iphone 14 pro max

Uji Ketahanan Baterai iPhone 14 Pro Max Vs HP Android

Perusahaan asal Amerika Serikat, yakni Apple baru-baru ini mengklaim jika ketahanan baterai dari ponsel terbarunya yakni iPhone 14 series ini lebih tangguh dari seri sebelumnya. Tentu hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya, setangguh apakah kapasitas baterai ponsel tersebut dibandingkan dengan hp android kelas premium ?

Terkait hal tersebut, baru-baru ini seorang YouTuber dengan username TechDroider mengadakan sebuah konten komparasi antara iPhone 14 Pro Max dengan ponsel sebelumnya yakni iPhone 13 Pro Max, Galaxy S2 Ultra, OnePlus 10 Pro, Mi 12 Ultra, dan juga Motorola Edge 30.

Untuk anda yang masih awam, sejumlah perangkat tersebut merupakan ponsel flagship terbaik dari sejumlah vendor yang sudah resmi rilis di pasaran. Dan perbandingan antara iPhone 14 Pro Max dengan sejumlah ponsel di atas tadi terkait ketahanan dari daya baterainya.

Dalam pengujiannya tersebut, TechDroider membuat simulasi tugas sehari-hari para pengguna, mulai dari menonton YouTube, bermain sosial media, menjelajah web, hingga bermain game. Semua perangkat di atas tadi di atur pada resolusi tertinggi yakni resolusi QWHD+ dengan kecepatan refresh rate 120 Hz.

baterai iphone 14 pro max

Sementara untuk duo iPhone 14 Pro Max dan iPhone 13 Pro Max menggunakan setelan tertinggi yakni resolusi FHD dengan refresh rate 120 Hz. Sementara untuk Motorola Edge 30 Ultra menggunakan resolusi FHD dengan refresh rate 144 Hz.

Dalam pengujian pertama menjadi yang paling berat, dimana ponsel tersebut di uji menjalankan game PUBG Mobile menggunakan settingan grafis maksimal selama 2 jam 30 menit. Dari hasil uji coba tersebut, kapasitas baterai iPhone 14 Pro Max dan 13 Pro Max ini berkurang sekitar 30%, sementara untuk ponsel android pesaingnnya mengalami penurunan sekitar 65% kapasitas baterai.

Lalu pada tes kedua, semua perangkat smartphone tadi digunakan untuk melakukan aktifitas sehari-hari para pengguna mulai dari streaming Youtube, menjelajah sosial media, website, dan lain sebagainya selama 2 jam penuh.

Hasilnya, iPhone 14 Pro Max ini mempin dengan kapasitas sisa baterai 28% setelah total keseluruhan digunakan beraktifitas selama 8 jam 30 menit. Diperingkat kedua ada Motorola Edge 30 Ultra yang masih tersisa 27%, dan iPhone 13 Pro Max yang masih memiliki kapasitas baterai sebesar 26% di peringkat ketiga.

BACA JUGA  Lah! Harga Service Baterai iPhone, iPad dan Macbook Naik

Lalu untuk ponsel lainnya OnePlus 10 Pro dengan 17%, Mi 12 Ultra Dengan 19%, dan paling akhir ada Samsung Galaxy S22 Ultra tersisa 15%. Dengan sisa waktu yang ada, semua ponsel digunakan untuk melakukan perekaman video selama 1 Jam, bagaimana hasilnya?

Ternyata semua smartphone ini mengalami kehabisan baterai, dan bisa dipastikan Galaxy S22 Ultra yang lebih dulu mati. Selanjutnya di ikuti olah OnePlus 10 Pro, Mi 12 Ultra, dan Motorola Edge 30 Ultra. Bagaimana dengan dua smartphone andalan Apple?

Yang mengejutkan, iPhone 14 Pro Max ini malah kehabisan baterai lebih dulu dibandingkan dengan seri sebelumnya yakni iPhone 13 Pro Max. Dari hasil pengujian ini pun, maka dipastikan jika iPhone 13 Pro Max masih jadi smartphone dengan ketahanan daya baterai terbaik dari semua model ponsel flagship yang ada di pasaran sekarang.

Dimana iPhone 13 Pro Max memiliki waktu penggunaan ekstream selama 10 Jam 22 menit, sementara versi terbaru yakni iPhone 14 Pro Max hanya bertahan selama 10 Jam 12 Menit. Perbandingan yang tidak terpaut jauh ini memang masih cukup wajar, dan dirasa tidak menjadi masalah serius jika anda nantinya ingin beli ponsel baru tersebut.