Spesifikasi dan Harga iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, Banyak Peningkatan Besar!

Apple telah resmi merilis generasi 14 mereka yakni varian reguler, pro dan pro max. Sesuai dengan kabar sebelumnya, kali ini Apple absen dari varian “Mini”.

Tidak seperti varian regulernya, iPhone 14 yang hadir tidak jauh berbeda dengab iPhone 13. Hal itu mungkin saja yang menjadi alasan kenapa harga iPhone 14 tidak ada perubahan dari sebelumnya.

Namun Apple Fanboy (penggemar Apple), tak perlu khawatir pada dua varian lain yaitu 14 Pro maupun 14 Pro Max. Karena pada keduanya telah diberikan peningkatan tidak tanggung-tanggung.

Mungkinkah ini trik Apple untuk menguide pengguna agar lebih fokus pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max? Secara dari segi harga yang pasti lebih mahal dari versi reguler tetapi dengan peningkatan memuaskan.

Sederhananya, jika membeli iPhone 14 yang ternyata tidak menemukan banyak perubahan bahkan mengusung banyak kesamaan dengan iPhone 13. Hanya saja harganya tidak berubah, alias masih sama seperti sebelumnya. Jadi, seperti apa spesifikasi dan harga iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tersebut?

Spesifikasi dan Harga iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

DESAIN

Dari segi desain, keduanya sama-sama menggunakan teknologi layar OLED Super Retina XDR dengan tingkat kecerahan hingga 2.000 nits. Untuk luas layarnya masing-masing 6,1 inch dan 6,7 inch, yang mana permukaan di kedua ponsel telah terlindungi ceramic shield sehingga aman dari goresan secara langsung.

Dikarenakan Apple membekali panel berteknologi LTPO, membuat refresh rate pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max makin dinamis 1-120 Hz tergantung konten yang dibuka. Sehingga ini yang akan memberikan efek konsumsi daya yang lebih hemat.

Sayangnya pada kesempatan kali ini, sang produsen menanggalkan pemasangan notch yang selama ini menghiasi iPhone. Jadi,  iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max akan mengadopsi punch hole yang dinamai Dynamic Island.

BACA JUGA  Sederet iPhone Bekas Terbaik Harga Mulai Rp 5 Jutaan

Dengan perubahan ini Apple memaksimalkan bagian tersebut guna menampilkan notifikasi serta aktivitas latar belakang. Disamping itu juga dibuat lebih intuitif sehingga memberikan pengalaman baru pada pengguna.

PROSESOR

Chipset yang digunakan pada kedua smartphone high-end ini adalah A16 Bionic yang baru mempunyai CPU 6-inti dengan dua inti berkinerja tinggi serta empat inti berefisiensi tinggi. Diklaim bahwa kinerjanya hingga 40% lebih cepat daripada pesaing, begitu kata Apple.

Chipset ini mempunyai fitur GPU 5-core yang dipercepat dengan bandwidth memori sebesar 50% lebih banyak dan Neural Engine dengan 16-core baru yang mampu melakukan banyaknya hingga hampir 17 triliun operasi per detik.

Pada penggunaan CPU, GPU, Neural Engine, dan juga prosesor sinyal gambar Apple bekerja sama dengan mulus untuk mendukung perangkat keras kamera baru serta untuk melakukan hingga 4 triliun operasi per foto, demikian juga kata Apple.

KAMERA

Kedua smartphone ini dibekali dengan kamera utama 48MP dengan sensor quad-pixel yang menggabungkan setiap empat piksel menjadi satu quad pixel besar setara 2,44 µm pada 12MP. Disamping itu juga diberikan stabilisasi gambar optik sensor-shift generasi kedua.

Sensor quad-pixel ini yang juga memungkinkan opsi Telefoto 2x menggunakan sensor 12 megapiksel untuk foto resolusi penuh. Lalu video 4K tanpa zoom digital, ini juga mendukung dengan ProRAW 48MP.

Sementara untuk kamera Ultra Wide 12MP yang baru memiliki piksel 1,4 µm, dan kemampuan makroyang yang ditingkatkan. Tak lupa Apple juga membuat kamera Telefoto turut ditingkatkan menawarkan zoom optik 3x.

Lanjut, untuk kamera TrueDepth depan yang baru mempunyai bukaan /1.9 yang memungkinkan kinerja cahaya rendah lebih baik lagi untuk foto dan video. Kemudian flash Adaptive True Tone telah sepenuhnya didesain ulang dengan rangkaian sembilan LED yang mampu mengubah pola berdasarkan focal length yang telah di tentukan.

FITUR-FITUR

Guna makin melengkapi duo smartphone barunya tersebut Apple menambah fitur Always On Display, koneksi satelit untuk emergency dan crash detection.

Untuk lebih lengkapnya bisa disimak dari gambar informasi spesifikasi iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max berikut:

BACA JUGA  Uji Fitur Always on Display iPhone 14 yang Terbukti Awet Banget

HARGA

Ada tiga versi kapasitas yang bisa di pilih pengguna sesuai dengan kebutuhan atau keinginan yang meliputi 128GB, 256GB, dan 1 TB. Adapun varian warna yang di tawarkan adalah Space Black, Gold, Silver, dan Deep Purple. Smartphone ini sudah bisa dipesan per hari ini, 9 September dan dijual perdana pada 16 September, harganya sebagai berikut:

  • iPhone 14 Pro 128GB- USD 999 atau Rp 14,9 juta.
  • iPhone 14 Pro 256GB- USD 1.099 atau Rp 16,4 juta.
  • iPhone 14 Pro 512GB – USD 1.299 atau Rp 19,3 juta.
  • iPhone 14 Pro 1TB – USD 1.499 atau Rp 22,3 juta.
  • iPhone 14 Pro Max 128GB- USD 1.099 atau Rp 16,4 juta.
  • iPhone 14 Pro Max 256GB- USD 1.199 atau Rp 17,9 juta.
  • iPhone 14 Pro Max 512GB – USD 1.399 atau Rp 20,8 juta.
  • iPhone 14 Pro Max 1TB – USD 1.599 atau Rp. 23,8 juta.