Harga Sama Rp. 2 Jutaan, Inilah Perbedaan Oppo A57 vs Samsung Galaxy A13

Persaingan smartphone di jagad mobile tak pernah usai, selalu ada yang lebih baru dari yang baru. Guna menarik perhatian konsumen, semua produsen sengaja menyiapkan kelebihan-kelebihannya masing-masing.

Dua vendor diantara banyaknya merek smartphone, Oppo dan Samsung adalah sub brand ponsel yang cukup populer. Terbaru, yang bisa menjadi perbandingan adalah Oppo A57 yang resmi dirilis belum lama ini dan Samsung A13 yang dirilis Maret.

Resmi masuk pasar Indonesia pada Kamis, 21 Juli 2022 kemarin, Oppo A57 diluncurkan perusahaan sebagai suksesor dari Oppo A55 yang diumumkan Maret lalu. Ada sejumlah keunggulan pada ponsel ini termasuk di segi desain, layar yang kaya akan warna, baterai besar dan masih ada lagi.

Kapasitas baterainya yakni 5.000 mAh serta dukungan fast charging SuperVooc 33 watt. Dengan adanya fitur tersebut, smartphone Oppo ini dibanderol seharga Rp. 2,4 juta.

Harga yang ditawarkan hampir mendekati milik Samsung Galaxy A13 yang dibanderol Rp. 2,5 juta. Samsung Galaxy A13 resmi di luncurkan di Indonesia pada akhir Maret lalu. Beberapa spesifikasinya pun juga mirip dengan smartphone Oppo A57, misalnya kapasitas baterai 5000 mAh sampai dengan kamera depan 8 MP.

Namun, ada beberapa perbedaan spesifikasi di antara keduanya. Berikut ini adalah perbandingan spesifikasi antara Oppo A57 dan Samsung Galaxy A13.

Display

Dimulai dari display, yakni tampilannya yang mencakup layar serta desain. Konsep body memang menjadi salah satu aspek yang di unggulkan oleh vendor asal China tersebut. Dibagian tepinya dibuat flat atau rata, alih-alih desain melengkung seperti smartphone kelas menengah pada umumnya.

Desain ini yang membuat tampilan A57 terlihat lebih premium. Bukan hanya itu, A57 juga menjadi perangkat pertama dari lini Oppo A5 series yang penampangnya dilapisi dengan finishing Oppo Glow Design. Sehingga bodi smartphone ini diklaim lebih kesat dan tak mudah menangkap bekas sidik jari.

Sementara itu Samsung Galaxy A13 masih setia dengan desain tepi melengkung. Penampangnya terbilang cukup minimalis tanpa efek kilau warna atau gradasi.

BACA JUGA  Cara Melacak HP Hilang dalam Keadaan Mati dengan Cara Cerdas Ini, Berikut Panduan Lengkapnya

Keduanya mengusung modul kamera yang berbeda. Modul kamera Oppo A57 dibuat lebih menonjol, mengemas dua kamera belakang, yang di lengkapi lampu flash LED. Sementara modul kamera pada Galaxy A13 tampak menyatu dengan penampang ponsel dan tanpa tonjolan kamera.

Selanjutnya untuk aspek layarnya, kedua smartphone ini  masih sama-sama mengusung layar berponi jenis tetesan air (waterdrop) sebagai rumah kamera depan perangkat.

Disini ukuran layarnya sedikit berbeda karena Oppo A57 hadir dengan teknologi panel IPS LCD 6,56 inci resolusi HD + 720 x 1.612 piksel, didukung refresh rate 60 Hz dan tingkat kecerahan layar maksimal sampai 600 nits.

Sedangkan Samsung Galaxy A13 hadir dengan layar lebih besar, 6,6 inci dengan teknologi panel PLS TFT lengkap resolusi Full HD+ 1080 x 2408. Layar smartphone Samsung tersebut juga dilapisi pelindung layar Gorilla Glass 5.

RAM dan ROM

Selebihnya, untuk RAM masih sama namun tidak pada penyimpanan. Oppo A57 dan Samsung A13 juga menggunakan chipset yang beda. Smartphone Oppo ditenagai oleh chip MediaTek Helio G35 yang diproduksi dengan fabrikasi 12 nm. Chip ini menawarkan CPU octa-core dengan kecepatan hingga 2.3 GHz serta memiliki GPU PowerVR GE8320.

Lalu Helio G35 pada Oppo A57 tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Sementara Samsung Galaxy A13 diotaki oleh chipset Exynos 850 yang dirancang dengan fabrikasi 8 nm dan mengusung CPU octa-core dengan clockspeed sampai 2.2 GHz dan GPU Mali-G52 MP1.

Kapasitas RAM pada Galaxy A57 sama seperti ponsel Oppo yakni 4 GB, namun penyimpanannya lebih besar, yaitu 128 GB. Bahkan Galaxy A13 juga menyediakan opsi RAM 6 GB dengan memori internal yang sama. Nah, yang menjadi persamaannya adalah kedua smartphone ini mendukung perluasan RAM sementara sampai 4 GB pada Oppo A57 dan sampai 6 GB untuk Galaxy A13. Keduanya juga mendukung ekspansi penyimpanan yang menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 1 TB.

Fotografi

Kamera mungkin menjadi aspek lain yang berbeda antara Oppo A57 dan Samsung Galaxy A13. Bukan hanya dari jumlah lensanya namun kedua smartphone ini juga menawarkan resolusi yang tak sama.

BACA JUGA  PS5 Berhasil Pecahkan Rekor Baru

Oppo A57 dilengkapi dua kamera belakang, terdiri dari konfigurasi kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera mono 2 MP (f/2.4). Sementara Samsung Galaxy A13 hadir dengan empat buah kamera, yakni kamera utama 50 MP (f/1.8), ultrawide 5 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4) serta kamera kedalaman 2 MP (f/2.4).

Sedang pada kamera depannya memiliki resolusi yang sama, 8 MP. Tetapi bukaan lensanya agak berbeda lantaran kamera depan Oppo A57 menawarkan diafragma f/2.0, sementara Galaxy A13 f/2.2.

Baterai

Sebagaimana disiratkan di atas bahwa kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan baterai 5000 mAh. Namun pembedanya terletak pada aspek fast chargingnya. Ponsel seri A57 dibekali dukungan fast charging cukup tinggi sampai 33 watt. Dengan dukungan ini, baterai ponsel Oppo terdebut dapat diisi ulang dari 0 persen sampai 100 persen dalam waktu 72 menit saja.

Berbeda dengan Samsung Galaxy A13 yang hanya dibekali dukungan fast charging 15 watt.

Fitur Lainnya

Fitur lain-lain yang melengkapi Oppo A57 yakni seperti Side-Fingeprint, Dual Speaker, AI Face Unlock, anti debu IP5X, anti cipratan IPX4, Dirac 3.0, Ultra Volume, colokan audio 3,5 mm, Bluetooth 5.3 serta WiFi 802.11 ac/a/b/g/n/.

Fitur lainnya yang tersedia pada Galaxy A13 yakni seperti pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol daya, colokan audio 3,5 mm, USB tipe-C, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac.

Kedua smartphone ini berjalan dengan versi (OS) Android 12 dan dilapisi dengan antarmuka bekinan perusahaan masing-masing, yaitu ColorOS 12.1 pada Oppo A57 dan One UI 4.1 pada Samsung Galaxy A13.

Harga

Ponsel Oppo A57 tersedia dalam dua opsi warna yakni Glowing Black dan Glowing Green. Satu unitnya dibanderol Rp 2,4 juta.

Samsung Galaxy A13 hadir dengan tiga varian warna, yaitu Blue, Peach dan Black. Lalu untuk harganya hanya selisih Rp 100.000 dengan Oppo A57, yaitu seharga Rp 2,5 juta.