Kenali Fitur-Fitur Baru di WhatsApp di Bulan September

Whatsapp sampai detik ini seolah jadi juara aplikasi chatting yang banyak di pergunakan baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya.

Aplikasi ini banyak menggulirkan fitur baru belakangan terakhir, tentu saja hal ini semakin membuat pengguna betah dan kian setia memanfaatkan Whatsapp untuk kebutuhan sosial pokok.

Di beberapa waktu terakhir ini sedikitnya ada lima fitur baru yang di luncurkan terkhusus bulan September 2022.

Dari kelimanya, salah satu fitur tersebut adalah admin group yang bisa menghapus pesan WhatsApp dari anggota group yang diberi nama “Admin Delete” dan sudah sempat di uji pada Agustus lalu. Berikut ini lebih lengkapnya kelima fitur baru yang diluncurkan Whatsapp, Kamis (29/9/2022).

1. Filter Pesan yang Belum Terbaca

Salah satu fitur baru dari kelima yang diluncurkan yakni memfilter pesan yang belum terbaca. Jadi fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari pesan berdasarkan pesan yang belum di baca alias ‘Unread Message’.

Cara mencoba fitur ini adalah dengan meng’klik kolom “Seach” di aplikasi WhatsApp, kemudian pilih opsi “Unread”. Setelah itu sistem akan melakukan filter secara otomatis dari pesan yang belum dibaca berdasarkan waktu terbaru ke waktu terlama.

2. Membatalkan Pesan yang Terhapus

Fitur kedua adalah memfungsikan pembatalan pesan yang telah di hapus melalui opsi “Delete for Me”. Pada saat pengguna menghapus pesan melalui opsi tersebut, nantinya akan muncul pilihan “Undo”. Apabila ingin batal hapus pesan cukup klik opsi “Undo” tersebut.

3. Preview Links di Kolom Status

Adapun untuk fitur ketiga ini adalah “Preview Links”, yang memungkinkan pengguna bisa melihat pratinjau dari tautan yang di unggah seorang teman pada laman status Whatsapp.

Jadi apabila ada teman yang membagikan sebuah links di status, pengguna bisa klik tautan tersebut guna melihat gambaran singkat dari link yang dibagikan.

BACA JUGA  Google, dan Beberapa Aplikasi Ini Bakal Diblokir di Indonesia, Catat Tanggalnya!

4. Keluar Group Diam-diam

Jika biasanya untuk meninggalkan group WhatsApp begitu canggung, entah perasaan tidak enak (sungkan) atau perasaan apapun, kini jadi lebih mudah. Ya, fitur baru Whatsapp ini adalah bisa meninggalkan group secara diam-diam. Artinya, ketika pengguna meninggalkan group Whatsapp maka tidak ada notifikasi seperti yang biasanya kita ketahui. Sehingga lebih aman dan tanpa ribet terbawa perasaan apapun.

Sebelumnya, apabila ada salah satu anggota group yang keluar maka semua anggota akan mendapatkan notifikasi bahwa nama tersebut telah meninggalkan group, “(nama) telah meninggalkan group”. Di fitur ini hanya admin yang mendapat notif tersebut.

5. Admin Group Bisa Menghapus Pesan Anggota

Seperti yang di bahas di awal, salah satu fitur dari kelima yang di luncurkan pihak Whatsapp adalah “Admin Delete”. Dimana fitur tersebut memungkinkan admin group bisa menghapus pesan dari anggota lain.

Caranya, cukup dengan menekan dan menahan (Tap and Hold) gelembung pesan yang ingin di hapus, kemudian pilih ikon tempat sampah yang ada di pojok kanan atas.

Fitur ini sangat bermanfaat jika misalnya sebuah group biasa kumpulan teman yang mana salah satu anak mengirimkan chat yang berbau kurang menyenangkan seperti candaan kalimat kotor dsb maka admin bisa menghapus.

Jika sebelumnya, yang bisa menghapus pesan adalah anggota yang mengirimkannya. Sayangnya fitur ini bisa terlihat anggota group, admin siapa yang sudah menghapus pesan tersebut. Dengan kata lain fitur ini berguna untuk membantu admin dalam memoderasi dan mengelola obrolab dama group WhatsApp yang gunanya agar lebih kondusif.