Inilah Ponsel Pertama Tanpa Jack Audio 3.5 mm, Bukan iPhone 7?

Makin kesini, makin banyak smartphone yang hadir tanpa adanya colokan audio 3.5 mm. Mulai dari Apple, Samsung, Oppo, Xiaomi, sampai dengan Vivo yang perlahan banyak hilangkan tombol tersebut.

Jika ditanya, siapakah vendor ponsel yang pertama kali membuang port audio jack 3.5mm dari sebuah ponsel? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab Apple di iPhone 7 series buatannya. Namun, jika mengacu kilas balik mengenai hilangnya penggunaan jack audio tentu kita semua bisa mengerti.

Apple mulai menghilangkan jack audio 3.5mm di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada 2016 silam. Itulah awal kali perusahaan asal AS tak lagi menyertakan lubang tersebut di ponsel bikinannya. Nah, tetapi sejatinya Apple bukanlah vendor pertama yang membuang port untuk menyambungkan headset atau earphone.

Mengulik makin jauh, Oppo adalah vendor ponsel yang pertama kali melakukannya. Mengingat lagi di empat tahun sebelum iPhone 7 Plus dirilis, tepatnya pada tahun 2012, dimana Oppo sudah meluncurkan ponsel Finder tanpa colokan audio jack 3.5mm.

Lalu di tahun 2014, Oppo juga lantas membuang jack audio 3.5mm pada ponsel kelas menengahnya, yaitu Oppo R5. Lalu apa alasan Oppo membuang Audio Jack 3.5 mm?

Di tahun 2012 silam, Oppo memutuskan untuk membuang jack audio 3.5mm pada ponsel Oppo Finder dengan alasan “estetika”. Tak lain agar bodi ponsel menjadi lebih tipis.

Benar. Oppo Finder anpa jack audio 3.5mm, hanya mengusung ketebalan 6,65 inci. Tak ayal, pada masanya dulu ponsel ini dijuluki sebagai smartphone paling tipis di dunia. Keasyikan ditengah pujian itu, predikat smartphone tertipis di dunia yang dipegang Oppo Finder pada akhirnya diambil alih oleh Oppo R5.

Berlanjut di tahun 2014, Oppo R5 meluncur tanpa jack audio dengan bodi lebih tipis dari Oppo Finder sebelumnya. Berdasarkan laporan, yakni outlet media Android Authority, ketebalan Oppo Finder yang hanya 4,85mm. Dengan angka tersebut, ponsel Oppo R5 disebut-sebut tak lebih tebal dari port micro-USB yang digunakan untuk mengisi daya. So, lubang jack audio 3.5mm sulit untuk dipasang pada bodi ponsel.

Tak selang waktu lama, Vivo X5Max mengambil alih mahkota smartphone tertipis di dunia dari Oppo R5 setelah Oppo Finder. Vivo menciptakan snartphone dengan ketebalan 4,75mm, dan tetap menyertakan lubang jack 3.55mm pada bodi ponselnya.

BACA JUGA  7 Aplikasi Penghasil Dollar Terbaik 2021 yang Terbukti membayar

Ponsel Buatan Apple Tanpa Jack 3.5mm Kian Populer

Lain alasan, Apple menghilangkan jack audio 3.5mm pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan alasan yang lebih praktis. Senior Vice President Hardware Engineering Apple, yakni Dan Riccio mengatakan alasan sebenarnya, yakni untuk menghemat ruang yang sudah sempit di dalam cangkang iPhone itu sendiri.

“Konektor tua berumur 50 tahun ini -bentuknya cuma lubang berisi udara saja- duduk di sana dan menyita ruang yang sangat bernilai,” kata Riccio, pada tahun 2016 silam.

Menurutnya, keberadaan jack audio 3,5 mm itu membuat perusahaan berlogo Apel merasa kerepotan dalam menambah fitur baru. Misalnya seperti sistem kamera dua-lensa milik iPhone 7 Plus yang juga menyita tempat di dalam “perut” ponsel.

Dibuangnya tombol jack 3.5mm, membuat Apple dapat menghadirkan tombol home baru yang mengandalkan “Taptic Engine” untuk menghasilkan feedback yang berupa getaran atau baterai yang lebih besar, pada iPhone 7 series.

Apple rutin meluncurkan iPhone generasi selanjutnya tanpa jack audio 3.5mm sejak iPhone 7 Series. Beberapa vendor martphone Android lain juga lambat laun mengikuti jejaknya, yang padahal bukan pertama. Tetapi dapat disimpulkan, dimasa Apple lah berikutnya banyak yang mengikuti jejak terdahulu yakni Oppo dengan “Oppo Finder”.

Disamping itu, meski bukan yang pertama, Apple mampu membuat konsep smartphone tanpa jack 3.5mm populer. Hal itu karena saat iPhone 7 series diluncurkan, Apple turut meluncurkan aksesori seperti earphone wireless (tanpa kabel) untuk pertama kalinya. Adapun yang dimaksud adalah AirPods.

Jadi, AirPods yang tidak mempunyai kabel akan tersambung dengan perangkat iPhone 7 atau iPhone 7 Plus melalui koneksi Bluetooth. AirPods memang dirancang untuk bekerja optimal saat dipasangkan dengan iPhone 7 series yang mempunyai chip wireless bernama W1 tersebut.

Ternyata, kehadiran AirPods tersebut bisa diterima baik oleh publik dan sukses di pasaran. Disinilah salah satu alasan mengapa banyak vendor smartphone lain yang mulai meniru strategi Apple dengan menghilangkan port audio jack 3.5mm pada ponsel. Serta, menghadirkan aksesori tambahan seperti earphone wireless sebagai pendamping.

Kini sudah beberaap vendor yang mempunyai lini produk earphone True Wireless Stereo (TWS) buatannya. Diantaranya adalah Realme, Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Redmi Note 10s di Indonesia

Berbeda dengan Oppo saat meluncurkan Oppo Finder sebagai ponsel tertipis tanpa jack audio dan Oppo R5 pada 2012 dan 2014. Malahan, Oppo disebut-sebut terlalu dini dalam menghilangkan jack audio 3.5mm sehingga tidak membuat konsep tersebut populer.

Pasalnya, pada kala itu aksesori earphone wireless disebut belum benar-benar siap sehingga belum ramai dipasarkan. Hal ini sebagaimana yang dikutip dari Kompas Tekno, Jum’at (13/5/2022).