Ini Rekomendasi 5 Tablet Murah Mulai Sejutaan, untuk Belajar dan Nonton Film

Seperti yang kita semua tahu, bahwa bukan menjadi rahasia lagi di jaman sekarang semakin modern. Salah satu yang berkaitan erat, bisa dikatakan telah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari adalah teknologi.

Benar, hampir semuanya kini bisa dilakukan dengan teknologi. Misalnya smartphone, yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, lebih canggih dan mendukung banyak kegiatan. Bisa dibilang smartphone saat ini sebagai perangkat simple pengganti komputer, karena bisa di bawa kemanapun.

Meskipun notabene komputer lebih lengkap softwarenya dan mendukung kapasitas lebih besar. Setidaknya semisal untuk mengetik di word, smartphone saat ini mendukung.

Bicara soal perangkat yang bisa dibawa,pada dasarnya laptop pun bisa. Namun ponsel pintar memang lebih simple.

Sekolah pun, saat ini melibatkan smartphone. Buat kamu yang membutuhkan perangkat untuk belajar atau sekedar nonton film namun tidak ingin menggunakan smartphone, tablet adalah solusinya.

Karena tablet mempunyai ukuran lebih besar dari smartphone dan tidak sebesar laptop maupun tak seribet komputer yang banyak kabel.

Berikut ini ada 5 rekomendasi tablet murah mulai harga Rp. Sejutaan yang bisa mendukung kegiatan belajarmu atau nonton film.

1. Galaxy Tab A8 Wifi

Tablet milik Samsung yakni Galaxy Tab A8 WiFi menawarkan bentangan layar yang lapang, 10,5 inchi dengan resolusi 1.920 x 1.200 pixel. Soal rasionya sendiri yakni 16:10 dengan bezel yang dibuat lebih ramping. Samsung membekali perangkat ini dengan empat speaker yang mendukung Dolby Atmos sehingga mampu memaksimalkan pengalaman menikmati hiburan lewat tablet ini.

Bahkan Samsung memodali Galaxy Tab A8 dengan chipset berjenis Unisoc Tiger T618 yang dibuat dengan fabrikasi 12nm. Perangkat ini menyediakan fitur seperti split-screen dan floating windows. Alhasil, pengguna bisa melakukan multitasking ketika bekerja maupun belajar.

Untuk mendukung penggunaan sehari-hari, dibekali baterai berkapasitas 7.040 mAh. Serta, terdapat dukungan pengisian daya cepat seperti fast charging 15W yang menjanjikan isi penuh tablet dalam waktu 1,5 jam.

Bukan hanya WiFi, akan tetapi tersedia juga pilihan koneksi LTE. Sementara untuk fitur koneksi lainnya meliputi WiFi 5 (AC), Bluetooth 5, USB Type C 2.0 dan jack audio 3,5 mm.

Pada tabletnya ini, Samsung menghadirkan dua varian model yaitu: WiFi Only dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB, harganya Rp 2.999 juta.

2. Realme Pad Mini

Tak cuma menawarkan perangkat telekomuniasi berbasis smartphone saja, namun Realme juga menciptakan tablet mini yang bisa mendukung aktivitas belajar. Ya, perangkat itu adalah Realme Pad Mini yang mengusung bentangan 8,7 inch dengan resolusi 1.340 x 800 pixel.

BACA JUGA  Nokia T20 Rilis di Indonesia, Tablet Android Rp 3 Jutaan

Dibagian pinggirnya terdapat bezel yang begitu tipis sehingga membuatnya terlihat compact untuk perangkat sejenisnya. Terlebih lagi Realme Pad Mini tersebut hadir dengan bodi cukup ringan dan ramping. Ketebalannya adalah 7,6 milimeter, sementara beratnya hanya 372 gram.

Untuk kebutuhan swafoto, Realme menghiasi bagian atas layar dengan kamera 5 MP serta aperture f/2.2. Sementara dibagian belakang ada kamera 8 MP.

Perangkat Realme ini di otaki oleh chipset Unisoc T616, yang merupakan SoC entry level dengan CPU octa core dan GPU Mali-G57MP1. Tab ini menghadirkan dua konfigurasi, yaity 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Kapasitas baterai yang diberikan yaitu sebesar 6.400 mAh yang diklaim mampu bertahan seharian penuh.

Pada komponen tersebut Realme memberikan dukungan fitur fast charging 18W guna mengisi ulang daya dalam waktu singkat namun tetap efisien. Selain itu, Realme Pad mini juga mendukung fitur Reverse Charging untuk pengisi ponsel.

Tablet buatan Realme ini sangat ramah anak, karena dilengkapi dengan Google Kids Space. Realme Pad Mini hadir dalam balutan warna grey dan abu-abu saja. Untuk Harganya, sebagai berikut:

  • Realme Pad Mini WiFi 3/32 GB Rp 1.999.000
  • Realme Pad Mini WiFi 4/64 GB Rp 2.499.000
  • Realme Pad Mini LTE 3/32 GB Rp 2.699.000
  • Realme Pad Mini LTE 4/64 GB Rp 2.999.000

3. Huawei MatePad T10s

Huawei merupakan merek brand perangkat teknologi yang tak kalah bagus. Selain smartphone mereka juga hadirkan tablet seperti MatePad T10s. Perangkat ini hadir dalam bentangan 10,1 inch beresolusi Full HD.

Dengan menggunakan tab ini, makin lengkap beraktivitas seperti belajar atau kegiatan lainnya berkat adanya fitur ClariVu yang dapat menampilkan video berkualitas tajam secara real.

Bodinya tang tipis membuatnya terkesan ramping, ketebalannya hanya 7,85 mm. Bobotnya pun hanya 450 gram sehingga sangat ringan sekali.

Untuk pengguna yang membutuhkan video conference, MatePad T10S dibekali empat speaker dengan sentuhan Harman Kardon. Dapur pacunya di topang oleh Kirin 710A dan GPU Turbo sehingga dijanjikan pengalaman gaming lancar.

Perangkat ini dilengkapi dengan berbagai pelindung mata secara berlapis. MatePad T10S mempunyai mode eBook yang mengubah layar menjadi hitam putih layaknya sebuah kertas koran sehingga memberikan kenyamanan mata ketika membaca.

Bahkan tablet dari Huawei ini telah disertifikasi TuV Rheinland yang mengurangi radiasi cahaya biru. Mirip halnya Realme yang memikirkan keamanan bagi anak, tablet Huawei tersebut juga memberikan Children Corner dengan fitur-fitur proteksi saat anak menggunakan MatePad T10S.

BACA JUGA  Desain Kamera Xiaomi 12 Ultra Keren Abis!

Terdapat juga parental control untuk membatasi akses aplikasi yang bisa dibuka, berapa lama memakai perangkat dan akses internet yang diizinkan.

Tak lupa turut ditanamkan fitur Huawei MeeTime untuk video call dan Huawei Share yang memudahkan berbagi file. Kapasitas baterai yang ditawarkan yakni 5.100 mah, sementara koneksinya WiFi dan 4G LTE.

Harga satu unit Huawei MatePad T10s dengan RAM 3 GB dan ROM 64 GB yakni Rp. 2.599.000.

4. Advan Tab A8

Rekomendasi tablet murah selanjutnya adalah Advan Tab A8, menawarkan dimensi layar luas 8 inci dengan jenis panel IPS beresolusi 800 x 1280 piksel. Di sokong dengan chipset quad-core UNISOC SC9832E yang diracik dengan RAM 3GB serta penyimpanan internal 32GB, di rasa sudah cukup mendukung penggunaan sehari-hari. Malahan, jika dirasa kapasitas ruang yang diberikan kurang pengguna bisa memperluas dengan slot microSD.

Tablet Advan Tab A8 hadir dengan kamera berukuran 2 MP di bagian depan, serta konfigurasi 5 MP di sisi belakang. Perangkat ini mendukung konektivitas 4G LTE dan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac. Kapasitas baterai yang disematkan adalah 5.000 mAh. Tablet Advan Tab A8 dibanderol seharga Rp 1,3 juta.

5. Nokia T20

Lama tak menaungi dunia mobile, Nokia yang belakangan mulai muncul kembali menyita perhatian publik. Nah, ada tablet yang di desain simple dan murah yakni Nokia T20. Perangkat ini mengusung bentangan layar 10,4 inch dengan teknologi panel LCD.

Resolusi layarnya 2,000 x 1,200 pixel, rasio 15:9 dengan tingkat kecerahan layar 400 nits. Tablet ini menjalankan versi OS Android 11 yang ditenagai chipset Unisoc Tiger T610 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini menawarkan efisiensi yang bagus dan inilah yang menjadi nilai jual utama perangkat anyar Nokia tersebut.

Kapasitas baterainya pun tidak tanggung-tanggung, 8.200 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam untuk menonton dan 15 jam untuk berselancar di dunia maya. Jenis port USB nya tipe C, sehingga mendukung pengisian cepat 15W, sayangnya dalam paket pembeliannya hanya diberikan charger 10W saja.

Kapasitas RAM yang ditawarkan oleh Nokia T20 yakni ada dua pilihan, 3 GB dan 4 GB. Begitupun dengan memori internalnya, tersedia pilihan 32GB dan 64GB. Bahkan jika kurang, tersedia pula slot microSD card yang mendukung hingga 256 GB.

Desain bodi Nordic dengan material aluminium sandblasted mempunyai kesan elegan, apalagi perangkat ini telah bersertifikasi IP52 yang membuatnya tahan debu dan percikan air.

Tablet Nokia T20 hanya hadir dalam warna ocean blue saja. Untuk varian 4/64 GB dengan koneksi WIFi dilepas seharga Rp 2,9 juta.