Cara Bersihin dan Optimalkan RAM

Cara Bersihin dan Optimalkan RAM, HP Android Makin Ngebut!

Bagi pengguna smartphone keberadaan RAM ini sangatlah penting perannya, karena performa dari perangkat tersebut tergantung dari kapasitas komponen ini. Agar hp android anda makin ngebut performanya, maka kali ini akan kami bahas ulasan tentang cara bersihin dan optimalkan RAM untuk anda.

Semakin besar kapasitas RAM dari sebuah smartphone, tentu hal ini akan membuat performa ponsel jadi makin kencang. Hanya saja, jika RAM ini tidak dirawat tentu lama kelamaan juga akan membuat performanya menurun sehingga membuat ponsel jadi lemot.

Untuk kapasitas RAM minimali dari sebuah smartphone adalah 2 GB, dan paling besar mencapai 16GB. Selain meningkatkan performa sebuah ponsel, namun semakin besar RAM yang dimiliki maka berpengaruh juga pada banderol harga smartphone tersebut.

Untuk anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM besar namun masih lelet performanya, tidak perlu ganti ponsel, cukup ikuti cara bersihin dan optimalkan RAM kali ini agar performanya ngebut kembali.

Pengertian RAM

Sebelum membahas tentang cara bersihin dan optimalkan RAM, lebih dahulu anda ketahui lebih jelas tantang apa yang dimaksud dengan RAM.  RAM ini merupakan singkatan dari Random Access Memory yang terdapat pada sejumlah perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, hingga komputer.

RAM berbeda dengan memori internal, karena sifat dari komponen ini adalah untuk penyimpanan sementara pada aplikasi yang sedang berjalan dalam sebuah perangkat. Jadi nantinya apabila anda keluar dari sebuah aplikasi, maka RAM juga akan melepaskan atau menghapus penyimpanan sementara dari apk tersebut.

Cara Bersihin dan Optimalkan RAM

Nantinya RAM akan bekerja untuk melayani aplikasi lain yang membutuhkan penyimpanan darinya. Maka dari itu jangan heran jika pada saat anda menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, maka membuat smartphone jadi lemot dan panas.

Pasalnya kapasitas RAM yang dimiliki perangkat tersebut harus membagi tugas kepada sejumlah aplikasi yang sedang berjalan ini agar kinerjanya maksimal. Maka dari itu, sebesar apapun kapasitas RAM yang dimiliki namun anda tetap menjalankan banyak aplikasi maka hal ini membuat performanya menurun juga.

BACA JUGA  Masih Mampu Bersaing, Harga Hp Oppo Reno 4 Kini Makin Murah!

Maka dari itu perlu melakukan trik khusus supaya performa RAM smartphone jadi optimal lagi seperti semula.

Cara Bersihin dan Optimalkan RAM Dengan Mudah

Untuk anda yang ingin performanya smartphone kembali powerfull dan anti lelet, maka bisa ikuti cara bersihin dan optimalkan RAM yang akan kami ulas kali ini. Caranya pun sangatlah gampang, anda tidak perlu bantuan aplikasi pihak ketiga apapun.  Langsung saja simak caranya berikut ini :

  • Buka menu Pengaturan / Settings di dalam smartphone
  • Scroll kebawah dan cari menu Memori, atau lebih mudahnya anda ketik di bagian kolom pencarian
  • Setelah ketemu, buka fitur tersebut nantinya anda akan melihat informasi kapasitas RAM yang dimiliki oleh ponsel tersebut
  • Selanjutnya silahkan tap menu Hapus Sekarang untuk membersihkan sampah yang ada di dalam RAM tersebut
  • Selesai

Selain itu dengan menggunakan fitur ini, maka anda juga bisa mengetahui aplikasi mana yang mengkonsumsi RAM terlalu banyak didalam smartphone. Jika dirasa aplikasi tersebut tidak terlalu berguna, maka anda bisa menghapusnya agar kapasitas RAM bisa dimanfaatkan oleh aplikasi lain yang lebih penting.

Setelah mengetahui cara bersihin dan optimalkan RAM ini, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah biasakan untuk menggunakan aplikasi di dalam smartphone secara bijak. Jika anda tidak menggunakannya, maka bisa ditutup aplikasi tersebut dengan benar.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara bersihin dan optimalkan RAM, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.