Dianggap Mampu Bersaing, Baru Beberapa Hari Dirilis Nothing Phone 1 Sudah Diterpa Isu Cacat Desain

Smartphone baru Nothing Phone 1 ramai jadi perbincangan. Belum lama dirilis sudah diterpa isu tak sedap?

Perusahaan, sebelum akhirnya resmi merilis smartphone androis telah lebih dulu meluncurkan earbud wireless bernama Nothing Ear 1 pada 2021 lalu. Kini akhirnya mereka merilis smartphone bernama Nothing Phone 1 sebagaimana disebutkan di atas. Nothing Phone merupakan gebrakan dari salah satu pendiri OnePlus, yakni Carl Pei.

Carl Pei cukup ambisius jika smartphone barunya itu mampu bersaing di pasar. Hingga waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, Nothing Phone 1 akhirnya diperkenalkan ke pasar mobile. Lantas seperti apa spesifikasinya?

Spesifikasi Nothing Phone 1

Ponsel Nothing Phone 1 di otaki dengan chipset Snapdragon 778 Plus, layar OLED seluas 6,55 inci full HD+ yang mendukung refresh rate 120Hz serta touch sampling rate 240Hz. Terdapat perlindungan pada permukaannya yakni dengan Corning Gorilla Glass 5.

Lalu dari sisi RAM dan ROM, smartphone ini mendukung beragam kapasitas mulai dari 8/128GB, 8/256GB, dan 12/256GB.

Melihat dari sisi kameranya, terdapat dua lensa belakang yang terdiri dari kamera utama dengan konfigurasi 50MP menggunakan sensor Sony IMX766 dan lensa ultrawide 50MP dengan sensor Samsung JN1. Urusan selfie, tersedia pula kamera depan beresolusi 16MP yang menggunakan sensor Sony IMX471. Nothing phone 1 menjalankan sistem operasi berbasis Android 12.

Lebih menariknya lagi mereka membenamkan baterai dengan kapasitas 4.500mAh yang mendukung pengisian daya 33W dengan kabel serta 15W secara nirkabel. Nah, dengan dukungan fast charging 33W yang dibawanya menjanjikan dapat mengisi 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Nothing phone 1 telah dibekali dengan sertifikasi IP53 sehingga membuatnya tahan cipratan. Tak lupa juga perusahaan menyertakan lampu LED di bagian belakang yang fungsinya juga sebagai notifikasi bagi pengguna.

Smartphone Nothing Phone ini belum lama ini dirilis resmi di sejumlah negara. Meskipun menuai respon positif, namun belum lama terjadi ini handphone tersebut diterpa isu cacat desain dan masalah lainnya.

Mengacu pada laporan 91Mobiles, seorang pengguna di India curhat masalah ponsel tersebut Twitter terkait masalah kualitas material yang terlihat di panel belakang Nothing Phone 1. Konon ada masalah penyelarasan dengan pita kabel, penempatan lampu kilat LED, dan ada beberapa yang lainnya.

BACA JUGA  OPPO Reno 4 Vs OPPO Reno 5, Peningkatan yang Menggiurkan

Dalam laporan itu juga menyebutkan bahwa pada saat mencoba mengganti unit Nothing Phone 1 yang rusak, dia tidak bisa mengajukan permintaan tersebut melalui e-commerce Flipkart.

Masalah pun tak berakhir di situ saja, bahkan beberapa pelanggan lain men-tweet jika perusahaan tersebut seharusnya mengirimkan Nothing Phone 1 yang rusak sebagai penggantinya. Namun pada kenyataannya malah sebaliknya.

Laman resmi 91Mobiles sudah mengonfirmasi soal masalah tersebut ke pihak Nothing. Lalu juru bicara Nothing mengaku telah mengetahui hal itu.

“Kami menyadari bahwa beberapa pelanggan awal kami terpengaruh, skalanya sangat rendah. Standar kami sangat tinggi dan ini bukan pengalaman yang kami inginkan bagi pengguna mana pun. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Kami bekerja keras untuk mengatasi semua masalah dan pembaruan perangkat lunak terbaru telah membantu mengkalibrasi ulang efek tampilan.” ujar juru bicara Nothing Phone.

Mirisnya lagi sebelum masalah ini, Nothing Phone 1 juga sempat dihadapkan pada masalah warna hijau pada layar oleh beberapa pengguna. Kejadian tersebut sebelum Nothing Phone 1 telah resmi mulai dijual. Bahkan ada pula yang mengeluhkan piksel mati di sekitar punch hole.

Tentu saja permasalahan seperti ini masih cukup dini. Pasalnya Nothing Phone 1 sendiri baru saja masa perilisan. Apabila hal ini benar justru akan membuat konsumen yang tadinya tertarik malah bisa saja menarik diri pada minatnya terhadap ponsel ini.

Nothing Phone sendiri juga baru saja merilis update yang membawa perbaikan untuk kinerja baterai serta pengalaman dalam membuka kunci sidik jari yang ditingkatkan. Pembaruan tersebut juga menambahkan dukungan HDR10+.

Daya Tarik Nothing Phone 1

Adapun yang menjadi sorotan utama Nothing Phone 1 hingga membuatnya cukup memikat adalah antarmuka Glyph di bagian belakang. Dengan pola cahaya unik yang terdiri dari 900 LED sehingga mampu menyala saat ada yang menelpon, notifikasi dari aplikasi, status pengisian daya serta yang lainnya.

Ponsel ini memungkinkan pengguna bisa memasangkan kontak individu ke nada dering dengan pola Glyph yang unik. Terdapat fitur Flip to Glyph yang menampilkan notifikasi saat mode senyap hanya dengan membalikan ponselnya tersebut.

BACA JUGA  Infinix Hot 40 Series Dirilis, Punya Kamera 108 MP!

Ponsel ini dikemas dengan bingkai aluminium daur ulang 100% yang membuatnya ringan dan kuat, dan lebih dari 50% komponen plastik yang digunakan terbuat dari bahan daur ulang berbasis bio. Ponsel ini mempunyai bagian belakang yang transparan dengan desain unik terdiri dari lebih dari 400 komponen.

Sebagai pilihannya, Nothing Phone 1 hadir dalam varian warna putih dan hitam saja. Sayangnya Indonesia bukan salah satu negara yang kebagian pemasarannya. Adapun beberapa negara yang menjual smartphone ini adalah Inggris, Prancis, Hongkong, Denmark, India, Finlandia, Jerman, Hongaria, Israel, Makau, Italia, Malaysia, Belanda, Norwegia, Filipina, Polandia, Portugal, Rumania, Spanyol, Arab Saudi, Singapura, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, dan UEA.