iPhone 14 Vs. iPhone 13, Apa Saja Perbedaannya?

Pada iPhone 14, Apple telah menemukan jawaban atas hal-hal yang selama ini terfikirkan, tentang bagaimana upaya membuat perbedaan yang cukup signifikan antara iPhone 14 reguler dan versi yang lebih pro untuk pengguna makin nyaman.

Sebelumnya, hanya menyiratkan jawaban tipis yakni tentang fokus elemen meliputi kemampuan kamera serta pilihan multitasking serta tetap mempertahankan spesifikasi utamanya.

Namun, kali ini Apple seolah menduelkan duo iPhone nya yaitu iPhone 13 dan iPhone 14. Bukan karena iPhone 14 terlalu buruk sehingga dibandingkan dengan generasi sebelumnya, akan tetapi pengguna layak tahu apa saja perbedaan spek yang cukup menonjol pada iPhone 14 vs. iPhone 13 tersebut. Berikut bisa anda simak:

HARGA

Untuk soal harga, baik iPhone 13 maupun 14 nampaknya tak jauh berbeda yakni kisaran Rp. 12 jutaan. Namun perlu di catat bahwa di setiap negara mempunyai standart harga tak sama. Harga tersebut sesuai dengan perkiraan awal yang banyak di rumorkan.

Informasi yang dilansir dari situs Laptop Mag, Apple Fan Boy (sebutan untuk para penggemar Apple) sudah bisa memesan pada 9 September 2022. Sementara untuk peluncurannya, iPhone 14 reguler pada 16 September dan iPhone 14 Plus pada 7 Oktober.

DESAIN

iPhone 14 vs iPhone 13, perbedaan dari segi desain. Untuk 14 reguler memberikan desain yang masih mirip dengan iPhone 13, namun akan berbeda lagi pada 14 Pro dan Pro Max yang mendapatkan penyegaran.

Mulai dari tampilan, dimensinya pun serta tata letak susunan kamera diagonal antara iPhone 14 vs. iPhone 13 masih serupa. Hanya saja bedanya disini pada versi iPhone 14 Plus mengusung desain lebih luas alih-alih menggantikan iPhone versi mini pada generasi 14 yang kabarnya absen. Padahal versi mini tak sedikit juga yang tertarik, untuk menyesuaikan kantong mereka.

Dimensi pada ponsel ini sebagian besar juga identik, dimana iPhone 14 berukuran 5,78 x 2,82 x 0,31 inci dengan berat 6,07 gram. Ukurannya sama, akan tetapi beratnya lebih ringan dari iPhone 13 yang mempunyai bobot 6,10 gram.

BACA JUGA  HP Sejutaan Ini Hadir di Indonesia dengan Baterai 6.000 mAh

Sementara untuk varian 14 Pro Max, lebih besar lagi yakni 6,33 x 3,07 x 0,31 inci, dan juga lebih berat dengan 7,16 ons.

DISPLAY

Apple tetap konsisten dengan spek andalannya, yakni mempertahankan teknologi layar Super Retina XDR 6,1 inci. Hal ini sama seperti yang kita semua lihat apda generasi sebelumnya, iPhone 13. Lalu smartphone ini mempunyai tingkat kecerahan 1.200 nit, HDR serta gamut warna yang cukup lebar. Tak lupa juga Haptic Touch, sampai dengan kecepatan refresh 60Hz.

Oleh karena itu hal yang mungkin tergolong paling fresh dan baru adalah iPhone 14 Plus yang dibekali layar 6,7 inci, pun juga Pro Max (namun dengan kecepatan refresh lebih lambat).

PROSESOR

Dalam membicarakan sebuah smartphone, hal penting lain yang tak boleh di lewatkan yaitu soal prosesornya. Apple tetap menggunakan chipset A15 Bionic yang sudah ada sebelumnya, dan chipset A16 Bionic pada iPhone 14 maupun Pro Max yang canggih.

Chipset A15 Bionic pada iPhone 14 sama seperti yang di pakai pada iPhone 13 Plus. Meskipun berbeda dengan varian Pro dan Max, namun perlu anda semua ketahui mengenai chipset tersebut.

A15 Bionic merupakan monster chip smartphone yang tidak membutuhkan sumber daya begitu besar, memiliki kemampuan grafis yang oke dan manajemen daya yang cukup kuat. Disamping itu dengan chip tersebut maka anda memperoleh inti GPU tambahan serta kinerja grafis hingga 25% lebih baik.

Sayangnya hal ini mungkin tetap akan menjadi kabar mengecewakan, karena tidak mendapat peningkatan sesuai yang diharapkan. Perbedaan lainnya antara iPhone 14 vs. iPhone 13 adalah kapasitas RAM yang di tawarkan. Dimana lebih besar iPhone 14 dengan 6 GB dan iPhone 13 dengan 4 GB saja.

KAMERA

Perbedaan antara iPhone 14 vs iPhone 13 juga mencakup soal fotografinya. Disini pun, kabar yang diperoleh masih sama. Baik iPhone 14 maupun 13 identik dengan sensor ganda sebesar12MP + wide lens dan ultra wide lens. Keduanya hadir dengan teknologi sensor yang sama dibagian kamera utamanya, dan focus pixels 100% mampu memberikan hasil yang memuaskan.

BACA JUGA  Ketahui Sebelum Beli Spek dan Harga Samsung Galaxy A22 di Indonesia

Lebih lagi, sensor kamera utamanya masih sama seperti iPhone 13 dengan menampilkan piksel 1.9 mikron dan bukaan. Kesimpulan untuk hasil jepretan, details yang lebih baik namun kinerja cahaya yang cenderung rendah.

Bahkan untuk kamera selfie pun masih sama seperti iPhone 13 yaitu dengan 12 MP dan aperture f/1.9. Namun kelebihannya, pada iPhone 14 di hadirkan teknologi mesin Fotonik yang bisa Anda lihat di iPhone 14 Pro, dimana menempatkan proses Deep Fusion lebih dulu pada kerja software ketika mengambil objek meski dalam rendah cahaya sekalipun dan 2,5 lebih baik.

Sepertinya tidak banyak peningkatan pada iPhone 14, atau mungkin saja ini tujuan Apple agar pengguna beralih pada iPhone 14 Pro dan Pro Max.

BATERAI

Soal baterai, Apple tak memberikan bocoran secara gamblang dan ini sudah menjadi kebiasaan pabrikan asal Cupertino tersebut untuk enggan mengungkap bocoran kapasitas baterai. Tetapi kabar mengenai adanya peningkatan waktu penggunaan bisa menjadi jawaban bahwa adanya peningkatan pula di kapasitas baterai. Kabarnya hanya ada peningkatan kecil dari yang sebelumnya 3.240mAh menjadi 3.279mAh.