Padahal Penting, Fitur iPhone 14 Ini Malah Tak Banyak Diketahui

Bicara tentang iPhone terbaru, pasti yang seringkali di bahas adalah peningkatan paling kentara seperti konfigurasi kamera atau notch Dynamic Island.

Misalnya saja iPhone 14 series terbaru, seperti yang disampaikan sebelumnya untuk varian reguler memang tak banyak perubahan baik dasi aspek spesifikasi maupun harga.

Namun perlu di catat bahwa sebenarnya ada fitur yang “Mungkin” banyak di abaikan oleh publik. Bisa dibilang fitur ini luput dari perhatian, padahal ternyata cukup penting. Apakah fitur yang dimaksud penting pada iPhone 14 tersebut?

Jadi, fitur pada iPhone 14 reguler itu adalah kemudahan saat diperbaiki ketika mengalami kerusakan. iFixit, vendor yang biasa meneliti tingkat kemudahan perbaikan perangkat menyebutkan jika iPhone 14 setara dengan iPhone 7 soal perbaikan.

Sebelumnya, perangkat iOS seperti iPhone cukup sukar untuk di perbaiki. Namun ternyata Apple telah merombak struktur internal iPhone 14 agar user nantinya lebih mudah melepas layar maupun belakangnya hanya dengan dua skrup saja.

Tentu saja hal ini memberikan kemudahan bagi semua pegawai Apple Store, User, dan Pusat Servis bilamana ingin mengganti layar, baterai maupun casing belakang. Dengan mudahnya diperbaiki, maka perangkat juga akan lebih awet.

“Kali ini Apple benar-benar merombak lagi perangkatnya bagian dalam iPhone 14 sehingga membuat perangkat tersebut mudah diperbaiki. Memang tidak terlihat dari luar, tapi ini merupakan hal besar,” kata iFixit mengutip Detik Inet dari CNBN, Sabtu 24/9/2022.

Namun sayangnya fitur semacam ini tersedia untuk iPhone 14 versi reguler. Artinya varian seperti iPhone 14 Pro masih cukup sukar diperbaiki. Kendati begitu, tetap saja ini perkembangan yang baik meskipun Apple sendiri tidak mengumumkannya.

“Fitur terbaik pada iPhone 14 ini merupakan sesuatu hal yang tidak diberitahukan oleh Apple. Meninggalkan SOS satelit serta kamera lebih besar. Sepenuhnya Apple telah mendesain ulang internal iPhone 14 supaya lebih mudah diperbaiki. Fitur menarik ini sama sekali tidak terlihat dari luar, namun tetap saja ini adalah suatu perubahan desain paling signifikan pada iPhone dalam waktu yang lama,” imbuh iFixit.

BACA JUGA  iPhone 13 Tiba-Tiba Layarnya Berubah Menjadi Pink, Kenapa?

“Perubahan desain iPhone 14 kali ini wujud kemenangan besar Apple. Perubahan ini yang membuat iPhone akan lebih tahan lama atau awet dan mengurangi imbasnya ke planet ini. Apabila beruntung, manufaktur lain akan mengikutinya,” mereka melanjutkan.