Wow! Harga iPhone di Jepang Termurah Sedunia untuk Saat Ini

Bukan hal baru jika ponsel buatan Apple yakni iPhone menjadi smartphone segmen kelas atas atau high-end. Dibandingkan Android, nama iPhone sudah menduduki merek atau perangkat berbasis yang berkelas.

Misalnya, iPhone 13 series yang paling baru. Untuk satu unitnya saja harganya dipatok mulai dari 800-1.600 dollar AS (sekitar Rp 11,8 juta – Rp 23,7 juta). Tentunya di tiap-tiap negara mempunyai patokan atau banderol harga berbeda, terkait dengan pajak dan faktor lainnya. Meski begitu pada kenyataannya selisih harganya tidak berbeda jauh.

Lalu negara mana yang menjual iPhone dengan harga termurah di dunia?

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Lembaga penelitian Moving Mobile and Mobility Forward, menemukan selisih harga iPhone di 34 negara yang ada di dunia. Hal ini yang akan menjawab pertanyaan tersebut.

Menurut hasil survei yang dipublikasi sejak 14 Juni 2022, Jepang menjadi negara yang menjual iPhone dengan harga termurah sedunia. Harga iPhone negeri Matahari Terbit ini disebutkan 20 persen lebih murah dibandingkan rata-rata harga iPhone di pasar global.

Padahal, sejauh ini Jepang terkenal sebagai salah satu negara “mahal”, termasuk pada sektor penjualan elektroniknya. Lantas apa pemicunya sehingga iPhone disana murah?

Menurut pengguna situs tanya-jawab Quora, harga elektronik di sana bisa dikatakan dua kali lebih mahal dibandingkan di Amerika Serikat, karena adanya suatu hal.

Pertama

Hal yang pertama, Jepang memiliki tingkat layanan yang lebih tinggi. So, otomatis biaya jualnya menjadi lebih tinggi.

Kedua

Kedua, Jepang telah sigap menyediakan lebih banyak layanan sebelum dan sesudah (purna) masa penjualan. Lantas, apa yang memicu harga iPhone di Jepang termurah di dunia versi Moving Mobile and Mobility Forward?

Jadi, faktor yang mendukung harga iPhone disana murah karena dipengaruhi oleh penurunan atau depresiasi nilai tukar yen terhadap mata uang asing. Sebagaimana dihimpun dari Kontan.id, diketahui bahwa mata uang Yen turun ke level terendahnya selama 20 tahun terakhir ke 134,56 per dollar pada 9 Juni.

BACA JUGA  Mengintip Spesifikasi Realme Narzo 30 'Segera' di Indonesia

Pelemahan yen tersebut sudah terjadi sejak tahun lalu. 10 persen, Yen telah melemah terhadap dollar AS sejak 2021, setelah empat tahun berturut-turut sebelumnya stabil menguat. Di tengah depresiasi mata uang ini, harga iPhone di Jepang masih tidak berubah. Jadi inilah yang membuat harga iPhone di Negeri Matahari Terbit itu menjadi relatif lebih murah dibandingkan negara lainnya.

Harga iPhone di Jepang Hanya Rp. 10 jutaan

Lembaga riset tersebut telah membandingkan harga resmi iPhone 13 dengan model lainnya di Jepang dengan negara lainnya. Caranya yakni dengan mengonversikan harga iPhone dari negara lain ke “yen” (mata uang Jepang) dengan nilai tukar per 1 Juni 2022.

Hasilnya, bahwa harga rata-rata iPhone 13 dengan memori 128 GB di luar Jepang yakni 126.433 yen (sekitar Rp 13,7 juta). Sementara harga iPhone 13 128 GB di Jepang hanya dibanderol sebesar 98.800 yen (setara Rp 10,7 juta) saja. Harga tersebut sudah termasuk pajak dan bahkan lebih murah 20 persen dibanding harga rata-rata global.

Alasan inilah yang membuat Jepang dinobatkan sebagai negara penjual iPhone dengan harga paling murah di dunia saat ini. Kebalikannya, Brasil menjadi negara yang menjual iPhone dengan harga termahal di dunia. Moving Mobile and Mobility Forward melaporkan, harga iPhone 13 128 GB di Brasil yakni 207.221 yen (kira-kira Rp 22,6 juta).

Lalu negara yang menjual iPhone termurah nomor dua setelah Jepang adalah Hong Kong dengan 111.831 yen (sekitar Rp 12,2 juta). Sebagai perbandingan lainnya, harga iPhone di negara asalnya yakni Amerika Serikat adalah 116.477 yen atau kira-kira Rp 12,7 juta. Sementara di Indonesia sendiri harga iPhone 13 varian 128 GB dibanderol sebesar 15,1 juta, lebih mahal dari rata-rata global.

Perlu diingat, hasil survei ini menggunakan nilai tukar yen per 1 Juni 2022. Alhasil, harga yang dicantumkan dalam laporan Moving Mobile and Mobility Forward yakni bergantung pada kekuatan nilai tukar mata uang asing terhadap yen Jepang per 1 Juni 2022.

Kondisi ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Nilai tukar yen per September 2021 lalu, harga resmi iPhone di Jepang merupakan yang paling murah nomor dua setelah Hong Kong yang sekarang kebalikannya.

BACA JUGA  Spesifikasi dan Harga iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, Banyak Peningkatan Besar!

Harga iPhone Seri Terbaru Bakal Naik 20 Persen

Biasanya Apple meluncurkan seri iPhone generasi terbaru pada bulan September dalam setiap tahunnya. Pada 2022 ini, Apple diharapkan memperkenalkan iPhone 14 series pada September yang akan datang.

Mengutip laman Kompas Tekno dari Asahi, Kamis (23/6/2022), harga iPhone untuk seri terbaru tahun di Jepang ini diprediksi bakal lebih mahal hingga 20 persen dibandingkan iPhone 13 series keluaran 2021.

Disisi lain dari dampak pelemahan yen, melonjaknya biaya material dan logistik kemungkinan akan berkontribusi pada kenaikan harga iPhone. Di Negeri Sakura, produk Apple yang populer lainnya telah mengalami kenaikan harga. Sebagai misal saja harga komputer notebook MacBook Air baru yang akan mulai dijual pada bulan Juli, dibanderol dengan harga mulai dari 164.800 yen (sekitar Rp 17,9 juta).

Tentu saja harga tersebut lebih mahal 30.000 yen (kira-kira Rp 3,2 juta) dibanding model yang saat ini ada. Malahan, harga model MacBook lain yang dijual di Jepang saat ini juga telah mengalami kenaikan 10-20 persen.