iphone 14 pro max

Uji Ketahanan Air Beku Samsung Galaxy S22 Ultra Vs iPhone 14 Pro Max

Sejumlah smartphone kelas premium atau biasa disebut dengan flagship, pastinya dibekali dengan fitu yang membuat mereka tahan dari air. Hal ini pun juga dimiliki oleh dua ponsel flagship terbaru yakni iPhone 14 Pro Max dan Samsung Galaxy S22 Ultra, yang mana keduanya sudah dibekali dengan sertifikasi IP68.

Secara teorinya, smartphone yang dibekali dengan sertifikasi tersebut memiliki ketahanan terhadap debu maupun air hingga kedalam 1.5 meter selama 30 menit. Nah untuk membuktikan teori tersebut, seorang Youtuber dengan akun Tech Trimmers melakukan pengujian pada dua ponsel flagship tersebut.

Dalam kontennya, Youtuber tersebut memasukkan iPhone 14 Pro Max dan Samsung Galaxy S22 Ultra dalam dua wadah secara terpisah. Setelah itu memasukkan minuman soda pada setiap wadah yang ada ponselnya tersebut, dan kondisi perangkat itu dalam posisi menyala.

Supaya lebih transparan, Youtuber tersebut pun juga memasang stopwatch untuk menghitung waktu pengujiannya. Setelah itu, kedua ponsel flagship tersebut ia masukkan kedalam freezer dalam kurun waktu 10 jam lamanya.

Setelah 10 jam berlalu, kotak yang didalamnya terdapat iPhone 14 Pro Max dan Samsung Galaxy S22 Ultra ini pun pastinya sudah membeku. Bahkan kondisi dari kedua ponsel tersebut pun juga mati, sudah tidak menyala seperti pada saat dimasukkan kedalam freezer tadi.

samsung galaxy s22 ultra

Yang menariknya, kedua perangkat tersebut baik iPhone 14 Pro Max maupun Galaxy S22 Ultra ini hanya layar terkunci, bukan mati karena rusak. Hasilnya Samsung Galaxy S22 Ultra ini tetap bisa berjalan dengan baik meskipun sudah direndam dalam air bahkan sampai membeku.

Ketika dioperasikan untuk kameranya masih tetap bisa digunakan, bahkan tidak nampak bekas air pada lensa kamera maupun layarnya. Saat di coba memutar musik di Youtube pun juga speakernya berfungsi normal, itu artinya ponsel flagship Samsung ini telah lulus pengujian.

Lantas bagaimana dengan nasib iPhone 14 Pro Max? ponsel ini pun juga dalam kondisi yang sama, hanya saja ketika digunakan memutar musik muncul sedikit noise pada speakernya. Kemungkinan ada air yang masuk dalam komponen tersebut, namun hal ini akan kembali normal seiring ponsel mengering.

BACA JUGA  Begini Cara Gampang Jual HP Android Bekas Cepat Laku dan Data Aman

Dari hasil pengujian diatas, maka bisa disimpulkan jika iPhone 14 Pro Max maupun Samsung Galaxy S22 Ultra ini memang sangat tangguh meski melalui pengujian yang sangat ekstrim. Jadi untuk anda yang ingin membelinya, maka bisa memilih sesuai selera nanti.