iPhone 14 Ditemukan Sudah Ada yang Bermasalah

Apple secara resmi telah meluncurkan iPhone 14 series di berbagai negara termasuk Indonesia. Seperti yang sudah sering disampaikan sebelumnya, smartphone ini untuk varian regulernya tidak mengusung banyak pembaruan alias masih banyak kemiripan dengan iPhone 13.

Disamping itu, soal harganya pun juga tidak ada kenaikan pada varian reguler iPhone 14. Sayang sekali, baru-baru ini muncul kabar ditemukannya masalah pada perangkat iPhone tersebut. Kira-kira apa ya?

Jadi, baik iPhone 14, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max telah dijual di beberapa negara mulai akhir pekan ini. Akan tetapi tak berselang lama, tiga ponswl terbaru pabrikan asal Cupertino itu justru tuai masalah baru.

Melalui sebuah dokumen dukungan yang di unggah oleh Apple, yakni iOS 16.0 mempunyai masalah aktivasi. Masalah inilah yang pada akhirnya membuat aplikasi iMessage dan FaceTime tak bisa berjalan semestinya atau tidak berfungsi dengan benar ketika perangkat pertama kali di aktifkan.

Adapun masalah lain yang di ungkapkan oleh Apple yaitu kesulitan menerima pesan iMessage atau panggilan FaceTime, muncul gelembung hijau alih-alih sebagai gelembung biru seperti biasa saat menghubungi pengguna iMessage lainnya.

Disamping itu masih ada lagi, percakapan di Message yang di tampilkan dalam dua utas berbeda, serta penerima melihat pesan yang dikirimkan pengguna datang dari akun yang salah.

Singkatnya, iOS 16.0 terbaru mempunyai bug terkait set up perangkat mengenai aktivasi ponsel dengan iMessage dan FaceTime. Tentu saja timing problem seperti ini tak tepat, mengingat hari ini konsumen sudah bisa membeli iPhone 14, 14 Pro dan 14 Pro Max dengan iOS 16.0.

Namun, seperti biasa Apple selalu cepat tanggap dalam mengatasi permasalahan terkait ponselnya. Begitu pula dengan kasus ini, perusahaan yang di pimpin oleh Tim Cook tersebut sudah mengatasi dua masalah itu dengab update iOS 16.0.1. Update ini pun juga sudah diluncurkan sehari sebelum penjualan iPhone 14 dibuka, hal ini seperti yang dikutip Detik Inet dari 9to5Google pada Minggu (18/9/2022).

BACA JUGA  HP Ini Sanggup Kalahkan Hasil Kamera iPhone 14 Pro

Mengenai hal ini Apple juga menyebutkan bahwa masalah terkait iMessage dan FaceTime akan di perbaiki dengan langkah memperbarui sistem operasi iPhone 14 ke iOS 16.0.1. Sebagai bagian dari proses set up perangkat baru, iPhone yang baru saja di beli akan sangat mungkin meminta pengguna untuk update sistem operasi terlebih dahulu sebelum masuk ke halaman utama.

Apabila pengingat ini tidak langsung muncul saat set up perangkat baru, maka pengguna bisa memperbarui sistem operasi iPhone 14 dengan cara membuka Settings > General > Software Update.

Apabila masih juga mengalami masalah dengan iMessage dan FaceTime sekalipun setelah update iOS 16.0.1, mungkin pengguna harus mengotak-atik pengaturan iMessage. Apple menyarankan untuk cek Settings > Cellular dan memastikan perangkat iPhone terhubung dengan jaringan.

Setelah itu buka menu Settings > Messages > Send & Receive. Lalu, ketuk nomor telepon yang sudah kalian gunakan untuk iMessage. Setelah itu buka menu Settings > FaceTime dan ketuk nomor telepon yang digunakan untuk FaceTime. Seharusnya langkah-langkah tersebut bisa me-reset proses aktivasi serta iPhone 14 yang baru dibeli bisa berfungsi dengan normal.