Sama-sama 5 Jutaan, Ini Perbedaan Spesifikasi Poco F4 dan Realme GT Neo 3T

Kabar baru mengenai Poco yang telah meluncurkan ponsel kelas menengah (mid-range) di Indonesia, yaitu Poco F4 pada Minggu (3/7/2022).

Nampaknya, Poco F4 bakal jadi pesaing dari Realme GT Neo 3T yang dirilis pada awal Juni lalu. Bagaimana tidak, jika keduanya memiliki spesifikasi dan harga yang boleh dibilang setara. Apalagi dari segi spesifikasi, Poco F4 maupun Realme GT Neo 3T kompak ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 870 (7nm).

Bukan hanya itu, bahkan keduanya juga sama-sama memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi yang sama. Bisa disebutkan ketiga konfigurasi kamera tersebut yaitu kamera utama dengan 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro dengan 2 MP.

Lalu dilihat dari segi harga, Poco F4 dan Realme GT Neo 3T memiliki selisih tidak jauh yakni hanya Rp. 200.000, dan smartphone Poco itu dijual dengan harga yang lebih mahal. Lebih mahalnya ponsel Poco dikarenakan kapasitas penyimpanannya yang lebih besar ketimbang yang ditawarkan dari Realme GT Neo 3T.

Penjualan di Indonesia sendiri, smartphone Realme GT Neo 3T (8/128 GB) dijual dengan harga Rp 5,5 juta. Sedangkan, untuk Poco F4 (8/256 GB) dijual dengan banderol Rp 5,7 juta.

Lantas dengan selisih harga Rp 200.000, apa saja perbedaan spesifikasi dari Poco F4 dan Realme GT Neo 3T?

Ukuran Layar

Perbedaan paling utama terlihat dari ukuran layarnya. Smartphone Poco dan GT Neo 3T memang sama-sama andalkan panel AMOLED. Hanya saja F4 menggunakan layar berukuran 6,67 inci. Sedangkan GT Neo 3T memiliki bentang yang lebih kecil, yakni 6,63 inci.

Untuk selebihnya mengenai fitur layar baik F4 dan GT Neo 3T terbilang serupa. Misalnya, layar di kedua perangkat yang telah mendukung resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 360 Hz, brightness hingga 1300 nits, dan telah dilindungi anti gores kaca Corning Gorilla Glass 5.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi OPPO A17 di Indonesia

Jenis Fingerprint Berbeda

Menjadi salah satu keistimewaan GT Neo 3T lantaran penggunaan layar AMOLED telah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar. Artinya ponsel terbaru Realme itu telah mendukung teknologi fingerprint kekinian.

Penggunaan fingerprint di bawah layar sebenarnya bukan hal baru. Namun yang pasti hal itu bisa membuat ponsel tampak lebih premium, karena fitur ini biasa digunakan di ponsel kelas atas atau (flagship).

Bedanya, sedangkan Poco F4 belum mendukung in-display fingerprint scanner. Smartphone Poco tersebut hanya menyertakan pemindai sidik jari yang diintegrasikan dengan tombol power seperti pada umumnya pada ponsel kelas menengah.

Kamera Depan

Selanjutnya mencari perbedaan lain dari kedua ponsel ini, ada pada resolusi kamera depan. Poco F4 dibekali dengan konfigurasi kamera selfie sebesar 20 MP serta bukaan (f/2.45). Ini adalah resolusi yang lebih besar daripada milik Realme GT Neo 3T yang hanya mendukung 16 MP (f/2.45).

Keduanya sama-sama membenamkan kamera selfie dalam sebuah wadah yang disebut punch hole. Poco menempatkan punch hole di tengah atas layar, sedangkan Realme meletakkan punch hole di sudut kiri atas layar.

Baterai dan Fast Charging

Soal baterai, smartphone Realme memang lebih unggul dari Poco. Ini karena GT Neo 3T dibekali baterai 5.000 mAh dengan fitur pengisian cepat  alias (fast charging) 80 watt. Dengan fitur tersebut maka baterai ponsel bisa terisi dari 0-50 persen hanya dalam waktu 12 menit saja.

Sementara lebih kecil, Poco F4 ditopang daya 4.500 mAh dengan fast charging yang mentok di angka 67 watt. Tetapi diklaim Poco bahwa dukungan tersebut mampu mengisi daya baterai hingga 100 persen hanya dalam waktu sekitar 38 menit.

Pilihan Memori

Poco F4 yang dijual di Indonesia hadir dalam dua pilihan RAM dan penyimpanan media, yaitu 6/128 GB dan 8/256 GB. Namun smartphone ini dibekali dengan fitur penambah RAM 2 GB dan 3 GB. Untuk F4 varian RAM 6 GB masih bisa ditambah hingga 2 GB. Sehingga total RAM yang dapat dinikmati adalah 8 GB.

Kemudian yang varian RAM 8 GB, bisa diekspansi hingga 3 GB. Sehingga total RAM yang bisa dinikmati adalah hingga 11 GB.

BACA JUGA  Dibanderol Sejutaan di Indonesia, Itel P55 Punya Apa Aja?

Ketersediaannya juga menjadi salah satu pembedanya. Tak seperti Poco, Realme GT Neo 3T hanya tersedia dalam satu pilihan RAM dan penyimpanan media saja yakni 8/128 GB.

Kapasitas RAM pada ponsel ini juga bisa diekspansi lagi hingga 5 GB dengan fitur RAM Expansion.

Harga Poco F4 dan Realme GT Neo 3T

  • Harga Poco F4 (6/128 GB) – Rp 5,7 juta.
  • Harga Poco F4 (8/256 GB) – Rp 5,2 juta.
  • Harga Realme GT Neo 3T 8/128 GB – Rp 5,5 juta.