Xiaomi Mix Fold 2 Diluncurkan, Smartphone Lipat Murah Jadi Lawan Kuat Samsung

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa Xiaomi akan merilis ponsel lipat terbaru mereka pada 11 Agustus kemarin. Ponsel itu diberi nama Mix Fold 2, hanya selisih satu hari setelah Samsung Unpacked yang di gelar online pada Rabu 10 Agustus 2022.

Kabar tersebut sebelumnya pihak Xiaomi sendiri yang memastikan dengan membuat sebuah poster acara peluncuran yang kemudian di pajang di laman resmi situa China Weibo. Sebelumnya hal itu di bocorkan oleh Ice Universe, sebagaimana yang dikutip dari Detik Inet.

Dalam kesempatannya, Xiaomi bukan hanya merilis Mix Fold 2, namun juga merilis perangkat lain seperti Buds 4 Pro TWS dan tablet Pad 5 Pro 12,4. Acara penggelaran pun dilakukan pada pukul 7 malam waktu China.

Pad 5 Pro 12,4 merupakan produk yang berbeda dengan Pad 5 Pro sebelumnya yang dirilis tahun lalu. Tentu saja yang paling menonjol adalah bentangan layar tersebut, 11 inci vs 12,4 inci. Namun bukan fokus pada perangkat tersebut, akan tetapi sebagaimana yang beberapa hari sudah ramai bahwa Xiaomi bakal jadi lawan kuat Samsung dengan perangkat lipatnya.

Xiaomi Mix Fold 2 Jadi Lawan Kuat Samsung Galaxy Z Fold 4

Kehadiran Xiaomi Mix Fold 2 cukup membuat publik heboh. Pasalnya kabar yang beredar perangkat Xiaomi tersebut bakal jadi lawan kuat Samsung atas Galaxy Z Fold 4. Kehadirannya mungkin saja membuat produsen asal negeri Ginseng tersebut ketar ketir.

Apalagi ponsel Xiaomi Mix Fold 2 mengusung ketebalan yang hanya 5,4 mm, dimana 15 persen lebih tipis dari Samsung Galaxy Z Fold 4 yang membawa 6,3 mm. Bahkan ponsel lipat Xiaomi ini bisa disebut sebagai yang tertipisndi dunia.

Mix Fold 2 telah resmi diumumkan oleh CEO Xiaomi yakni Lei Jun berlangsung saat ia menyampaikan pidato tahunan. Flagship layar lipat tersebut membawa spesifikasi mumpuni, sehingga di gadang menjadi lawan kuat Samsung Galaxy Z Fold 4 yang resmi diluncurkan secara global.

Mix Fold 2 hadir membawa bahasa desain yang tak berbeda jauh dengan Galaxy Z Fold 4. Pada bagian dalam layar dapat dilipat, menggunakan panel Samsung Eco² OLED 120Hz LTPO 2.0 dengan ukuran 8,02 inch. Pada ponselnya ini Xiaomi melengkapi layarnya dengan kaca Schott UTG guna menambah daya tahan. Sementara untuk kecerahan puncak dinilai pada angka 1.300 nits.

BACA JUGA  Cara Install Aplikasinya Bisa Pakai Ezviz

Selanjutnya untuk layar utamanya menggunakan teknologi panel Samsung E5 jenis AMOLES Full HD+ dengab luas 6,56 inci dengan refresh rate 120Hz. Bahkan di kedua layarnya terdapat dukungan Dolby Vision dan HDR10+.

Untuk menjaga keamanan pada permukaan layar, Xiaomi memberikan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus agar tetap mulus saat tergores.

Tentang mekanisme lipatannya pun juga cukup menarik. Xiaomi Mix Fold 2 menerapkan penggunaan engsel Micro Waterdrop yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan dengan jumlah komponen hanya 87.

Ketebalan engsel yang dimiliki hanya 8.8 mm, berbeda dari engsel di ponsel lipat lainnya yang menerapkan 11mm dan 12mm. Bahkan di klaim bobotnya pun berkurang sebanyak 35% dan tingkat pemanfaatan ruang internal sekitar 20% lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan ponsel yang dapat dilipat lainnya.

Xiaomi telah menambahkan pelat aoung serat karbon one-piece pada engselnya, hal itu untuk menghilangkan lipatan pada layar. Sehingga pada saat ponsel dibuka, panel lebih fleksibel dan kaca UTG luar akan terangkat untuk hasil akhir yang lebih rata.

Dapur pacu ponsel lipat Xiaomi di katakan sama seperti milik Samsung pada Galaxy Z Fold 4. Memadukan  kombinasi chipset buatan Qualcomm yakni Snapdragon 8+ Gen 1 dengan kapasitas RAM LPDDR5 12GB. Bahkan Xioami turut sematkan sistem pendingin berupa VC vapor chamber, boron nitride serta lembaran graphite pembuangan panas yang lebih baik dan nyaman.

Sektor fotografi Mix Fold 2 juga layak diperhitungkan, karena Xiaomi menggandeng Leica untuk pembenaman lensanya. Jadi, Xiaomi Mix Fold 2 mendapatkan gaya fotografi Leica Authentic dan juga Vibrant serta beberapa filter Leica lainnya.

Untuk diketahui, smartphone ini mengusung kamera utama sebesar 50MP dengan IMX766, kamera ultra wide dengan 13MP, dan kamera telefoto 8MP yang lengkap zoom optic 2X. Untuk menunjang kebutuhan selfie maupun video call, terdapat kamera berkonfigurasi 20MP di bagian depan, namun layar bagian dalam tidak memiliki kamera.

Soal baterai, mungkin banyak yang mengira bahwa ponsel ini sekurang-kurangnya hadir dengan daya 5000 mAh. Tetapi tidak, ponsel Mix Fold 2 ini mengemas baterai sebesar 4.500 mAh dengan pengisian kabel cepat 67W. Sistem operasi yang dijalanlan adalah MIUI Fold 13 melalui Android 12.

BACA JUGA  Sederet Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i Prime Harga Sejutaan

Begitulah uraian spesifikasi ponsel lipat terbaru Xiaomi. Sayangnya, Mix Fold 2 untuk saat ini hanya tersedia di pasar China mengingat peluncurannya memang masih di negeri asalnya. Meski begitu kita bisa memperkirakan harga smartphone tersebut yang ada disana, apabila Xiaomi nantinya juga akan meluncurkan di Indonesia.

Xiaomi Mix Fold 2 untuk model ROM 256GB dilepas 1.300 dolar AS atau Rp 19 jutaan. Harga tersebut lebih murah dibanding Samsung Z Fold 4 yang mencapai lebih dari 2.000 dolar AS atau setara Rp 21 jutaan.