iphone 14 pro

3 Fitur Andalan iPhone 14 Pro ini Bikin Android Ketar-Ketir

Pemberitaan mengenai iPhone 14 Pro belakangan ini memang sedang ramai diperbincangkan. Banyak sekali rumor-rumor liar bermunculan membahas mengenai berbagai spesifikasi keren yang akan dibawa oleh andalan baru perusahaan Apple tersebut.

Dari bocoran yang beredar, dari segi tampilan memang nampak iPhone 14 Pro ini mirip dengan sejumlah smartphone android. Hanya saja yang menjadi ramai perbincangan adalah soal spesifikasi yang dibawa ponsel tersebut, kabarnya hal ini akan membuat sejumlah vendor android was-was.

Hal ini dikarenakan, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut kabarnya bakal melakukan sejumlah peningkatan pada bagian komponen dan memoles sejumlah fitur yang ada saat ini. Jika di bandingkan dengan Android, bisa dibilang jika Apple ini terkesan lambar dalam menyematkan inovasi pada perangkat mereka.

Karena hal tersebut, maka banyak para penggemarnya pun akhirnya berpindah haluan ke Android yang selalu melakukan pembaruan fitur di perangkat terbarunya. Akan tetapi sejumlah analis meyakini, jika kini Apple bakal melakukan sejumlah peningkatan pada peragkat terbaru mereka yakni iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max kelak.

Di klaim jika pembaruan yang akan dihadirkan pada smartphone premium tersebut bakal membuat para pengguna Android akan berpindah haluan kepada mereka lagi. Lantas pembaruan apa saja yang dikerjakan Apple untuk menggoda para pengguna Android tersebut? simak ulasannya di bawah ini :

iphone 14 pro max

1. Sistem Pendingin

Dari bocoran yang beredar, nantinya iPhone 14 Pro ini bakalan hadir dengan menggunakan chipset A16 Bionic dengan pemrosesan 5nm, yang mana chip ini mirip yang digunakan pada perangkat iPhone 13 yakni A15 dengan proses fabrikasi 5nm.

Meskipun masih dalam proses fabrikasi 5nm,  chipset milik Apple ini memiliki kemampuan lebih baik dari chipset Qualcomm terbaru yang digunakna pasa Samsung. Tentu semua ini berkat kedatangan dari pendinginan aktif tersebut.

Yang membedakan dari pendahulunya ini adalah pihak Apple bakal memberikan sistem pendingin Vapor Chamber pada perangkat terbarunya itu. Sebenarnya sistem pendingin ini bukanlah hal baru, karena ponsel Android sudah mengadopsi teknologi tersebut.

BACA JUGA  Cara Cek IMEI iPhone Palsu Biar Tak Salah Beli

Salah satunya adalah vendor Xiaomi yang memakai teknologi tersebut dan diberi nama Loop LiquidCool pada ponsel premiumnya Xiaomi 12T. Ini merupakan hasil modidifikasi dari sistem pendingin Vapor Chamber Tradisional yang menjanjikan memberikan efisiensi pendinginan.

Namun menariknya, pihak Apple masih belum tahu teknologi Vapor Chamber yang akan digunakan pada perangkat iPhone terbaru. Jika berkaca dari standar tinggi yang diterapkan oleh pihak Apple, bukan tidak mungkin jika mereka bakal mengembangkan sistem pendingin mreka sendiri dengan menerapkan standar baru yang tidak hanya digunakan oleh iPhone, namun juga bisa dipakai oleh perangkat Android di masa depan.

Yang pasti, dengan dukungan sistem pendingin yang bakal diterapkan pada iPhone 14 Pro tentu menjadi sebuah kabar baik. Dengan begini perangkat premium tersebut tidak akan ada masalah jika digunakan untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama.

Selain soal pendingin, kemungkinan sektor yang akan di upgrade oleh pihak Apple adalah bagian kecerahan layar. Hal ini dikarenakan, pada perangkat iPhone 13 secara otomatis meredupkan layar saat ponsel terlalu panas guna menjaga suhu didalam perangkat. Tentu ini menjadi masalah cukup serius khususnya bagi pengguna yang kebetulan berada di luar ruangan.

2. Sektor Kamera

Selain dari sisi performanya, iPhone terbaru juga bakal meningkatkan sektor fotografinya juga. Perlu diakui, jika kemampuan fotografi dari iPhone ini tiada lawan, dan mungkin semua setuju dengan hal itu.

Dari kabar yang beredar, Apple bakal memberikan peningkatan kamera pada perangkat mereka. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max disebut bakalan hadir dengan menggunakan lensa berukuran 48 MP, kamera ini bakal dibekali kemampuan perekaman video 8K serta 4K Cinematic Mode.

Tentu untuk video 8K ini bukanlah hal baru karena banyak hp android yang sudah menggunakannya, namun dari segi kualitas masih belum cukup bagus secara keseluruhan. Dan kita tahu jika pihak Apple pada kualitas video ini melakukan perhatian spesial, maka bisa dipastikan kemampuan perekaman video 8K dari iPhone terbaru bakal lebih baik dari Android.

BACA JUGA  Spesifikasi Redmi K60 Pro Mantep Banget Dibawah Rp 5 Jutaan

Jika dibandingkan soal kualitas video 8K, mungkin lebih menarik lagi tentang peningkatan mode cinematic yang akan tersedia pada iPhone 14 Pro kelak. Hal ini dikarenakan peningkatan mode sinematik 4K ini bakal memakai lensa utama yang lebih besar dan memakai sensitivitas cahaya rendah.

Tentu ditambah dengan algoritma perangkat lunak dari Apple akan membuat kemampuan dari mode ini bakal makin keren. Dengan kemampuan tersebut, maka bukan tidak mungkin iPhone 14 Pro bakal jadi idola pada konten kreator saat dirilis nanti.

3. Baterai

Dan daya tarik dari iPhone 14 Pro terakhir kali ini ada pada sektor penampung daya atau baterai. Kabarnya ponsel ini bakal menggunakan baterai yang sama dengan iPhone 13 Pro, namun dengan teknologi tampilan LTPO 2 memungkinkan kecepatan reresh rate layar bakal terus beralih dari 1-120 Hz.

Berbea dengan iPhone 13 Pro yang beralih dari 10 – 120 Hz, tentu baterai yang digunakan pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max bakal makin mengesankan. Tak hanya itu saja, kabarnya mode Always on Display juga bakal tersedia pada iPhone terbaru itu.

Tentu segala peningkatan yang bakal dibawah iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sangat dinantikan oleh para penggemarnya. Harapannya semoga  rumor yang berkembang ini memang benar adanya.