Spesifikasi Huawei Mate 50, Rilis Sehari Sebelum iPhone 14

Huawei merupakan brand produk smartphone yang tak kalah populer digunakan. Pasalnya ponsel hasil pabrikan dari China tersebut cukup mendukung kebutuhan pengguna dengan harga relatif terjangkau.

Belum lama ini Huawei mengkonfirmasi jika seri produk Mate 50 bakal dirilis pada 6 September yang akan datang. Artinya, selisih satu hari sebelum iPhone 14 diluncurkan Apple. Bukan hanya bocoran soal kabar perilisannya, namun saat ini ramai di dunia maya soal spesifikasi Huawei Mate 50 yang berasal dari laman pendaftaran sertifikasinya.

Pada laman tersebut terungkap ada tiga varian seri Mate 50 yang kemungkinan adalah Huawei Mate 50, Huawei Mate 50 Pro, dan Huawei Mate RS Porsche Design. Ketiganya telah sama-sama di dukung dengan pengisian daya maksimal 66W (11V – 6A)

Sementara menurut Digital Chat Station, bakalan ada varian lain dari Mate 50 ke-4, yaitu Mate 50E yang menggunakan chipset Snapdragon 778G. Jika hal itu benar, tentu saja berbeda dengan varian Mate 50 lainnya yang memakai Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset jenis SoC Snapdragon 8 Gen 1 yang dipakai di Mate 50 tersebut punya nomor model yang berbeda dibanding Snapdragon 8 Gen 1 di ponsel lain, yaitu SM8425. Sementara Snapdragon 8 Gen 1 sendiri punya nomor model SM8450. Hal ini mungkin karena di dalamnya tak menggunakan model 5G.

Kendati menggunakan system on a chip (SoC) yang seharusnya mendukung penggunaan jaringan 5G, SoC yang digunakan pada Mate 50 ini (baik Snapdragon 778G maupun Snapdragon 8 Gen 1) hanya akan mendukung jaringan 4G saja.

Lalu, dari gambar yang beredar juga terlihat jika Mate 50 menggunakan layar hole punch sebagai rumah kamera depan, dan varian Mate 50 Pro masih menggunakan notch seperti yang dipakai Huawei sejak Mate 20 Pro untuk menyimpan kamera depan dan berbagai sensor yang lainnya.

Pada sektor fotografinya, Mate 50 Pro diperkirakan menggunakan lensa dengan variable aperture di kamera utamanya. Fitur semacam ini pernah digunakan oleh Samsung di Galaxy S9 dan juga S10, yang mana para pengguna bisa memilih bukaan diafragma antara F/1.7 atau F/2.4, sesuai dengan kondisi saat pemotretan.

BACA JUGA  Rahasia Dibalik Keunggulan Kamera Huawei P50 Pro

Pada awalnya seri Mate 50 tersebut  diperkirakan bakalan dirilis pada Oktober 2021, akan tetapi karena kondisinya tak memungkinkan, terutama dalam hal pasokan komponen, mereka hanya merilis ponsel flagship lainnya yaitu seri P pada 2021 lalu.