Oppo Mulai Kasih Tanda Kehadiran Reno 8 5G dan Reno 8 5G Pro di Indonesia

Baru-baru ini beredar informasi dimana Oppo tampak pamerkan dua ponsel terbarunya yang akan dirilis resmi di Indonesia. Kedua ponsel barunya itu adalah Oppo Reno8 5G dan Reno8 5G Pro.

Keduanya dipamerkan dalam acara yang bertajuk ‘Oppo Reno8 1st Impression Event di Hotel Atlet Century’, yang berlangsung di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu (3/8/2022). Baik Oppo Reno8 5G maupun Oppo Reno8 5G Pro, keduanya mengedepankan desain dan sektor fotografi sebagai salah satu nilai jual.

Di bagian desain Reno 8 5G Pro misalnya, dimana punggung ponselnya berbahan kaca sehingga memberi aksen glossy untuk menciptakan nuansa yang lebih mewah dan premium. Bahan kaca tersebut telah dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass.

Begitupun dengan desain Reno 8 5G “reguler”, tidak jauh berbeda. Varian reguler tersebut masih menggunakan bahan kaca di bagian belakangnya, namun ada penambahan lapisan emas di bagian penampang.

Jadi, pada saat terkena paparan cahaya, akan muncul pantulan dari warna-warna lain. Dengan penambahan lapisan tersebut pula smartphone Oppo Reno 8 5G varian reguler diklaim bakal bebas dari noda sidik jari.

Ponsel Oppo Reno8 5G varian reguler membawa layar lebih kecil dengan bentang seluas 6.4 inci, bobotnya juga lebih ringan yakni seberat 179 gram, serta ketebalan 7,67 mm.

Sementara Oppo Reno8 5G Pro mengusung layar yang lebih besar dengan bobot yang lebih berat pula yaitu 6.7 inci dengan berat 183 gram. Bedanya, ponsel ini hadir lebih tipis jika dibandingkan versi “reguler”-nya yakni 7.34mm.

Lanjut pada sektor fotigrafi, kedua ponsel Oppo Reno8 5G series itu tampak kompak mempunyai ukuran fisik lensa yang lebih besar dibanding pendahulunya. Hal ini dikarenakan mereka, pihak perusahaan terinspirasi dari classic vintage camera (kamera klasik).

“Jadi, kami terinpirasi dari kamera film zaman dulu. Ini termasuk bentuk penghargaan kita terhadap seni pengolahan cahaya atau seni sinematografi,” ucap PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

Menurut Aryo, Oppo ingin memberikan kesan lain kepada pengguna, bahwa Reno8 5G series yang dihadirkan kali ini benar-benar unggul dalam sektor fotografi, yakni melalui dimensi fisik lensa yang besar.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Redmi A3 di Level Rp 1 Jutaan

“Desain ini sebenarnya, kita (Oppo) membuat Golden Ratio, di mana Golden Ratio tumpuannya ada pada sisi kamera,” lanjut Aryo.

Nah, mengungkit soal fotografinya, ponsel Oppo Reno8 5G varian Pro juga mengandalkan chip Neural Processing Unit (NPU) yang merupakan buatan perusahaan sendiri, yaitu MariSilicon X. Dengan chip tersebut Image Signalling Processor (ISP) dari Oppo Reno 8 Pro mampu menghasilkan gambar yang sangat memuaskan.

Kombinasi tersebut ditujukan agar mampu meningkatkan kualitas foto dan video, terutama di kondisi malam hari.

Keunggulan Fitur kamera

Pada ponselnya kali ini, tak di pungkiri bahwa kamera menjadi nilai unggulnya. Adapun fitur unggulan di sektor fotografinya tersebut adalah Turbo RAW untuk mengurangi noise pada gambar, 4K Ultra Night Video, Night Portrait,  4K Ultra HDR Video, serta autofocus lock di kamera depan (selfie).

Sementara Oppo Reno8 5G versi “reguler” belum bisa merekam gambar dalam kualitas 4K dan bahkan tidak mempunyai autofocus di kamera depan.

Sampai saat ini belum ada informasi yang di paparkan oleh pihak Oppo terkait konfigurasi ketiga kamera yang dimiliki Oppo Reno 8 5G series.

Bahkan soal harga dan ketersediaan dari produk ini pun masih belum diumumkan, lantaran Oppo sendiri masih baru mengenalkan dua produk terbarunya.

Smartphone Oppo Reno8 Reguler terdiri dari dua varian, yakni Shimmer Gold dan Shimmer Black. Sedangkan Oppo Reno8 5G Pro menawarkan Glazed Green dan Glazed Black.