iMessage iOS 16 Bisa Ubah Pesan yang Terlanjur Dikirim

Apple memang telah resmi menggulirkan sistem operasinya sejak Senin lalu pada tanggal 12 September 2022. iOS 16 terbarunya ini hadir bukan sekedar memenuhi kebiasaan para produsen smartphone termasuknya Apple.

Akan tetapi kehadiran iOS 16 membawa sejumlah fitur baru diberbagai sektor, yakni termasuk juga pada aplikasi pesan instan alias iMessage.

Sedikitnya dikabarkan ada empat fitur baru di iPhone untuk versi iMessage iOS 16 kali ini, dan salah satunya adalah kemampuan untuk mengedit pesan yang terlanjur dikirim. Lantas apa saja fitur-fitur baru lainnya yang turut dihadirkan?

Fitur-Fitur Baru iMessage iOS 16

  1. Edit Pesan yang Sudah Terkirim

Keren bukan? Dengan iPhone, iMessage iOS 16 pengguna bisa merubah, mengedit atau menyunting teks pesan yang telah terkirim. Namun pengeditan itu bisa dilakukan selama 15 menit setelah pesan terkirim ke pengguna lainnya. Artinya, ketika pengguna salah tulis dan belum 15 menit saja sudah terbaca maka percuma juga. Bahkan jumlah editnya juga mempunyai batasan yakni maksimal lima kali.

Agar bisa mengedit pesan terkirim di iMessage, caranya mudah sekali. Tekan chat yang terkirim pada ruang obrolan kemudian klik opsi “Edit” lalu masukkan teks baru untuk mengganti teks lama.

Nantinya iMessage bakal mengirimkan pesan dengan teks yang baru tersebut ke pengguna lain dengan keterangan “Edited” atau “Diedit” yang terletak dibawah bubble chat tepat.

Melalui status inilah pengguna bisa melihat riwayat pengeditan pesan yang telah dilakukan.

  1. Membatalkan Pesan yang Sudah Terkirim

Kemampuan lain yang dihadirkan pada iOS 16 adalah dengan iMessage bisa membatalkan pesan yang sudah terkirim. Pembatalan bisa dilakukan jarak 2 menit setelah terkirim ke pengguna lainnya. Caranya mudah, cukup tekan lama pada bubble chat. Setelah muncul menu pengaturan pesan, silakan klik opsi “Undo Send” atau “Batalkan Pengiriman”.

  1. Menandai Pesan yang Belum Terbaca

Pesan yang masuk di iMessage  iOS 16 kini bisa di tandai sebagai yang belum terbaca. Tentu saja ini adalah fitur yang sangat berguna bagi pengguna untuk mengetahui isi pesan iMessage di lain waktu lantaran belum sempat membacanya secara utuh pada saat itu.

BACA JUGA  Kamera Oppo Find X6 Pro Disebut Setara DSLR

Cara untuk menandainya yakni tekan lama kolom nama kontak di daftar pesan iMessage, lalu klik “Mark as Unread”.

  1. Memulihkan Pesan yang Telah Dihapus

Fitur keren keempat yang dibawa iOS 16 pada iMessage adalah bisa memulihkan pesan yang sudah di hapus. Akan tetapi pemulihan ini bisa dilakukan pada pesan yang telah dihapus maksimal 30 hari. Cara untuk memulihkan pesan yang telah di hapus yakni dengan klik opsi “Edit” yang ada pada aplikasi iMessage. Lalu klik “Show Recently Deleted”. Nantinya akan muncul daftar pesan yang telah di hapus. Pilih pesan yang kamu inginkan, lalu pilih opsi “Recover” untuk di pulihkan.

Nah, jadi itulah empat fitur menarik yang dibawa pada iPhone iMessage iOS 16.