pengguna iphone

Pengguna iPhone Baru Wajib Tahu Ini Untuk Maksimalkan Fiturnya

Pergantian perangkat seperti android ke iPhone atau sebaliknya merupakan hal yang lumrah terjadi dengan beragam alasan. Hanya saja kegiatan ini bakal jadi hal yang rumit bagi sebagian orang, khususnya mereka user baru.

Kondisi seperti ini memang cukup wajar dialami, mengingat android dan iOS merupakan dua platform yang sangat berbeda. Nah karena hal tersebut, maka bagi anda user iPhone baru harus mampu beradaptasi dengan sistem operasi tersebut.

Sebagai penguna baru iPhone, anda diharuskan untuk memahami tentang dasar-dasar penggunaan iPhone tersebut. Ada sejumlah poin yang harus anda pahami guna menghindari sejumlah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh user baru iPhone.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang sejumlah kesalahan-kesalahan dasar pengguna iPhone baru yang seringkali mereka lakukan.

Kesalahan Pengguna Baru iPhone yang Perlu Dihindari

Memang kesalahan tersebut tidak menjadi fatal, hanya saja hal tersebut membuat anda tidak bisa memanfaatkan kecanggihan fitur yang dimiliki oleh perangkat iPhone tersebut. Penasaran dengan sejumlah kesalahan yang dimaksud? Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini :

1. Abaikan Fitur Silent

iphone silent button

Kesalahan pengguna iPhone baru yang pertama kali ini adalah mengabaikan keberadaan tombol silent.  Dalam penggunaan perangkat iPhone ini tidak hanya terpaku pada layar sentuh saja, namun pengguna juga bisa memanfaatkan sejumlah tombol fisik yang diletakkan pada bagian samping bodi kanan dan kiri.

Nah salah satu tombol fisik yang memiliki peranan penting namun luput dari perhatian pengguna adalah tombol “silent”. Letak dari tombol ini berada dibagian atas tombol volume, bentuknya seperti saklar yang bisa di geser naik-turun.

Fungsi dari tombol ini adalah menggantikan fitur notifikasi pada iPhone dari mode dering ke mode senyap dengan cepat.  Dengan begini, ketika dalam kondisi urgent dan anda harus mematikan nada dering iPhone, cukup menggeser tombol tersebut maka mode silent pun akan aktif tanpa perlu membuka layar.

BACA JUGA  Kumpulan HP 5G Sejutaan Terbaik di Indonesia

2. Belum Aktifkan Fitur Find My

Fitur Find My ini terbilang sangat penting karena ada kaitannya dengan keamanan pada perangkat iPhone. Tidak hanya diperangkat iPhone saja, bahkan fitur ini juga tersedia pda ponsel android dan kerap kali diabaikan pengguna.

Untuk anda pengguna baru iPhone, keberadaan fitur ini sangatlah penting apabila suatu ketika tiba-tiba ponsel anda hilang. Fitur Find My ini akan memberikan informasi terkini keberadaan dari iPhone tersebut, bahkan anda bisa mengunci dan mengapus datanya dari kejauhan.

Mengingat fungsinya yang cukup penting, maka bagi anda para user baru iPhone wajib untuk mengaktifkannya. Untuk caranya silahkan kalian buka fitur ini pada pengatuan Apple ID di menu Settings.

3. Terlalu Mengandalkan Cloud

iphone icloud

iCloud merupakan salah satu layanan yang dimiliki pada perangkat iPhone untuk menyediakan penyimpanan berbasis awan atau Cloud. Jika anda sebelumnya pengguna android, maka layanan ini mirip dengan Google Drive.

Ketika anda login Apple ID di perangkat iPhone, maka secara otomatis layanan iCloud ini bakalan aktif. Dengan begini maka pencadangan sejumlah data mulai dari foto, pesan, hinga kontak juga bakalan berjalan otomatis juga.

Dengan memanfaatkan iCloud tersebut memang memudahkan anda dalam menyimpan maupun mengamankan data di iPhone.  Hanya saja jika anda terlalu banyak menyimpan file disana, maka kapasitas dari Cloud ini juga bakalan penuh.

Berbeda dengan Google Drive, pihak Apple hanya memberikan jatah penyimpanan 5Gb saja untuk penyimpanan Cloud tersebut. Jika ingin memperbesar penyimpanannya, maka pengguna harus berlangganan kupta tambahan mulai dari Rp 15.000 per-bulan.

4. Memakai Charger Abal-abal

Kesalahan yang cukup sering dilakukan oleh penggun iPhone baru adalah kebiasaan mereka yang suka asal menggunakan charger, atau memakai charger abal-abal. Jika kondisi ini terlalu sering dilakukan, maka bisa menurunkan performa dari baterai perangkat anda.

Pasalnya output yang dihasilkan oleh charger abal-abal ini umumnya tidak sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pihak Apple. Dengan kondisi output yang tidak sesuai, maka bisa menurunkan performa dari baterai dan membuatnya gampang lowbat.

BACA JUGA  Diskon Besar-besaran Harga iPhone 14 Pro Tinggal Segini

5. Memberikan Izin Akses Sembarangan

Untuk kesalahan yang satu ini umumnya tidak hanya dilakukan oleh pengguna iPhone saja, bahkan pengguna android pun juga begitu. Setiap kali anda menginstall aplikasi baru, apapun itu pasti membutuhkan akses khusus ke perangkat.

Umumnya beberapa akses ini meminta data kontak, gambar, video, dan lain sebagainya yang ada di perangkat. Tentu anda haruslah memperhatikan izin akses yang diminta oleh aplikasi tersebut, jika dirasa tidak masuk akal dan tidak sesuai kebutuhan, maka jangan berikan.

Namun kebiasaan buruk para pengguna smartphone tidak membaca hal tersebut, mereka langsung saja tap Izinkan tanpa membaca. Jika kondisi ini anda lakukan, dikhawatirkan data pribadi anda bisa dicuri oleh oknum tidak bertanggung jawab jika kebetulan aplikasi yang anda gunakan itu ternyata mengandung malware atau abal-abal.

Setelah mengetahui sejumlah kesalahan di atas tadi, sempoa anda bisa lebih optimal lagi dalam menggunakan perangkat iPhone.  Cukup sekian ulasan tentang sejumlah kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna iPhone baru, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.