Google Pixel 6A Meluncur, Smartphone dengan Harga Murah

Sesuai rumor yang ramai beredar sebelumnya, akhirnya Google meluncurkan smartphone “Murah” barunya. Apalagi kalau bukan Pixel, lalu seri apakah kali ini?

Google Pixel 6A berdasarkan konferensi pengembang tahunan, Google I/O 2022 pada Rabu (11/5/2022) waktu AS atau Kamis (12/5/2022) dini hari waktu Indonesia telah resmi di luncurkan. Ponsel ini bisa menjadi alternatif konsumen yang sangat mendambakan Pixel dengan harga terjangkau.

Lantaran Pixel 6A adalah versi rendah dari keluarga Pixel 6 Series, tak heran jika spesifikasi smartphone ini juga lebih rendah dari “saudaranya”. Hal pertama yang bisa dilihat adalah dari sisi layar yang lebih kecil, sampai resolusi kamera yang lebih rendah.

Dalam beberapa aspek, spesifikasinya memang berbeda. Akan tetapi yang menyokong performa Pixel 6A, sama dengan Pixel 6 lainnya, yaitu Google Tensor. Lalu seperti apa spesifikasinya? Berikut dapat disimak.

Spesifikasi Google Pixel 6A

Di atas panggung Google I/O yang digelar di Shoreline Amphitheater, California, AS, Google Pixel 6A tampil dengan desain yang sama seperti saudaranya yakni Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Baik dari gaya layarnya hingga punggung ponsel, masih sama. Pixel 6A di kemas dengan lubang kecil untuk mengakomodasi kamera depan.

Teknologi layarnya menggunakan jenis AMOLED selebar 6,1 inci dan resolusi 2400 x 1080. Namun refresh rate layarnya hanya 60 Hz, yang notabene lebih rendah dibanding Pixel 6 dan 6 Pro yang masing-masing sebesar 90 Hz dan 120 Hz. Lalu dibagian punggung ponsel dihias dengan modul kamera yang berbentuk persegi panjang berwarna hitam.

Kelir tersebut tampak kontras dengan penampang perangkat. Disamping itu, modul kameranya juga tampak menonjol seperti Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Material aluminium tampak melingkar jadi bingkainya. Ditambah dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass yang memastikan permukaan aman dari goresan.

Sayangnya, Google Pixel 6A menggunakan Gorilla Glass 3 alih-alih Gorilla Glass Victus seperti yang digunakan pada Pixel 6 series lainnya. Untuk ke sektor pacunya, Pixel 6A ditenagai dengan chipset buatan Google sendiri, yakni Google Tensor. Chipset tersebut dibangun dengan arsitektur 5 nm dan memiliki CPU octa-core dengan clockspeed 2,8 GHz.

BACA JUGA  Nokia T20 Rilis di Indonesia, Tablet Android Rp 3 Jutaan

Bidang grafisnya, ditangani oleh GPU Mali-G78 MP20. Disamping itu, Google turut menyematkan chip keamanan yaitu Titan M2 pada Pixel 6A. Di ponsel ini, chip Tensor tersebut didampingi dengan RAM LPDDR5 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB yang didukung teknologi penyimpanan UFS 3.1.

Soal fotografi, Pixel 6A dilengkapi dengan kamera ganda yang resolusinya meliputi kamera utama 12,2 MP (f/1.7) dan didukung OIS serta kamera ultra wide 12 MP (f/2.2). Guna mendukung kegiatan swafoto dan panggilan video, smartphone ini menawarkan kamera depan 8 MP (f/2.0).

Soal daya, Google Pixel 6A ditopang dengan baterai 4410 mAh yang rasanya sudah cukup besar. Google mengeklaim kapasitas daya tersebut menawarkan lebih dari 24 jam penggunaan normal dan hingga 72 jam dengan mode penghemat baterai yang diaktifkan.

Dukungan USB Type C menunjang pengisian ulang baterai dengan sokongan fitur fast charging 18 watt. Tetapi, smartphone ini tidak dilengkapi dengan dukungan pengisian ulang nirkabel atau (wireless).

Sementara untuk beberapa fitur lainnya yang turut dilengkapi pada Pixel 6A ini antara lain adalah always-on display, konektivitas 5G, sensor pemindai sidik jari pada layar perangkat, speaker stereo, mikrofon ganda, serta dukungan HDR. Selain itu, Google Pixel 6A juga dilengkapi dengan sertifikasi ketahanan air dan debu yakni IP67 sehingga lebih meyakinkan.

Mengutip Kompas Tekno  dari GSMArena, Kamis (12/5/2022), Pixel 6A berjalan dengan versi sistem operasi Android 12 dengan jaminan pembaruan keamanan hingga 5 tahun. Warna-warna yang di tawarkan antara lain adalah Chalk, Charcoal dan Sage.

Harga Pixel 6A

Smartphone Pixel 6A dibanderol dengan harga 449 dollar AS, yang setara dengan Rp. 6,5 juta. Tentu saja harga tersebut lumayan murah dibandingkan dengan Pixel 6 Series lainnya, atau dengan kata lain sama dengan Pixel 5A yang diluncurkan Google pada tahun lalu.

Google Pixel 6A akan mulai dijual secara online pada 21 Juli dan offline pada 28 Juli 2022 mendatang. Smartphone ini akan tersedia di beberapa negara seperti Jerman, Prancis, Australia, Kanada, Singapura, Taiwan, Italia, Irlandia, Jepang, Puerto Rico,  Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.