iphone 14 pro

Lagi-Lagi Masalah iPhone 14 Pro, Kali Ini Saat Ngecas!

Apple beberapa waktu telah meluncurkan smartphone flagship terbaru yakni iPhone 14 series dengan banyak fitur keren di dalamnya. Meskipun begitu, sejumlah pengguna ponsel tersebut ternyata menemukan kendala pada ponsel miliknya.

Sejumlah pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mengeluhkan permasalahan baru yang ditemui ponsel miliknya. Kali ini beberapa pemakai memberikan laporan kepada pihak Apple terkait ponsel iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max miliknya sering mengalami restart pada saat dicas memakai MagSafe atau Lightning.

Keluh kesah ini lebih banyak diketemukan pada platform sosial media Reddit, di mana konten pertama muncul sekitar seminggu lalu. Pengguna akun Reddit dengan username u/Ok-Investigator2075 mengakui jika iPhone 14 Pro miliknya kerap alami restart secara acak waktu sedang di isi ulang.

“Saya barusan mendapatkan iPhone 14 Pro dan mulai saat itu saya lihat (perangkat) itu restart saat isi daya (magsafe/kabel),” tulis pemilik akun u/Ok-Investigator2075 dalam forum AppleHelp, dikutip dari laman 9to5Mac.

Pemilik akun tersebut juga menambahkan, jika dirinya tidak menemukan solusi apapun, hanya saja kondisi ini (restart) tidak dialami ketika dirinya tidak melakukan pengisian ulang. Dengan begini permasalahan hanya ada pada saat iPhone 14 Pro sedang di charge memakai MagSafe atau Lightning.

Selain user tersebut, masih ada pengguna iPhone 4 Pro Max lainnya juga mengaku mengalami masalah serupa ketika sedang melakukan charging dengan durasi waktu sekitar 10-20 menit. Perangkat iPhone 14 Pro Max itu menjalankan sistem operasi iOS 16.0.1, tetapi permasalahan yang sama juga diketemukan pada perangkat dengan menggunakan iOS 16.0.2 dan iOS 16.1 beta.

Mengenai sejumlah keluhan yang dialami penggunanya tersebut, pihak Apple masih belum memberkan konfirmasi apapun terkait masalah tersebut. Akan tetapi Apple Support

memberikan sejumlah instruksi untuk menuntaskan permasalahan ini ke pengguna lain. Berikut sejumlah instruksi yang diberikan :

  • Restore penuh dari backup dengan DFU
  • Restore penuh dari backup dengan Recovery Mode
  • Matikan optimized charging
  • Uninstal aplikasi Eufy

Sayangnya, instruksi yang diberikan oleh pihak Apple Support tersebut  masih belum berhasil menuntaskan permasalahan restart pada perangkat iPhone 14 Pro mereka. Namun konsumen ini menjelaskan jika salah satu langkah yang berhasil mencegah masalah restart pada iPhone 14 Pro Max ini ialah dengan mematikan background app refresh.

BACA JUGA  Deretan hp Oppo 5G yang Sudah Tersedia di Indonesia!

“Setelah beberapa hari frustrasi saya melihat semacam pola, itu (restart) hanya terjadi saat battery sedang diisi sekitar 90-95% (terutama 93%) dan ponsel pada kondisi idle,” kata u/zeceajnv.

“Dan selama ini salah satu hal yang berhasil untuk saya (sampai sekarang telah dua malam tanpa reboot) dengan menonaktifkan background app refresh,” tambahnya.

Umumnya, pihak Apple dikenal begitu sigap dalam mengatasi permasalahan bug pada perangkat miliknya yang terbaru. Perlu anda ketahui, jika persoalan iPhone 14 Pro Max restart sendiri ini bukanlah permasalahan besar pertama kalinya dialami oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Sebelumnya, sejumlah pengguna mengakui jika mereka mengalami masalah pada bagian kamera iPhone 14 Pro dan dan iPhone 14 Pro Max “bergetar” pada saat membuka aplikasi pihak ketiga seperti TikTok maupun instagram. Namun masalah ini sudah diatasi pihak Apple dengan meluncurkan update sistem operasi iOS 16.0.2 beberapa waktu lalu.

Untuk anda pengguna iPhone 14 series dan mengalami masalah serupa, maka bisa coba melakukan tips diatas yang diberikan oleh pengguna iPhone 14 lainnya.