Intip Fitur Andalan iPhone SE 3 yang Segera Hadir di Indonesia

Akhirnya, iPhone SE 2022 atau iPhone SE 3 (generasi ketiga) pun resmi masuk di Indonesia mulai 17 Juni 2022 mendatang.

Tentu saja ini merupakan jawaban yang ditunggu-tunggu setelah penantian yang tidak sebentar. Pecinta Apple pun bisa tersenyum lega, perangkat impian mereka yang sudah lama di dambakan akhirnya lenggang juga.

Sebelumnya, pada Maret lalu adalah iPhone versi murah yang dikenalkan pada publik. Sambutannya pun cukup baik, namun tetap saja rasa penasaran tetap ada di hati mereka yang memang mengincar iPhone SE 2022.

Secara tampang mungkin memang tak akan membawa banyak perubahan. Generasi penerus iPhone SE 2 ini masih menggunakan desain yang serupa dengan iPhone SE generasi kedua tersebut.

Pada sisi depannya, iPhone SE 2022 tetap tampilkam layar seluas 4,7 inci, dengan terdapat bezel yang cukup lebar di bagian atas layar untuk meletakkan kamera depan dengan resolusi 7 MP (F/2.2) dan speaker.

Bezel juga terdapat di bagian bawah layar, sebagai rumah Touch ID. Lalu di bagian punggung, desain iPhone SE 3 pun masih sama seperti pendahulunya, yaitu hanya dibekali dengan satu kamera belakang saja yang beresolusi 12 MP (F/1.8) dengan lampu LED Flash di sebelahnya.

Memang secara desain iPhone SE 2022 tak banyak berubah dari pendahulunya. Akan tetapi Apple tetap menyiapkan fitur yang menjadi pembeda. Untuk lebih jelas, berikut yang telah di rangkum dari Kompas Tekno, Sabtu (11/6/22).

Fitur Andalan iPhone SE 2022

Chipset iPhone 13 Series

Jadi, Apple sengaja merancang iPhone SE 3 sebagai ponsel murah dengan performa yang tetap dapat diandalkan. Seperti halnya seri-seri sebelumnya, iPhone SE 3 dibekali dengan chipset terbaru dari Apple.

Guna menopang kinerja iPhone SE generasi ketiga, Apple membekalinya dengan chipset A15 Bionic yang dipakai pula pada seri iPhone 13. Kesamaan “DNA”, diklaim jika kelancaran pengoperasian iPhone SE 2022 bakal terasa seperti di iPhone 13 series.

BACA JUGA  Resmi Rilis di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harga Vivo Y36 Series!

Konektivitas Jaringan 5G

iPhone SE ketiga ini telah mendukung koneksi jaringan 5G. Ini tak jauh dari penggunaan chipset A15 Bionic yang berimplikasi besar pada kehadiran di sejumlah peningkatan fitur.

Mungkin untuk pengguna hal ini cukup biasa, mengingat sekarang koneksi jaringan 5G sudah berada di garda depan sebagai generus 4G. Bahkan hampir semua ponsel baru dirilis mendukung jaringan tersebut. iPhone SE 2 sebelumnya menggunakan chipset A13 Bionic dan belum mendukung jaringan 5G.

Smart HDR 4 dan Deep Fusion

Fitur andalan iPhone SE 2022 yang berikutnya ada di sektor kamera. Apple membekali kamera belakang ponsel dengan dukungan fitur Smart HDR 4 dan Deep Fusion. Dengan adanya kedua fitur tersebut, kamera belakang iPhone SE 2022 diklaim mampu menghasilkan gambar dengan warna yang lebih tajam.

Bukan hanya itu bahkan hasil gambarnya pun mempunyai tekstur yang lebih halus dan detail, meskipun dalam kondisi minim pencahayaan sekalipun.

Baterai Lebih Tahan Lama dari iPhone SE 2020

iPhone SE 2022 dibekali dengan baterai yang lebih tahan lama dibanding iPhone SE 2020. Apple mengeklaim bahwa baterai iPhone SE 2022 dapat digunakan memutar video selama 15 jam dari kondisi daya penuh hingga kosong.

Adanya teknologi pengisian daya cepat 20 W menjadikan baterai pada ponsel ini cepat terisi dalam waktu yang tidak lama. Tentu saja ini berbeda dari sebelumnya, dimana iPhone SE 2020 hanya tahan digunakan memutar video selama 13 jam, dengan dukungan pengisian daya cepat 18 W.

Itulah keempat fitur andalan dari iPhone SE 2022. Sementara untuk ketersediaannya di Indonesia,  berdasarkan keterangan tertulis yang dikutip Kompas Tekno dari Erajaya Group, Jumat, (10/6/2022), iPhone SE 3 sudah bisa dibeli mulai 17 Juni mendatang.

Adapun untuk harganya juga beragam, bergantung dari varian kapasitas penyimpanan yang dipilih. Untuk harga iPhone SE 2022 di Indonesia yang termurah yakni Rp. 8 juta, varian kapasitas penyimpanan 64 GB.

Di Indonesia sendiri iPhone SE 2022 bakal ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu Midnight, Starlight, dan (Product) RED. Apabila tertarik untuk membelinya, berikut ini adalah daftar harga iPhone SE 2022 di Indonsia, sebagaimana yang dihimpun dari situs iBox dan Digimap.

BACA JUGA  Begini Cara Gampang Jual HP Android Bekas Cepat Laku dan Data Aman

Harga iPhone SE 2022 di Indonesia

  • iPhone SE 3 64 GB : Rp. 7.999.000,-
  • iPhone SE 3 128 GB : Rp. 9.499.000,-
  • iPhone SE 3 256 GB : Rp. 10.000.000,-

Pembelian unit iPhone SE 3 nantinya bisa dilakukan secara offline di toko distributor resmi Apple, seperti iBox (Erajaya Group), Digimap (MAP Group), atau Urban Republic yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun tak menutup kemungkinan secara online lewat marketplace dari iBox atau Digimap.