fbpx

HP Ini Sanggup Kalahkan Hasil Kamera iPhone 14 Pro

Ponsel iPhone yang populer sebagai smartphone high-end nyatanya masih kalah dengan smartphone Android yang satu ini.

Dalam pengujian DxOMark misalnya, iPhone 14 Pro meraih skor yang masih kalah dari smartphone Honor Magic4 Ultimate. Ponsel iPhone hanya menang di sektor selfie serta performa videonya.

DxOMark, di dalam pengujiannya memberikan skor keseluruhan yakni 146 untuk iPhone 14 Pro, kalah satu skor dari Honor Magic4 Ultimate dengan perolehan 147. Kendati begitu skor yang diperoleh iPhone 14 Pro masih tetap unggul jika dibandingkan Huawei P50 Pro dengan skor 143 maupun iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max dengan skor 131.

Namun DxOMark memberikan skor tertinggi untuk iPhone 14 Pro di dua aspek seperti kemampuan kamera selfie serta perekaman video dengan skor 145. Hal ini sebagaimana yang dikutip Detik Inet dari GSM Arena, pada Selasa (4/10/2022).

Sejatinya kemampuan kamera selfie pada iPhone 14 tertolong oleh autofokus dan bukaan diafragma yang lebih besar. Jadi, skor fotografinya di perangkat Apple tersebut terpaut satu poin dari Huawei P50 Pro.

Selfie video turut di ujikan, karena memberikan hasil warna, stabilisasi, dan exposure yang memuaskan.

Pada kesempatan ini DxOMark juga menonjolkan kemampuan iPhone 14 Pro di hal skenario penggunaan “Friends & Family” lantaran akurasi pada ponsel ini dalam merekam warna kulit, konsistensi zero shutter lag, kemampuan menampilkan kontras tepat pada wajah manusia, serta kemampuan mengurangi foto blur akibat gerakan.

Mereka juga menguji ‘Efek Bokeh’ yang di katakan cukup natural dalam portrait mode, membuat ponsel tersebut makin mirip foto DSLR, begitu menurut DxOMark.

Selanjutnya untuk kemampuan perekaman video, iPhone 14 Pro masih jadi jawaranya. Bahkan DxOMark melihat adanya peningkatan kemampuan pada sektor kemulusan video, stabilisasi gambar, transisi yang mengalir, kemampuan merekam HDR, dan tracking autofokus yang akurat bisa di andalkan.

Penanaman sensor ‘Quad-Bayer’ pada ponsel iOS ini membuat Apple terlihat berhasil dan bisa meningkatkan kualitas gambar maupun performa kamera secara keseluruhan. Tak lupa mereka juga menguji tingkat akurasi gambar yang ditampilkan layar sebelum memotret dengan hasil gambar akhir yang sudah di potret.

BACA JUGA  3 Fitur Andalan iPhone 14 Pro ini Bikin Android Ketar-Ketir

Kemunculan noise dan berkurangnya detaila foto saat memotret dalam ruangan menjadi salah satu kritik DxOMark, terlebih lagi hilangnya detaila saat memotret dengan lensa tele 3x.

Keluhan serupa di lontarkan pada kamera selfie, baik untuk foto maupun video. Kualitas gambarnya dikatakan berkurang di sisi noise dan warna kulit yang mulai tidak akurat dan tidak natural ketika dipakai pada kondisi yang minim cahaya maupun backlight.