fbpx

Ini 6 Fitur Unggulan Oppo Reno 8 5G, Gak Rugi Harga 8 Jutaan

Usai mejeng di internet, Oppo akhirnya resmi memboyong empat smartphone barunya di pasar Indonesia. Keempatnya merupakan keluarga Reno 8 Series dimana untuk satu modelnya mendukung konektivitas 5G.

Oppo Reno 8 5G merupakan suksesor Oppo Reno 7 5G yang di pasarkan pada bulan Maret 2022 lalu.

Pecinta Oppo di Indonesia lantas sudah bisa melakukan pre-order untuk ponsel model 5G Reno 8 sejak 15 Agustus sampai dengan 25 yang akan datang. Harganya memang terbilang mahal, satu unitnya di banderol Rp. 8 juta untuk varian memori 8/256 GB.

Dengan harga yang di tawarkan tersebut, lantas apa saja keunggulan yang ada pada Oppo Reno 8 5G?

Sebagaimana yang disebutkan oleh PR Manager Oppo Indonesia, yakni Aryo Meidianto mengutip Kompas Tekno. Ia menyebutkan setidaknya ada lima keunggulan dari smartphone Oppo Reno 8 5G.

Berikut Ini 6 Keunggulan Oppo Reno 8 5G di Indonesia

  1. Kamera dengan Dua Sensor “Flagship”

Seperti pada seri sebelumnya, Oppo Reno 8 5G juga masih mengunggulkan sektor fotografi sebagai nilai jual yang paling utama. Aryo mengatakan, ponsel ini dibekali dengan dua sensor flagship (kelas atas) rancangan Sony, yaitu sensor Sony IMX766 pada kamera belakang atau utama dan sensor Sony IMX709 untuj kamera depannya.

Sementara konfigurasi tiga kamera belakang Oppo Reno 8 5G sendiri terdiri dari kamera utama dengan 50 MP (f/1.8) sensor Sony IMX766, kamera ultrawide konfigurasi 8 MP (f/2.2) sensor Sony IMX355, dan kamera makro 2 MP bukaan (f/2.4).

Kamera utamanya dengan konfigurasi 50 MP tersebut juga dibekali  dengan fitur “All Pixel Omni-directional PDAF”, yang juga terdapat pada kamera ponsel flagship Oppo Find X2. Teknologi ini akan mendeteksi perubahan pola, baik secara vertikal maupun horizontal dengan menggunakan lebih banyak data dari gambar.

Dengan begitu, fokus akan lebih cepat dan jepretan lebih epik di kodisi minim cahaya sekalipun. Sementara itu di bagian depannya ada kamera selfie dengan 32 MP (f/2.4) bersensor Sony IMX709.

  1. Chipset Dimensity 1300 5G

Sebagai suksesor Oppo Reno 7 5G, smartphone ini hadir dengan “otak” yang lebih fresh, yaitu menggunakan MediaTek Dimensity 1300 5G. Dikatakan oleh Aryo bahwa chipset tersebut membawa peningkatan dibanding chipset MediaTek Dimensity 900 yang dipakai pada Reno 7 5G.

BACA JUGA  Vivo Siapkan Tablet Pertamanya, Tampang dan Performanya Terungkap

Adapun peningkatan aspek disini mencakup CPU performance sebesar 40 persen, GPU performance sebesar 106 persen, AI performance dengan 80 persen, serta power efficiency (efisiensi daya) sebesar 20 persen.

“MediaTek Dimensity 1300 5G ini menghadirkan konektivitas 5G yang kuat dan daya komputasi terbaik pada Oppo Reno 8 5G,” ucap Aryo.

  1. Fast Charging SuperVOOC 80 Watt

Oppo Reno 8 5G dibekali dengan baterai 4.500 mAh dengan dukungan pengisian cepat alias (fast charging) SuperVOOC 80 watt. Penggunakan teknologi fast charging disini disebut dapat mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu hanya 11 menit atau mengisi penuh 100 persen dalam 28 menit saja.

Bahkan baterainya juga dilengkapi dengan fitur baru bernama “Battery Health Engine”, disebut mampu mengurangi degradasi (kerusakan) baterai sehingga bisa memperpanjang usia baterai sebanyak 1.600 kali pengisian daya.

“Dengan fitur Battery Health Engine, pemakaian minimal ponsel dapat bertahan empat tahun,” imbuh Aryo.

  1. Fitur baru ColorOS 12.1 yang eksklusif

Keunggulan lain terletak pada aspek software, Oppo Reno 8 5G menjalankan sistem operasi Android 12 dilapisi antarmuka ColorOS 12.1. Nah, sedangkan yang menjadikan istimewa kata Aryo, ColorOS 12.1 tersebut disertai dengan sejumlah fitur baru yang saat ini baru tersedia eksklusif untuk ponsel Reno 8 5G saja.

Diketahui, fitur eksklusif pertama yakni multi-screen connect (PC Connect). Fitur ini yang akan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ponsel Reno 8 ke komputer PC miliknya. Dengan begitu, pengguna dapat merima notifikasi, transfer dan edit file, serta salin dan tempel teks antar perangkat Reno 8 dan komputer.

Fitur baru ColorOS 12.1 kedua yang ada di Reno 8 5G yakni kewajiban untuk memasukkan password saat ingin mematikan ponsel dalam keadaan terkunci.

“Kata sandi ini diperlukan ketika akan mematikan perangkat pada saat ponsel terkunci. Jadi ini akan menyulitkan orang lain untuk menon-aktifkan ponsel, jika ponsel hilang,” kata Aryo.

Dengan fitur ini, pengguna tetap masih sempat melacak ponselnya yang hilang berkat fitur “Find My Device” milik Google.

  1. Oppo GlowDesign

Masih sama seperti seri Reno sebelumnya, pada bagian punggung Oppo Reno 8 5G juga masih pertahankan teknologi pelapisan (finishing) warna cangkang Oppo Glow Design.

BACA JUGA  3 Raksasa HP Android Tetap Tak Kuasa Saingi Penguasaan Apple?

Teknologi ini yang membuat cover belakang ponsel tak cepat pudar, terasa kesat, bahkan tak akan mudah ternoda sidik jari. Disamping itu, finishing dengan teknologi Oppo Glow Design juga membuat bodi ponsel mampu berkilau dan berubah warna ketika terkena cahaya.

  1. Sistem Pendingin

Aryo mengatakan, smartphone Oppo Reno 8 5G sudah dilengkapi dengan sistem pendingin bernama Super-conductive VC Liquid Cooling System. Sistem pendingin ini mempunyai area pendinginan yang 16,8 persen lebih luas dibanding Reno 7 5G.

Dengan begitu, kata Aryo Oppo Reno 8 5G mampu berjalan lancar dengan suhu yang tetap terjaga, bahkan saat digunakan untuk aktivitas “berat” seperti bermain game dengan grafis tinggi atau bahkan menonton video beresolusi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.