Unboxing: Begini Penampakan Xiaomi 12 Lite, HP 5 Jutaan

Resmi, Xiaomi menambah lini seri ‘Xiaomi 12 series’ di Indonesia dengan meluncurkan versi Lite. Smartphone ini resmi terjun di Tanah Air pada 19 Juli 2022.

Penamaan “Lite” pada ponselnya ini menunjukkan bahwa Xiaomi 12 Lite membawa spesifikasi yang lebih ringan dibandingkan Xiaomi 12 lainnya. Hal ini karena beberapa spesifikasinya diturunkan dibanding pada Xiaomi 12 “reguler” maupun Xiaomi 12 Pro.

Untuk di Indonesia, Xiaomi 12 Lite hadir dengan kapasitas RAM 8/256 GB. Pada tampilan display, misalnya seperti bodi dibalut dengan tiga opsi warna, yaitu Lite Pink, Lite Green dan Black. Tinggal menyesuaikan dengan warna yang diinginkan saja.

Melansir dari Kompas Tekno yang melakukan percobaan pada ponsel Xiaomi 12 Lite yang varian black. Hal itu dilakukan agar mengetahui seperti apa impresi mencoba ponsel tersebut serta apa saja kelengkapan dalam box Xiaomi 12 Lite dan berikut ulasannya.

Varian paling kecil ini memang berbeda dengan kedua saudaranya. Xiaomi 12 Lite lebih membawa desain tepi yang flat atau kotak dibanding membulat. Sehingga hal itu memperlihatkan bodinya yang tampak tebal apabila dari samping. Kendati begitu bodi Xiaomi 12 Lite justru lebih tipis dibandingkan varian reguler maupun 12 Pro.

Untuk diketahui, dimensi pada 12 Lite yaitu panjang 159,3 mm, dengan lebar 73,7 mm, dan ketebalannya 7,29 mm. Bukan hanya lebih tipis, namun smartphone ini juga ringan dengan bobot yang dimiliki hanya 173 gram, sehingga tak terasa begitu berat ketika dioperasikan dalam waktu lama.

Terdapat penampang dengan finishing matte di area punggungnya, sehingga tak mudah menangkap bekas jari. Uniknya, penampangnya tersebut tampak menampilkan efek kilau, utamanya saat terpapar cahaya. Tekstur penampangnya sendiri bisa dibilang agak kesat, sehingga cukup aman digunakan tanpa jelly case karena tidak licin.

Namun ponsel Xiaomi 12 Lite ini tetap dilengkapi dengan jelly case dalam paket pembelian, barangkali pengguna merasa perlu untuk menggunakannya.

Desain modul kameranya tampak menonjol dengan penempatan yang sama seperti Xiaomi 12 series lainnya. Lalu pada permukaannya juga tidak sama rata dengan penampang Xiaomi 12 Lite, bahkan saat ponsel dibalut dengan softcase sekalipun.

BACA JUGA  Harga Rp 2 Jutaan, Spesifikasi Infinix Note 12i 2022 Mantep

Modul tersebut juga menjadi rumah lampu LED flash, jadi bukan semata untuk tiga kamera tersebut. Fungsi dari flash itu akan sangat membantu pada saat sesi pemotretan di waktu minim cahaya.

Soal display, Xiaomi 12 Lite  menggunakan teknologi panel AMOLED seluas 6,55 inci resolusi Full HD+ (2.400 x 1.080). Terdapat lubang atau punch-hole sebagai rumah kamera depan. Ponsel ini di kemas dengan bezel cukup tipis, baik di sisi kanan, kiri, atas maupun bawah layar.

Berkat kombinasi bezel tipis dan lubang kamera tersebut, layar Xiaomi 12 Lite tampak luas dalam menampilkan beragam konten sehingga lebih nyaman dan leluasa. Apalagi layar smartphone ini telah didukung dengan refresh rate 120 Hz dan tounch sampling rate 240 Hz. Jadi, bukan hanya luas akan tetapi pengalaman peroperasian layar sentuh ponsel ini terasa mulus tanpa kendala.

Sementara itu untuk komponen fisik lainnya yaitu tombol daya dan volume yang disusun berdampingan di sisi kanan perangkat. Pada area bawah ponsel, terdapat slot kartu SIM yang mendukung penggunaan SIM ganda jenis nano, lalu mikrofon, port USB tipe-C, sampai dengan speaker.

Smartphone Xiaomi ini menyediakan speaker tambahan di area atas perangkat, yang di letakkan sejajar dengan mikrofon tambahan serta lampu LED notifikasi. Sebagai catatan, Xiaomi 12 Lite tidak mendukung colokan audio 3,5 mm maupun penggunaan microSD.

Unboxing Xiaomi 12 Lite Versi Indonesia

Mungkin untuk varian Xiaomi 12 Series yang lainnya memang di balut dengan boks hitam elegan, tetapi hal itu berbeda dengan Xiaomi 12 Lite yang dijual dengan kotak berkelir putih. Lalu desain boksnya tak ubahnya ponsel Xiaomi tipe lain, dengan dihias potret punggung ponsel, pemasangan logo Xiaomi serta beberapa detail spesifikasi perangkat lainnya.

Dalam kemasan boks, Xiaomi 12 Lite hadir dengan aksesori cukup lengkap termasuk unit ponsel, lembaran surat dari Country Director Xiaomi Indonesia, buku panduan singkat, kartu garansi, adaptor charger, kabel USB type-C, SIM ejector sebagai pembuka slot kartu SIM serta softcase transparan guna melindungi bodi ponsel jika diperlukan.

BACA JUGA  Jangan Lakukan Hal Ini di Publik dengan HP Kamu, Pokoknya Jangan!

Sayangnya tak ada earphone dalam paket penjualan Xiaomi 12 Lite atau konektor dari jack audio 3,5 mm ke tipe-C dalam box. So, bagi pengguna yang ingin menghubungkan earphone ke Xiaomi 12, agaknya perlu menggunakan earphone bluetooth atau membeli konektor khusus apabila ingin memakai earphone kabel.

Spesifikasi Xiaomi 12 Lite

Sebagaimana versi global, Xiaomi 12 Lite yang dijual di Indonesia ditenagai oleh chipset Snapdragon 778G yang memiliki arsitektur 6 nm. Chip ini mempunyai CPU dengan clockspeed hingga 2,4 GHz dan GPU Adreno 642L guna mengolah grafis.

Penggunaan chip Snapdragon 778G dipadukan dengan kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Bahkan RAM-nya bisa diperluas sementara dengan “meminjam” sebagian penyimpanan internal sampai 3 GB, sehingga RAM bisa ditambah menjadi total 11 GB.

Ponsel ini dibekali dengan tiga kamera belakang dan kamera depan tunggal. Kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 8 MP serta kamera makro 2 MP. Sedangkan kamera depan untuk menunjang kebutuhan selfie serta panggilan video hadir dengan 32 MP.

Untuk menunjang penggunaan sehari-hari agar kuat dan powerful, ponsel Xiaomi ini di topang dengan baterai 4.300 mAh yang didukung pengisian cepat atau fast charging 67 watt. Fitur tersebut diklaim bisa mengisi baterai Xiaomi 12 Lite dari 0 sampai 50 persen hanya dalam 15 menit saja.

Beberapa fitur lainnya yang turut melengkapi smartphone ini antara lain sensor sidik jari di layar, konektivitas 5G, speaker stereo Dolby Vision sampai dengan Dolby Atmos. Smartphone ini berjalan dengan versi sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13.

Harga Xiaomi 12 Lite di Indonesia

  • Harga Xiaomi 12 Lite: Rp. 5,8 juta.