi versi lama.

Bukan hanya itu saja, dalam keterangannya WhatsApp juga mengatakan per 24 Oktober 2022 akan menghentikan dukungan kepada perangkat Android yang masih bersistem dibawah OS 4.1 (Jelly Bean), serta iPhone yang masih berjalan dengan iOS 10 dan 11.

Maka dari itu disarankan kepada pengguna, bilamana masih ingin terus menggunakan WhatsApp sebaiknya segera lakukan update sistem operasi iPhone.

Sebenarnya, versi iOS 10 dan 11 sendiri sudah tak banyak dipakai pada perangkat iPhone. Pastinya, iPhone 5 dan iPhone 5C yang terseret aturan tersebut karena keduanya mentok pada iOS 10.

Namun jangan merasa senang dulu bagi pengguna iPhone 5s. Kenapa? Karena iPhone 5s pun juga terancam tak bisa menggunakan Whatsapp jika masih menggunakan sistem operasi iOS 11. Jadi, sangat disarankan sekali untuk upgrade ke iOS 12.

“Apabila masih menggunakan iOS 10 atau 11, pengguna semua perlu memperbarui ke versi 12 agar tetap bisa menggunakan WhatsApp: Artinya, pengguna masih bisa menggunakan aplikasi Whatsapp di iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S, namun dengan memperbarui versi iOS yang terbaru. Namun sayangnya, Whatsapp saat ini sudah tidak kompatibel dengan iPhone 5 dan iPhone 5C lantaran iOS 12 tidak tersedia pada perangkat tersebut” seperti itulah inti dari laporan yang ditulis WABetaInfo.

Bagi mereka yang ingin mendapatkan versi iOS baru, bisa melakukannya dengan cara masuk ke menu Pengaturan lalu pilih ‘Umum’, kemudian ketuk ‘Pembaruan Perangkat Lunak’. Cukup mudah bukan?

Untuk saat ini pihak Whatsapp belum memberikan konfirmasi laporan WABetaInfo. Akan tetapi, melalui situs Pusat Bantuan, WhatsApp telah sampaikan bahwa iOS 12 atau yang mutakhir saat ini diperlukan bagi pengguna iPhone untuk tetap bisa menikmati layanan situs web Pusat Bantuan. Mungkin bagi pengguna iPhone 5c, sudah saatnya untuk update ke versi terbaru.