ios 16

Sayang, 4 Fitur iOS 16 Tak Bisa Digunakan Pada iPhone Lawas

 

Selain meluncurkan resmi perangkat terbaru mereka yakni iPhone 14 series, perusahaan Apple juga merilis sistem operasi terbarunya yang menggunakan nama iOS 16 versi stabil kepada para penggunannya.

Peluncuran OS baru versi stabil ini dilakukan oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut pada tanggal 12 September 2022 kemarin. Yang namanya versi baru, yang pasi iOS 16 ini hadir dengan menggunakan berbagai fitur baru untuk memanjakan para pengguna.

Pembaruan pada iOS 16 ini hanya kompatibel pada 23 perangkat iPhone saja. Sejumlah perangkat yang mendapat jatah pembaruan ini adalah ponsel yang rilis pada 5 tahun lalu, sebut saja seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, hingga iPhone 14 series yang dirilis pada tahun 2022 ini.

Sebagai pembaruan, iOS 16 ini datang dengan membawakan sejumlah fitur baru yang menarik untuk dicoba. Sejumlah fitur baru tersebut mulai dari presentasi baterai, live captions,  lockscreen yang bisa dimodifikasi, dan masih banyak lagi.

4 Fitur Baru iOS 16

Hanya saja sejumlah fitur baru yang ada di iOS 16 ini tidak kompatibel pada seluruh perangkat iPhone, karena pembaruan fitur baru ini kabarnya hanya kompatibel pada perangkat iPhone terbaru saja. Lantas fitur baru apa saja yang dimaksud ini? yuk cari tahu jawabannya di Bawah ini.

  1. Live Caption

fitur ios 16 live caption

Fitur baru pertama pada iOS 16 ini adalah datangnya fitur Live Captions untuk melalukan panggilan telepon maupun video. Fitur Live Captions ini merupakan bagian dari tools aksesibilitas yang ada di iOS 16.

Hanya saja fitur ini bisa dinikmati untuk anda yang menggunakan perangkat iPhone minimal dengan chipset A12 Bionic atau versi yang lebih baru. Dengan begini sejumlah perangkat yang bisa mencicipinya mulai dari iPhone 11, iPhone SE generasi kedua dan Ketiga, iPhone 12 Series, hingga iPhone 14 series.

  1. Fitur Dictation

Dalam iOS 16 ini Apple telah melakukan penyempurnaan fitur Dictation yang umumnya dipakai untuk mengetik dengan cara mendikte. Dalam pembaruan ini, fitur tersebut sekarang sudah menggunakan Machine Learning supaya hasilnya lebih akurat ketika mengkonversi suara ke teks.

BACA JUGA  Awas! Spyware Ganas Incar Pengguna Android dan iPhone

Selain menggunakan teknologi baru, fitur Dictation tersebut juga memiliki desain baru yang akan memudahkan dalam peralihan antara suara serta pengetikan memakai keyboard. Sama halnya dengan fitur Live Caption tadi, untuk fitur ini juga hanya bisa digunakan para perangkat iphone dengan chipset A12 Bionic saja.

Dengan begini maka fitur Dictation yang telah disempurnakan tersebut tak bisa dipakai pada perangkat iPhone x, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus.

  1. Menyalin Gambar Tanpa Background

ios 16 fitur-1

Salah satu fitur keren yang dimiliki oleh iOS 16 kali ini adalah kemampuannya dalam menyalin (copy) gambar tanpa background. Setelah itu pengguna bisa menempelnya (paste) pada media seperti WhatsApp, catatan, iMessage, dan lain sebagainya.

Untuk menggunakanya pun sangat mudah, anda tinggal menekan subjek di dalam foto maupun gambar selama beberapa detik. Setelah itu bakal mucnul animasi garis putih yang akan mengelilingi sekitar subjek dari gambar atau foto tersebut.

Apabila animasi ini teah muncul, maka subjek pada gambar itu sudah bisa anda tempelkan pada aplikasi lain yang sudah kita sebutkan di atas tadi. Fitur baru dalam iOS 16 tersebut memakai teknologi bernama “Neural Networking” canggih, dimana ia mampu mendeteksi subjak dalam sebuah gambar, lalu bisa di copy / paste pada apk lain.

Fitur Baru iOS 16

Maka dari itu, untuk bisa menggunakan fitur canggih tersebut hanya tersedia pada perangkat smartphone yang dibekali dengan chipset terbaru A12 Bionic atau yang lebih update. Dengan begini, jika anda ingin mencicipi fitur baru pada iOS 16 ini maka harus memakai perangkat diatas seri iPhone X.

  1. Presentase Baterai

fitur ios 16 baterai presentase

Dan fitur iOS 16 terakhir yang diperbarui adalah terkait presentase baterai, dimana presentase kapasitas baterai kini ditampilkan pada ikon baterai secara langsung. Tentu fitur ini sangat bermanfaat, karena memudahkan pengguna dalam mengecek kapasitas baterai ponselnya secara detail tanpa perlu membuka Control Center.

Dalam pembaruan ini, nantinya ikon baterai pada perangkat iPhone berwarna putih dan akan dilengkapi dengan level atau angka kapasitas baterai. Ikon baterai ini akan tetap berwarna putih pada saat kondisi penuh, hal ini akan berubah ketika baterai ponsel tersisa 20% akan menunjukkan warna merah pada ikon baterai tersebut.

BACA JUGA  Mantap! Android 14 Bisa Ubah HP Jadi Webcam

Fitur baru iOS 16 ini juga hanya bisa dinikmati 23 model iPhone terbaru saja. Melalui laman support Apple, disebutkan jika iPhone 11, iPhone XR, iPhone 12 Mini, serta iPhone 13 Mini tidak bisa menikmati fitur tersebut.

Menariknya perangkat iPhone 8 dan iPhone SE generasi 2 dan 3 bisa mendapatkan pembaruan namun tampilannya berbeda, yakni presentase baterai terletak di Status bar atau di luar ikon baterai tersebut.

Nah itu tadi sejumlah pembaruan yang tersedia pada iOS 16, jika anda ingin mencobanya maka silahkan upgrade sistem operasi pada perangkat iPhone anda sekarang juga.