tanda hp disadap hacker

Jangan Lengah, Berikut 5 Tanda HP Disadap Hacker Wajib Anda Tahu!

Semakin berkembangnya teknologi digital tak bisa dipungkiri memang sangat memudahkan aktifitas banyak orang,ddi mana banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan secara mobile dengan bantuan smartphone saat ini. Namun dibalik kecanggihan tersebut, ada bahaya tersendiri yang tanpa disadari mengawasi kita setiap hari.

Nah salah satu sisi negatif dari perkembangan teknologi ini adalah munculnya para oknum yang memanfaatkannya dalam aktifitas kriminal, salah satunya adalah hacker. Tanpa disadari, ternyata ada cukup banyak sekali kasus hp disadap yang parahnya lagi tidak diketahui oleh para korbannya.

Hal ini dikarenakan, memang dalam melakukan aksinya mereka ini tidak melakukan apapun pada perangkat tersebut. Namun bahaya yang ditimbulkan dari hp disadap hacker ini sangat perlu diwaspadai, bukan smartphone anda yang menjadi target mereka, melainkan data pribadi anda yang diincar.

Data pribadi ini tentunya lebih penting dibandingkan dengan smartphone yang anda miliki, karena nantinya daya pribadi tersebut bisa dimanfaatkan oleh mereka dalam melakukan kejahatan yang lebih parah.  Sebagai antisipasi hal tersebut, sebenarnya ada beberapa tanda hp disadap hacker yang bisa anda sadari dan curigai.

Pasalnya ketika para hacker ini menjalankan aksinya, maka hal tersebut juga berimbas pada smartphone korban sekalipun mereka tidak memegang langsung perangkat tersebut. Lantas apa saja tanda hp disadap hacker tersebut? mari simak ulasannya di bawah ini .

5 Tanda Hp Disadap Hacker

1. Baterai Cepat Habis

Tanda hp dibajak hacker yang pertama kali bisa anda curigai adalah ketika baterai smartphone ini mendadak cepat habis padahal anda sangat minim menggunakannya. Memang jika pada smartphone yang usianya sudah lama, baterai smartphone cepat habis merupakan hal yang wajar, karena mungkin memang kemampuan baterai yang sudah habis dan harus diganti.

Hanya saja jika beterai smartphone ini cepat habis dengan waktu yang tidak umum, maka anda perlu mencurigainya. Apalagi jika ternyata smartphone yang anda miliki ini masih baru, tentu bukanlah hal yang lumrah jika cepat habis dalam waktu singkat.

BACA JUGA  Spesifikasi Samsung Galaxy F62 dan Harga

Seperti yang kita singgung diatas tadi, meskipun para hacker ini tidak memegang langsung perangkat anda namun aktifitas di smartphone korban masih tetap berjalan normal. Bisa jadi, baterai anda terkuras habis karena memang ada aktifitas pengiriman data ke server para pelaku.

2. Pemakaian Data Internet Tinggi

Selain daya baterai yang cepat habis, tanda hp disadap hacker yang masih berkaitan dengan aktifitas di  atas tadi adalah penggunaan data internet yang sangat tinggi dan tidak normal. Dalam proses pengiriman data ini pastinya para pelaku membutuhkan koneksi internet untuk melancarkan aksinya, maka dari itu jika anda merasa pemakaian data internet terlampau tinggi saat itu padahal anda tidak menggunakannya, maka perlu mewaspadai hal ini.

3. Hp Jadi Lemot

Permasalahan Hp lemot ini bukan disebabkan karena kapasitas memori yang sudah habis atau karena anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Namun masalah ini adalah dimana anda saat itu menjalankan satu aplikasi saja, akan tetapi smartphone cepat panas dan terasa berat untuk dijalankan.

Anda bisa mencurigai akan hal tersebut, pasalnya ketika hp disadap maka hal tersebut juga berpengaruh pada sumber daya hp atau terjadi crash dengan aplikasi lainnya.

4. Muncup Pop-up Aneh

Untuk tanda hp disadap yang satu ini juga cukup mudah untuk dikenali. Apabila pada saat anda menggunakan smartphone tiba-tiba muncul menu pop-up berupa iklan aneh-aneh, maka bisa jadi smartphone anda terserang Adware.

Nah cara kerja dari malware ini adalah memunculkan menu pop-up seperti ini dengan tujuan agar mendapatkan klik dari korbannya, dan mereka bisa mendapatkan uang mereka. Tanda ini sangat mudah untuk dikenali, dan anda bisa langsung melakukan upaya untuk membersihkannya nanti.

5. Ada Pesan Maupun Panggilan Mencurigakan

Dan tanda hp disadap hacker yang terakhir kali ini adalah, adanya panggilan atau pesan (SMS) aneh menuju ke nomor hp anda.  Bisa jadi ini merupakan ulah dari para hacker tersebut dengan membebankan biaya panggilan atau sms ini dengan memotong pulsa anda nantinya.

BACA JUGA  3 HP Murah Terbaru yang Ramaikan Pasar Indonesia

Nah itu beberapa tanda hp disadap hacker yang perlu anda waspadai. Lantas apa yang harus dilakukan apabila kondisi tersebut anda alami? Untuk pertolongan pertama anda bisa langsung melakukan flash ulang smartphone agar nantinya semua tautan atau link yang ditanam oleh pelaku kejahatan cyber ini hilang.

Sementara untuk pencegahanya, sebaiknya anda tidak sembarangan melakukan klik pada tautan yang tidak jelas arahnya, karena link ini bisa berpotensi membawa malware di dalamnya. Cukup sekian ulasan kali ini tentang 5 tanda hp disadap hacker, semoga bermanfaat dan bisa menambah kewaspadaan anda nantinya.