Xiaomi Bukan Satu-Satunya yang Garap HP Berkamera 200MP!

Persaingan gadget yang sangat berat menjadikan setiap produsen ingin menciptakan yang terbaik. Mulai dari desain hingga fitur dibuat secanggih mungkin guna memikat pembeli.

Begitupun yang dilakukan vendor asal China yakni Xiaomi. Rumor mengabarkan bahwa pabrikan asal negeri Tirai Bambu itu tengah siapkan HP berkamera 200MP. Jika mengacu pada kabar sebelumnya, katanya Xiaomi akan meluncurkan ponsel tersebut tahun ini. Mungkinkah benar? Mengingat informasi serupa sebagaimana yang berhembus saat ini.

Jika benar, maka Xiaomi tak main-main ingin mengedepankan kemampuan kamera pada handphone barunya. Belum lama mereka menggandeng Leica untuk bekerjasama, kini kabar mengenai rancangan HP Berkamera 200MP sudah memikat perhatian publik.

Sejatinya rumor ini sudah berhembus sejak tahun lalu, namun tak kunjung terlihat juga realisasi perusahaan. Ternyata, HP tersebut memang sedang dalam pengembangan sehingga kabarnya sudah cukup lama namun tak kunjung dirilis. Hal ini sebagaimana laporan Digital Chat Station.

Bocoran lainnya, ada yang mengabarkan jika konfigurasi kamera sebesar itu kemungkinan dihadirkan pada Redmi K50S Pro atau Xiaomi 12T Pro. Sementara untuk sensor yang digunakan adalah ISOCELL HP1 atau HP3 besutan Samsung. Kedua sensor tersebut hadir dengan resolusi 200MP, namun tetap ada perbedaan cukup besar yakni terletak pada format optik dan ukuran Pixel. Pada HP1 memiliki 1/1.22″ dan 0.64µm dan di HP3 masing-masing memiliki 1/1.4 dan 0.56µm.

Mengenai hal ini, agaknya bukan hanya Xiaomi saja yang menyiapkan HP berkamera 200MP. Dikabarkan juga bahwa merek lain seperti Motorola juga tengah siap merilis seri model Edge 30 Ultra dengan kamera berukuran serupa dan ditenagai oleh chip Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Jadi Xiaomi bukan satu-satunya vendor yang tengah menggarap teknologi kamera 200MP. Namun perusahaan tersebut juga salah satu produsen lain yang turut berkecimpung mengarap ponsel kamera 200MP sebagaimana yang di ungkap Digital Chat Station.

Mengenai Motorola sendiri, sebelumnya dikabarkan sedang kembangkan ponsel serupa dengan paduan chipset buatan Qualcomm seri Snapdragon 8 Plus Gen 1 serta layar 120Hz, dan baterai 5000mAh.

BACA JUGA  5 Cara Mencegah iPhone Cepat Panas Biar Makin Awet

Digital Chat Station (DCS) memang tidak mengungkapkan secara gamblang ponsel apa yang dimaksud pada Xiaomi. Beberapa pihak menyebut jika smartphone Xiaomi yang dimaksud adalah Redmi K50S Pro atau Xiaomi 12T Pro. Mungkin saja keduanya adalah ponsel sama, tetapi beda penamaan di beberapa negara.

Melansir dari GSM Arena, Jumat (15/7/2022), sensor kamera 200MP yang disematkan pada perangkat dibuat menggunakan teknologi Samsung ISOCELL HP1 atau ISOCELL HP3 sebagaimana yang di mungkinkan pada keterangan di atas.

Kedua lensa itu mempunyai resolusi hingga 200MP, namun berbeda format ukuran pikselnya, mengingat satunya 1/1.22” dan 0.64µm; dan 1/1.4” dan 0.56µm. Sedangkan pada Motorola, perusahaan menggunakan ISOCELL HP1 yang mendukung hingga 4-in-1 pixel binning guna menghasilkan foto 50MP yang detail.

Belum diketahui secara pasti di HP Android merek Xiaomi, apakah perusahaan akan menggunakan HP1 atau HP3. Tapi jika mengingat ponsel tersebut yang katanya menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1, akan sangat masuk akal jika Xiaomi menggunakan kamera 200MP dengan ISOCELL HP1 seperti di Motorola.

Bukan hal baru, Xiaomi sudah bermitra dengan Leica sehingga akan menarik jika melihat kedua perusahaan itu bekerjasama mengabungkan teknologi untuk meluncurkan ponsel dengan lensa terbaik di kelasnya.

Mengutip dari bocoran lain, ponsel berkamera 200MP yang dirumorkan untuk Xiaomi 12T Pro membawa spesifikasi menarik. Mulai dari penggunaan layar OLED 120Hz, resolusi Full HD+. Lalu chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadukan dengan kapasitas RAM 8GB/12GB, storage/ penyimpanan 128GB/256GB, dan daya tahan 5.000 mAh dengan dukungan charger 120W.

Sejauh ini belum ada bocoran yang lebih paten tentang kapan ponsel ini akan dirilis. Tapi jika melihat pada kebiasaan, ada kemungkinan Xiaomi meluncurkan ponsel tersebut pada September yang akan datang.

Jika memang benar ponsel yang masih jadi ‘Misterius’ itu adalah Xiaomi 12T Pro, maka besar kemungkinan bahwa hp Xiaomi tersebut akan menggunakan salah satu dari dua sensor milik Samsung.