fbpx
fitur ios 16

Bukan Cuman Modifikasi Lock Screen, iOS 16 Juga Ada Fitur Ini

Selain meluncurkan smartphone baru, pihak Apple juga merilis iOS 16 versi final kepada sejumlah pengguna. Di mana pembaruan ini secara resmi digulirkan pihak Apple sejak hari Senin, 12 September 2022 kemarin.

Sebagai versi final, pastinya iOS 16 ini datang dengan menggunakan sejumlah fitur keren untuk memanjakan para penggunanya. Yang menjadi sorotan para fanboy (penggemar iPhone), salah satu fitur keren yang mencolok dari OS ini adalah kemampuannya untuk melakukan modifikasi pada Lock Screen.

Keberadaan fitur tersebut kemungkinan menjadi yang paling ditunggu oleh para penggemar, dimana pada akhirnya mereka bisa melakukan modifikasi pada tampilan Lock Screen iPhone sesuai keinginan. Namun tidak hanya fitur itu saja, masih ada fitur baru lain iOS 16 yang bisa digunakan.

Untuk anda yang penasaran, berikut ini sejumlah fitur keren iOS 16 yang perlu anda ketahui :

1.Lock Screen dan Wallpaper

fitur ios 16 lockscreen

Fitur iOS 16 pertama yang bisa anda nikmati adalah modifikasi bagian lockscreen pada perangkat iPhone. Beberapa modifikasi yang bisa dilakukan diantarnya sebagai berikut :

  • Bisa menambahkan widget atau jendal mini aplikasi pada bagian lock screen
  • Warna serta font penunjuk waktu (jam dan tanggal) pada lock screen dapat diganti
  • Bisa membuat serta simpan beberapa tema lock screen sekaligus
  • Tersedia wallpaper baru dengan beragam tema, mulai dari astrnomi dan emoji
  • Bisa membuat wallpaper emoji sendiri
  • Wallpaper bisa di susun dengan sejumlah foto dan bisa berubah secara dinamis
  • Wallpaper bisa diatur agar menutupi penunjuk waktu pada lock screen

2. Layar “Home”

  • Tombol pencarian aplikasi ini bisa anda tambahkan pada layar “Home”
  • Warna bingkai folder bisa disesuaikan background layar “Home”

3.  Live Text

Live text ini merupakan fitur baru di dalam iOS 16, fungsinya adalah untuk mendeteksi teks dalam sebuah gambar.  Fitur ini kemampuannya telah mengalami peningkatan, diantaranya :

  • Teks yang terdapat dalam video dapat di copy paste
  • Mampu mendeteksi kalimat / teks pada sebuah video yang di jeda pada Galeri iPhone maupun Safari
  • Teks yang terdeteksi ini bisa diterjemahkan pada berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia
BACA JUGA  Bocoran Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 8 Pro 5G

4. Fokus

Fokus ini merupakan sebuah fitur yang membuat pengguna iPhone bisa mengatut sejumlah mode sesuai dengan kegiatan mereka, mulai dari mode Sleep atau Don’t Disturb. Pada iOS 16, fitur tersebut telah mengalami peningkatan, diantaranya :

  • Memiliki kemampuan saran lock screen supaya nanti hanya tampilkan pengumuman atau konten yang di inginkan pada salah satu mode
  • Bisa berikan saran hanya menampilkan sejumlah aplikasi tertentu pada layar “Home” menyesuaikan mode yang digunakan
  • Fitur Focus pada iOS 16 ini bisa diaktivasi secara otomatis berdasarkan lokasi dan waktu. Bisa juga anda mengaturnya untuk aktif otomatis ketika membuka aplikasi tertentu
  • Terdapat opsi untuk mematikan notifikasi beberapa aplikasi maupun kontak tertentu ketika dalam salah satu mode aktif

5. Aplikasi Mail

Fitur baru pada aplikasi Mail di iOS 16 juga mengalami peningkatan, diantaranya :

  • Bisa jadwalkan pengiriman e-mail
  • Bisa batalkan email yang telah terkirim, dengan catatan pembatalan ini hanya bisa berlaku maksimal 10 detik setelah email di kirim

6. Galeri Foto (Photos)

fitur ios 16 galeri foto

Kini pada menu Photos anda bisa mengunci foto yang disimpan dalam album Hidden, yang menariknya lagi album Hidden bisa dihilangkan supaya tidak muncul pada Galeri Foto.

Selain album hidden, album pada foto yang baru saja dihapus juga bisa anda kunci. Ada tambahan album bernama “Duplikat” guna menjadi wadah foto maupun video yang terdeteksi memiliki kesamaan.

7. iMessage

fitur ios 16

Pada iOS 16, fitur iMessage juga mendapatkan pembaruan kali ini. Sekarang pengguna bisa mengedit pesan yang telah terkirim, dan setiap pesan hanya bisa di edit maksimal sampai 5 kali. Terdapat juga tambahan fitut pesan belum terbaca.

iMessage sekarang juga memiliki kemampuan untuk membatalkan pengiriman pesan maksimal selama dua menit. Anda juga diberi kemapuan untuk mengembalikan pesan maksimal selama 30 hari.

8.  Safari

Ada sejumlah pembaruan pada aplikasi browser di iPhone tersebut, dalam update iOS 16 terbaru kini anda bisa menyematkan (pin) beberapa browser safari. Anda juga bisa melakukan translate situs web luar dengan bahasa Indonesia, dan bisa membagikan grub tap Safari pada pengguna lain.

BACA JUGA  Oppo A76 Hadir di Kelas Menengah dengan Fitur Kelas Atas

9. Passkeys

Dalam pembaruan iOS 16 ini juga ada fitur Passkeys, dimana dengan fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa login pada akun di website tanpa perlu memasukkan password. Dengan mengaktifkan passkeys, maka autentikasi akun bisa menggunakan kata sandi iPhone maupun Face ID.

Nah itu tadi sejumlah pembaruan yang tersedia pada iOS 16 versi final. Sebenarnya masih ada banyak lagi fitur keren tambahan tersebut, anda bisa mengeceknya langsung pada situs resmi iPhone nantinya.

iPhone Lawas Tak Bisa Nikmati iOS 16