fbpx

Tak Sebanding Harga, Ini Biaya Service Layar Samsung Galaxy Z Fold 4. Lebih Murah!

Kabar gembira untuk Samsung lovers, terutama pecinta ponsel lipat terbarunya. Bukan hanya menghadirkan duo flagship lipat yakni Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, akan tetapi pengguna kini bisa juga menikmati biaya reparasi layar retak dengan penawaran harga murah.

Hal itu sesuai dengan keputusan Samsung untuk menurunkan biaya servis layar retak untuk ponsel lipatnya. Khususnya kabar baik ini untuk mereka yang berlangganan layanan perlindungan Samsung Care Plus. Saat ini Samsung menetapkan biaya servis layar retak untuk ponsel lipat tersebut cukup terjangkau mulai dari harga terendah 29 dollar AS atau setara Rp 425.000 saja.

“(Perangkat) Anda akan tetap terlindungi di luar garansi pabrik, menerima segera perbaikan layar retak pada hari yang sama mulai dari 29-249 dollar AS (sekitar Rp 425.000 – Rp 3,6 juta) per klaim,” demikian yang ditulis Samsung di situs resminya.

Secara hierarki, konsumen akan mendapatkan layanan garansi standar yang diamanatkan oleh setiap aturan di masing-masing negara.

Sebagai misal di Amerika Serikat, dimana para konsumen mendapatkan garansi terbatas selama satu tahun. Sehingga pemilik ponsel bisa memperbaiki ponselnya, dan selama tidak rusak karena faktor eksternal maupun kesalahan pengguna. Lalu untuk kasus menjatuhkan telepon, menumpahkan cairan di atasnya, atau merusaknya dengan sengaja jelas tidak tercakup dalam garansi standar tersebut.

Jadi disinilah fungsi layanan perlindungan Samsung Care Plus tersebut, benar-benar bijak dalam memberikan layanan. Bahkan layanan ini bisa memperluas cakupan garansi standar untuk perangkat pengguna, termasuk juga dengan duo ponsel lipat barunya yaitu Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4.

Dengan menyiapkan biaya berlangganan sebesar 13 dollar AS (sekitar Rp 190.000) disetiap bulan, pemilik ponsel Samsung bisa memperpanjang masa garansi hingga tiga tahun dan tak perlu khawatir lagi.

Masih ada lagi keuntungan dari Samsung Care Plus, seperti misalnya akses perbaikan untuk kerusakan yang tidak disengaja pada Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4, seperti kerusakan layar retak akibat jatuh, dan ketumpahan air maupun cairan lainnya. Akan tetapi konsumen masih tetap harus membayar sejumlah untuk biaya servis.

BACA JUGA  Punya Spesifkasi Mewah, Kini Harga Samsung Galaxy A71 Makin Murah

Jangan khawatir, nantinya biaya servis untuk penggantian atau perbaikan ponsel pun juga bakal lebih murah apabila dibandingkan pengguna tidak berlangganan Samsung Care Plus.

Tahun lalu ada salah satu yang bisa dijadikan gambaran, seorang pemilik Galaxy Z Fold 3 dengan layanan Samsung Care+ masih harus merogoh biaya servis paling murah 249 dollar AS (sekitar Rp 3,6 juta) untuk perbaikan layar retak. Sedangkan jika tidak berlangganan Samsung Care+, biaya reparasi yang harus dibayarkan dengan kerusakan yang sama ternyata jauh lebih tinggi, yakni bisa mencapai 480 dollar AS atau setara Rp 7 juta.

Namun kini Samsung memberikan keringanan dengan menetapkan bahwa batas minimum biaya servis layar retak untuk ponsel lipat Samsung mulai dari 29 dollar AS (setara Rp 425.000) hingga 249 dollar AS (sekitar Rp 3,6 juta).

Diketahui, telah digarisbawahi oleh Samsung bahwa klaim kerusakan yang tidak disengaja dibatasi hingga 3x per periode 12 bulanan, demikian sebagaimana yang dihimpun dari Detik Inet, Senin (15/8/22).

Riwayat Biaya Servis Layar Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip dari Tahun ke Tahun

Apabila mengacu pada tren di AS, harga servis layar ponsel lipat Galaxy Z Fold dan Z Flip dikatakan dari tahun ke tahun. Gambarannya seperti ini;

Sebelumnya perlu dicatat bahwa harga ini merupakan patokan biaya servis layar ponsel lipat Samsung di Amerika Serikat, baik dengan harga normal maupun tanpa layanan perlindungan Samsung Care Plus.

Ambil contoh dari seri Galaxy Z Fold terlebih dahulu di tahun lalu, untuk mengganti layar utama pada bagian dalam Galaxy Z Fold 3, harga yang dipatok yakni berkisar 480 dollar AS atau sekitar Rp 6,9 juta (kurs Rp 14.400). Sementara untuk layar dibagian luar, harganya jauh lebih murah, yakni 150 dollar AS (sekitar Rp 2,1 juta).

Jika ditotal, penggantian seluruh layar Samsung Galaxy Z Fold 3 kira-kira telah memakan biaya sebesar Rp 9 juta. Biaya itu lebih murah dibanding servis layar Galaxy Z Fold 2, di mana penggantian layar utamanya malah bisa mencapai 550 dollar AS dan layar sekunder lebih murah sebesar 140 dollar AS.

BACA JUGA  Vivo X60, Smartphone Handal Untuk Semua Kebutuhan

Meskipun demikian biaya servis layar Samsung lipat atau Galaxy Z Fold 2 dan Z Fold 3 sudah terhitung lebih murah daripada Galaxy Z Fold generasi pertama (2019). Malahan, biaya ganti layar kala itu mencapai 600 dollar AS untuk layar utama dan 140 dollar AS untuk layar sekunder.

Sedangkan untuk Galaxy Z Flip 3, biaya servis layar dibagian dalamnya dipatok sebesar 370 dollar AS (sekitar Rp 5,3 juta). Kemudian untuk layar sekunder mini seluas 1,9 inci yang terletak di cangkang atas, biaya servisnya mencapai 100 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta). Sehingga apabila ditotal, reparasi layar Galaxy Z Flip3 memakan dana sekitar Rp 6,7 jutaan.

Dibandingkan lagi dari harga ponsel lipat generasi pertama, biaya tersebut lebih murah. Dimana biaya di perangkat generasi pertama untuk servis lauar utama 500 dollar AS dan 100 dollar AS untuk layar sekunder.

Lalu bagaimana dengan biaya servis di Indonesia sendiri?

Melansir dari Kompas Tekno dari situs resmi Samsung Indonesia, untuk saat ini belum tersedia harga suku cadang penggantian layar Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4. Tetapi untuk harga suku cadang layar Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip terpantau menurun dari generasi ke generasi.

Berikut ini adalah daftar harga suku cadang penggantian layar Samsung Galaxy Z Fold dan Samsung Galaxy Z Flip di Indonesia untuk saat ini, dihimpun Kompas Tekno dari situs resmi Samsung Indonesia, Minggu (14/8/2022):

Leave a Reply

Your email address will not be published.