4 Hal Paling Dinanti di iPhone 14, Sebentar Lagi Meluncur!

Dipastikan bahwa Apple siap menggelar acara yang bertajuk ‘Apple Event’ pada 7 September 2022 mendatang. Itu artinya, tinggal menghitung hari mulai dari sekarang sampai pada tanggal 7 September.

Dalam ajangnya tersebut Apple biasanya melakukan rutinitas seperti meluncurkan produk barunya termasuk iPhone generasi berikutnya, atau disebut iPhone 14 Series sang suksesor iPhone 13.

Dalam hal ini Apple tak sedikitpun memberikan bocoran, namun bocoran informasi malah tembus dari pembocor gadget yang berhasil membagikan temuan mereka terkait spek hingga desain daripada iPhone 14.

Diantara beberapa bocoran, yang paling santer adalah absennya iPhone versi “mini” hingga layar punch hole iPhone 14, alih-alih poni layar seperti iPhone yang sebelumnya. Disamping itu masih ada beberapa bocoran lainnya yang menunjukkan peningkatan pada iPhone 14.

Berikut ini adalah beberapa hal termasuk juga mengenai fitur iPhone 14 yang cukup banyak dinantikan Apple Fanboy (sebutan untuk penggemar produk Apple).

Segera Dirilis Tanpa Model Mini

Di tahun 2020 lalu, Apple menawarkan inovasinya melalui model mini pada lini iPhone 12. Sesuai namanya, iPhone 12 mini di kemas dengan ukuran panel lebih kecil. Nah, kabarnya Apple akan pensiun dari penawaran model mini di iPhone 14.

Alih-alih varian mini, iPhone 14 sendiri hadir dengan bentangan layar 6,1 inci begitupun dengan model pro. Ukuran tersebut lebih besar dibanding model mini dengan selisih layar 5 inci.

Sementara untuk model iPhone 14 Max dan iPhone 14 Pro Max konon akan dibekali layar 6 inci lebih luas yaitu dengan 6,7 inci. Apabila bocoran ini sesuai, maka pengguna yang ingin iPhone dengan layar mungil bisa memilih iPhone SE 3, iPhone 13 mini, maupun iPhone 12 mini.

Pertama Kalinya dengan Layar Punch Hole

Disamping bentang layarnya yang berbeda,  gaya layar iPhone 14 kabarnya juga akan dibuat berbeda. Duo iPhone 14 “reguler” akan dihias dengan aksen poni di atas layar, lain dengan duo iPhone 14 Pro yang kabarnya bakalan mengusung layar berlubang atau punch hole.

BACA JUGA  10 Smartphone Mewah Terbaik yang Rilis di Indonesia

Apabila rumor ini benar, maka iPhone 14 Pro bakal jadi primadona iPhone pertama sepanjang sejarah yang mengadopsi desain punch hole. Selama ini telah diketahui bahwa desain layar punch hole sudah jamak di ponsel berbasis Android.

Apple selama beberapa tahun terakhir cukup konsisten menggunakan layar poni, yakni bilah memanjang di dahi layar sebagai rumah kamera selfie dan Face ID. Apple pertama kalinya memperkenalkan desain ini lewat iPhone X yang rilis tahun 2017 lalu.

Sayangnya, lubang layar itu hanya akan diadopsi untuk iPhone 14 Pro saja, sedangkan model reguler masih mempertahankan poni layar yang sama layaknya iPhone 13.

Seorang analis Ross Young meyakini konsep tersebut bakal diadopsi Apple hingga tahun 2023 mendatang. Artinya, iPhone dengan layar berlubang pada model reguler kemungkinan besar bakalan hadir pada tahun 2024.

Chipset A16 untuk Model “Pro”

Berbeda dengan model regulernya, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max disebut akan ditenagai chip baru yakni A16 Bionic. Namun, konon model lainnya akan tetap ditenagai chipset lawas, A15 Bionic.

Mengenai hal itu juga pernah disinggung Ming-Chi Kuo, analis yang dikenal kerap memberikan bocoran produk Apple. Chip A15 Bionic merupakan chipset yang sama seperti iPhone 13, dirilis tahun lalu. Konon, chip A15 akan menyokong iPhone 14 reguler dan iPhone 14 Max, lalu dipadukan dengan kapasitas RAM 6 GB meningkat dari sebelumnya yang hanya 4 GB.

Namun saat ini belum diketahui apakah Apple akan memberikan peningkatan pada aspek chipsetnya meskipun menggunakan chip tahun lalu.

Konfigurasi Kamera 48 MP

Bukan hanya persoalan aspek desain dan chipset, akan tetapi Apple juga akan meningkatkan sensor kamera khususnya untuk model Pro. Melansir Kompas Tekno dari 9to5Mac, Selasa (29/8/2022), Ming-Chi Kuo dan Mark Gurman dari Bloomberg menyebutkan bahwa iPhone 14 Pro akan membawa sensor wide 48 MP.

Sayangnya untuk model reguler kabarnya masih akan dilengkapi dengan resolusi kamera 12 MP seperti pendahulunya. Kuo pada Juni lalu berkata, iPhone 14 juga akan membawa peningkatan pada kamera depannya.

BACA JUGA  Berikut Daftar Harga iPhone Terbaru, September 2022. iPhone 13 Turun Hingga 1 Juta

Bahkan Kuo juga memprediksi kamera depan baru iPhone 14 akan dilengkapi autofokus yang lebih baik untuk foto maupun video, dibandingkan dengan kamera iPhone saat ini. Selain itu bukaan lensanya juga akan dibuat lebih besar, yakni mencapai f/1.9.

Disamping hal-hal yang sudah disebutkan, peningkatan lainnya yaitu adanya fitur komunikasi satelit untuk keempat model iPhone 14.

Fitur ini sendiri sebelumnya sudah dirumorkan lebih dulu dari iPhone 13, meski pada akhirnya belum diimplementasikan pada ponsel tersebut. Untuk itu, diprediksi bahwa fitur tersebut bakal dilengkapi iPhone 14 series yang diduga kuat bakal meluncur 7 September mendatang.