Asus ROG Phone 6 dan ROG 6 Pro Resmi Meluncur dengan Kapasitas RAM 18 GB

Asus merupakan sebuah merek dagang perangkat teknologi yang bukan sembarangan. Namanya sudah meluas di kenal hampir seluruh masyarakat Tanah Air.

Belum lama ini kabar baru bahwa Asus resmi meluncurkan ponsel gaming anyarnya. Sebut saja ROG Phone 6 series yang terdiri dari dua model, yakni ROG Phone 6 “reguler” dan ROG Phone 6 Pro. Sesuai namanya, yakni smartphone gaming yang sudah pasti terfokus pada kemampuan untuk aktivitas game yang tak di ragukan lagi.

Bahkan kedua ponsel itu dilengkapi dengan desain dan spesifikasi yang mumpuni untuk bermain game. Sehingga ini memberi jawaban bagi players semua untuk lebih nyaman saat bermain game dimanapun dan kapanpun. Salah satu tampilan yang bisa dilihat pada Asus ROG 6 dan ROG 6 Pro adalah penggunaan layar AMOLED seluas 6,78 inci.

Layar tersebut sudah mendukung refresh rate hingga 165 Hz. Sementara untuk dapur pacunya sendiri ditenagai chipset terbaru milik Qualcomm, yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Namun keduanya tetaplah mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, untuk perbedaan yang cukup menonjol dari duo ROG ini terletak pada aspek RAM. Model Asus ROG Phone 6 Pro karena dinobatkan menjadi varian tertinggi, dibekali RAM hingga 18 GB. Sedangkan varian reguler hanya 12 GB saja. Apalagi ROG Phone 6 Pro juga dibekali kemampuan untuk memprogram tampilan di layar AMOLED.

Spesifikasi Asus ROG Phone 6 dan Asus ROG Phone 6 Pro

Mengenai spesifikasinya, kedua perangkat tersebut sama-sama tampil menawan dengan layar AMOLED 6,78 inci serta resolusi (1080 x 2448 piksel). Terlebih lagi Asus juga menyertakan dukungan refresh rate layar hingga 165 Hz serta touch sampling rate 720 Hz. Bahkan Refresh rate-nya oun bisa diatur dalam beberapa mode, mulai dari 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz atau bahkan sampai144 Hz sehingga bisa di sesuaikan kebutuhan pengguna.

Guna memberikan perlindungan pada layarnya terhadap goresan dan sebagainya, ROG Phone 6 series dilengkapi dengan pelindung layar yaitu Corning Gorilla Glass Victus. Sistem pendingin tak lupa di pasangkan, diklaim mampu menurunkan suhu ponsel hingga 10 derajat celsius.

BACA JUGA  Harganya Murah, Xiaomi Poco M3 Punya Spesifikasi Menawan Untuk Dimiliki

Selanjutnya soal aspek dapur pacu, baik Asus ROG Phone 6 maupun Asus ROG Phone 6 Pro ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 sebagaimana yang disebutkan di atas. Akan tetapi konfigurasi RAM pada kedua ponsel sengaja dibuat berbeda, pastinya untuk menyesuaikan tingkat kebutuhan masing-masing konsumen yang cenderung berbeda.

Asus ROG Phone 6 mempunyai kapasitas RAM dan penyimpanannya sebesar 12/256 GB. Lalu pada Asus ROG Phone 6 Pro mengusung konfigurasi RAM / penyimpanan 18/512 GB (UFS 3.1).

Disini yang perlu di perhatikan adalah, baik Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro tidak mendukung ekspansi penyimpanan melalui kartu microSD.

Selanjutnya mengenai aspek daya, dimana ROG Phone 6 series dibekali baterai berkapasitas cukup besar yakni dengan 6.000 mAh yang bisa diisi ulang melalui port USB tipe-C dan tersedia di bawah dan samping ponsel. Sementara untuk pengisian ulangnya, smartphone ini telah dilengkapi teknologi  pengisian daya cepat alias fast charging 65 watt.

Soal fotografinya, ROG Phone 6 series dibekali tiga kamera belakang dengan konfigurasinya yang terdiri dari kamera utama 50 MP (sensor Sony IMX766), ultra-wide 13 MP serta kamera makro 5 MP.

Sedangkan untuk kebutuhan selfie atau panggilan video, kedua ponsel baru Asus ini menawarkan kamera depan 12 MP, didukung sensor Sony IMX663.

Kedua ponsel ini telah disertai tombol AirTrigger pada sisi kanan dan belakang ponsel guna membantu pengguna menavigasi game. Fitur lainnya yang turut melengkapi duo ROG Phone 6 antara lain seperti spaker ganda, Audio Spasial Dirac Virtuo, tiga mikrofon, dan colokan audio 3,5 mm.

Bukan hanya itu, baik ROG Phone 6 maupun ROG Phone 6 Pro sudah lengkap dengan sertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan dari cipratan air. Melansir Kompas Tekno dari GSM Arena, Rabu (6/7/2022), smartphone gaming ini berjalan dengan sistem oeprasi Android 12 dengan antarmuka ROG UI dan Zen UI.

Harga Asus ROG Phone 6 series

Mengenai harga, sayang sekali untuk saat ini duo ponsel gaming Asus tersebut sementara masih dipasarkan Eropa dan India. Sehingga belum diketahui dengan pasti apakah Asus juga akan merilis duo ponsel gamingnya di Indonesia.

BACA JUGA  Spesifikasi Singkat dan Harga ASUS ROG Phone 5 Terbaru

Dalam hal ini Asus hanya menyebut smartphone selanjutnya akan tersedia untuk pasar di wilayah AS dan negara lainnya, tanpa rinci negara mana saja. Meski begitu, berikut adalah informasi harga Asus ROG Phone 6 Series yang tetap dibagikan.

  • Asus ROG Phone 6 12/256 GB – 71.999 Rupe atau setara Rp 13 juta.
  • Asus ROG Phone 6 Pro 18/512 GB – 89.999 Rupe atau setara Rp 17 juta.