Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Flip 4 Resmi Meluncur dengan Baterai Super Jumbo?

Acara yang di gelar kemarin bertajuk “Galaxy Unpacked” mengabarkan beberapa gadget Samsung yang akan di luncurkan. Dalam informasi seputarnya, ada beberapa yang disebut bakal meluncur diantaranya seperti ponsel lipatnya.

Bukan hanya Galaxy Z Fold 4, akan tetapi Samsung turut meluncurkan satu model ponsel lipat (foldable phone) lainnya dari keluarga Galaxy Z Series yang diberi nama Galaxy Z Flip 4 yang tak lain generasi penerus Galaxy Z Flip 3 yang sudah meluncur tahun lalu.

“Kami telah mengembangkan Galaxy Fold selama satu dekade terakhir, dan kini kami menuju ke pasar mainstream. Hari ini, kami bangga memperkenalkan generasi foldable selanjutnya, produk terbaik yang pernah kami buat,” kata President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh dalam pembukaan acara Galaxy Unpacked yang di gelar virtual Rabu, 10 Agustus 2022 pukul 20.00.

Lalu seperti apa spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4 tersebut?

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4

Sebagai suksesor, tentu saja Samsung membuat Galaxy Z Flip 4 lebih unggul dari sebelumnya seperti memiliki sejumlah peningkatan spesifikasi. Misalnya yang bisa diketahui yakni dari aspek kamera, yang mana ponsel lipat tersebut sudah dibekali dengan fitur mode malam khas Samsung Galaxy S22 Ultra yang dijuluki dengan istilah “Nightography”.

Samsung melalui fitur ini, telah memperbesar sensor piksel pada kamera utama dari yang tadinya 1,4 mikron ke 1,8 mikron. Alhasil berkat pembesaran itu foto malam hari pun diklaim akan 65 persen lebih terang dibanding Galaxy Z Flip 3.

“Nightography meningkatkan besar pixel kamera utama dari 1,4 mikron ke 1,8 mikron untuk meningkatkan kualitas foto malam hari,” kata Integrated Marketing, Dillon Hesse.

Kendati lebih mumpuni, namun resolusi kamera Samsung Galaxy Z Flip 4 masih identik dengan Galaxy Z Flip 3. Kedua ponsel itu tampak kompak dibekali dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama dengan resolusi 12 MP bukaan (f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP bukaan (f/2.2).

Kemudian di bagian depan, ada kamera selfie yang dimuat dalam sebuah lubang kamera atau (punch hole) beresolusi 10 MP (f/2.4). Namun untuk kuran punch hole di Galaxy Z Flip ini diklaim lebih kecil.

“Punch hole di Galaxy Z Flip4 kini lebih kecil, sehingga tidak mengganggu pengalaman penggunaan layar,” Hesse menambahkan.

Adapun untuk fitur pendukung kamera lainnya mencakup penstabil gambar optis (OIS) dan elektronik (VDIS) yang ditingkatkan, mode Preview dan Portrait yang di upgrade, Quickshot, dan masih banyak lagi. Tak lupa juga diberikan peningkatan pada fungsi cover screen.

BACA JUGA  Turun, Harga Poco M5 dan C40 Sekarang Tinggal Segini

Selanjutnya untuk hal layar, salah satu yang menarik ada di perangkat ini adalah layar sekundernya yang terletak di sebelah modul kamera belakang. Umumnya layar ini dijuluki dengan cover screen.

Sebelumnya, pada Galaxy Z Flip 3 cover screen berpanel Super AMOLED dan memiliki ukuran 1,9 inci (resolusi 260x 512 piksel) lalu bisa menampilkan informasi waktu, kalender, notifikasi, pesan, dan lain sebagainya.

Bedanya meskipun kini datang dengan ukuran layar yang sama, tetapi fungsi cover screen di Samsung Galaxy Z Fold 4 diperbanyak dan mendukung fitur balas pesan dengan emoji atau kalimat singkat. Kemudian fitur Quick Settings yang lebih banyak seperti WiFi, Bluetooth, dll, dan bahkan mendukung fitur biometrik Face Unlock.

Bukan hanya disitu saja, cover screen ponsel lipatnya juga bisa digunakan untuk menampilkan kartu identitas pemilik ponsel, Samsung Pay, panggilan telepon yang masuk, menelepon seseorang, dan masih banyak lagi pastinya.

“Galaxy Z Flip 4 cover screen kini bisa menyimpan kartu identitas, SIM, tiket, dan masih banyak lagi. Dan ini semua dilindungi oleh Samsung Knox,” imbuh Hesse.

Masih persoalan layar, Samsung Galaxy Z Flip 4 tersebut membawa layar utama Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus serta refresh rate 120 Hz.

Walaupun tak ada peningkatan dari segi ukuran layar, tetapi Samsung mengeklaim bahwa Galaxy Z Flip 4 mereka sedikit lebih “ringkas” dengan dimensi 165,2 x 71,9 x 6,9 mm apabila dibentangkan, dan memiliki dimensi 84,9 x 71,9 x 17,1 mm saat dilipat.

Jadi, Galaxy Z Fold 3 dulunya memiliki dimensi 166 x 72,2 x 6,9 mm ketika dibentangkan, dan mempunyai dimensi 86,4 x 72,2 x 17,1 ketika dilipat.

Baterai Lebih Besar

Jadi bobot smartphone ini memang lebih berat dari pendahulunya. Diketahui bobot yang lebih berat itu disebabkan karena baterai Galaxy Z Flip 4 yang lebih bongsor dibanding Galaxy Z Flip 3.

“Kami merampingkan ukuran hinge untuk memberikan kapasitas baterai yang lebih besar dan awet,” Hesse menjelaskan.

Di atas kertas, ponsel lipat terbaru Samsung Galaxy Z Flip 4 memiliki baterai 3.700 mAh, tentu saja merupakan peningkatan mengingat pendahulunya yakni 3.300 mAh.

Selanjutnya Samsung juga memberikan dukungan pengisian cepat via kabel yang turut ditingkatkan menjadi 25 watt. Sedangkan untuk kecepatan pengisian via nirkabel masih tetap berada di angka 10 watt.

BACA JUGA  Apple Sebut Masalah Boros Baterai Setelah Update iOS 15.4 Itu Normal

Aspek hardware lain pada smartphone Samsung Galaxy Z Flip 4 meliputi chipset yang mengandalkan Snapdragon 8 Plus Gen 1 dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB dan tiga opsi media penyimpaan (storage) UFS 3.1 dengan kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Diklaim Samsung bahwa  kombinasi chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan baterai yang lebih besar tersebut bisa membuat konsumsi daya di Galaxy Z Flip 4 jauh lebih efisien dibanding dengan Galaxy Z Flip 3.

Selanjutnya beralih ke aspek fitur, dimana Galaxy Z Flip 4 turut dibekali dengan fitur Flex Mode yang juga mengalami peningkatan seperti salah satunya FlexCam yang memungkinkan pengguna merekam video atau mengambil foto di mode Flex Mode (mode ponsel ditekuk hingga membentuk 90 derajat) dengan sudut pandang (angle) bervariasi.

Terkait Flex Mode tersebut kini juga mendukung fitur-fitur kamera yang ada di platform layaknya Instagram, Facebook, YouTube, Messenger, dan Google Duo, serta mendukung fitur yang memungkinkan layar bagian bagian bawah disulap menjadi touchpad ala laptop.

Nah sedangkan fitur pedukung lainnya mencakup tingkat ketahanan terhadap air atau sertifikasi IP rating IPX8, layar dan bagian cangkang Armor Aluminum yang sudah dilindungi dengan lapisan antigores Corning Gorilla Glass Victus Plus, serta bingkai kokoh berbahan metal.

“Galaxy Z Flip 4 adalah ponsel lipat yang tahan air, sehingga Anda tidak perlu khawatir terkena air atau memakainya ketika hujan,” kata Hesse.

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) One UI 4.1.1.

Warna Lebih Bervariasi

Samsung Galaxy Z Flip 4 tersedia dalam empat varian warna diantaranya adalah Essential Graphite, Bora Purple, Genderless Pink Gold, dan Contemporary Blue.

Apabila konsumen menginginkan warna lain selain empat pilihan tersebut, bisa juga dengan memilih kombinasi warnanya dengan meminang Galaxy Z Flip 4 BeSpoke Edition.

Namun apabila ingin membeli edisi tersebut, konsumen bisa mengganti warna cangkang mereka yang dibagi menjadi tiga komponen, yaitu Front Panel (panel kamera belakang), Frame & Hinge (panel bagian bawah modul kamera dan engsel), serta di bagian Back Panel (panel terbawah).

Sementara pilihan warna Front Panel dan Back Panel mencakup Navy, Red, Yellow, Khaki, dan White, sedangkan pilihan warna Frame & Hinge mencakup Black, Gold, dan Silver.