Uji Kebolehan Kamera Samsung Galaxy A73 5G, Konfigurasi 108 MP Ini Hasilnya

Secara resmi Samsung Galaxy A73 5G telah dipasarkan di Indonesia pada Maret 2022 dengan harga Rp 7,8 juta.

Galaxy A73 5G secara hierarki merupakan ponsel segmen tertinggi di jajaran Galaxy A series untuk saat ini. Kamera utamanya adalah fitur atau spek paling istimewa yang dibawa smartphone Samsung tersebut, yakni dengan resolusi tinggi 108 MP.

Konfigurasi itu merupakan pertama kalinya hadir di ponsel Samsung kelas menengah lewat lini Galaxy A. Tak jarang Samsung juga menyematkan kamera dengan resolusi sebesar hanya di seri flagship, seperti Galaxy S22 Ultra, misalnya.

Tak sendiri, kamera utama 108 MP (f/1.8) ponsel itu ditemani dengan tiga kamera belakang lainnya, yaitu kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan juga kamera makro 5 MP (f/2.4).

Lalu dibagian depannya, Samsung menyertakan kamera 32 MP (f/2.2) untuk keperluan swafoto serta video call. Sebagaimana yang dikutip dari Kompas Tekno, Jum’at 13 Mei 2022. Pengalaman yang dijajalnya secara keseluruhan mendapatkan hasil menarik dari foto-fotonya.

Hasil jepretan yang super keren, tajam tak terbantahkan lagi. Terlebih lagi saat menggunakan kamera utamanya tersebut, 108 MP.

Saat memotret dalam kondisi dengan pencahayaan cukup, baik di dalam maupun luar ruangan, kamera utamanya di mode normal mampu menangkap warna secara. Objek yang di tangkap sangat jelas dan memuaskan, dan hasilnya terbilang terang.

Sementara pada cuaca mendung, kamera utama 108 MP Samsung Galaxy A73 5G  masih cukup mampu menghasilkan gambar detail dengan saturasi tinggi. Dengan begitu hasil gambarnya terlihat tampak mencolok, seperti gambar di bawah ini.

Mode Resolusi Penuh 108 MP

Samsung dalam memperkaya pengalaman pengguna menyertakan berbagai fitur fotografi ke Galaxy A73 5G. Salah satunya yakni mode resolusi penuh 108 MP (hanya dalam rasio 3:4). Pengguna bisa memotret dengan resolusi penuh yakni sebesar 108 MP agar ketajaman lebih maksimal.

BACA JUGA  Ada Kabar Buruk Bagi Pengguna Hp Samsung Seri ini!

Mode resolusi penuh ini pun juga bakal menciptakan gambar yang jauh lebih terang dibanding dengan mode normal. Hal itu dimungkinkan karena Samsung menerapkan teknik “nona-binning” pada kamera 108 MP di ponsel Galaxy A73 5G. Nantinya, teknik “nona-binning” akan bekerja dengan cara menggabungkan sembilan piksel menjadi satu piksel menggunakan AI.

Ini adalah teknologi yang menjanjikan gambar lebih lebih detail dan cerah. Disamping itu, kamera utamanya pun sudah dilengkapi dengan ukuran sensor yang besar, yaitu 0,64 mikron. Sehingga hal itu akan membuat kombinasi teknik “nona-binning” dan ukuran piksel yang besar tersebut manjanjikan kamera utamanya 108 MP menghasilkan gambar dengan resolusi yang tinggi.

Adapun resolusi tinggi itu adalah 12.000 x 9000 piksel. Bukan hanya itu, hasil gambar dari bidikan kamera utama Samsung Galaxy A73 5G disebut akan lebih detail dan terang, seperti gambar yang bisa dilihat dibawah ini.

Hasil Foto Dalam Situasi yang Minim Cahaya

Saat malam hari, kamera utama Galaxy A73 5G di mode normal pun sebenarnya sudah bisa menghasilkan foto yang baik. Akan tetapi pengguna bisa menggunakan fitur night mode untuk membuat hasil foto di kondisi cahaya minim jauh lebih tajam, detail, dan pastinya terang.

Sebagai catatan, saat memotret dengan fitur night mode, pengguna harus memegang ponsel dalam posisi yang stabil (tidak bergerak sedikit pun). Apabila tidak stabil, maka gerakan sedikit saja akan membuat hasil menjadi goyang atau bahkan blur.

Foto Ultrawide, Makro, Bokeh

Tiga kamera belakang lainnya pun tak kalah epik, dapat digunakan untuk memotret foto sesuai dengan jenisnya. Misalnya jika pengguna bisa menggunakan kamera ultrawide 12 MP untuk memotret gambar dengan bidang pandang yang lebih luas dibanding dengan kamera utama (wide) 108 MP.

Untuk kamera makro, dengan resolusi 5 MP pun dapat digunakan untuk memotret objek-objek kecil. Jadi apabila pengguna ingin memotret benda kecil sekalipun akan terlihat detail dan jelas dengan jarak super dekat 3-5 cm.

Terakhir, Samsung Galaxy A73 5G juga dibekali dengan kamera depth sensor 5 MP, yang mampu memberikan efek bokeh pada hasil foto ketika menggunakan mode potrait. Sama seperti smartphone Samsung lainnya, pada Galaxy A73 5G ini juga dibekali beberapa opsi bokeh, mulai dari Blur, Zoom, Spin, Big Circle, hingga Color Point.

BACA JUGA  Wujud OPPO Reno 7 Bakalan Beda Banget dengan Reno 6!

Setiap fitur tersebut menghasilkan efek bokeh yang berbeda-beda. Misalnya menggunakan Spin, nantinya efek bokeh yang dihasilkan pada foto akan berbentuk memutar. Color Point, memungkinkan pengguna akan mendapat hasil foto dengan efek bokeh monokrom pada bagian latar belakang.

Generasi penerus Galaxy A72 ini juga menyediakan opsi zoom hingga 10x di aplikasi kamera. Tapi, sebenarnya ponsel ini tak dibekali dengan kamera telefoto. Oleh karena itu zoom bisa dilakukan melalui pembesaran digital dari kamera utama.

Saat dicoba, fitur ini bisa menghasilkan gambar yang terbilang baik. Terlebih lagi saat diperbesar hingga 4x. Dengan menggunakan digital zoom 10x, hasil foto akan justru terlihat buram karena saking banyaknya x zoom yang di pakai.

Hasil Swafoto dari Kamera Depan

Lantas bagaimana dengan hasil jepretan dari kamera depan Samsung Galaxy A73 5G ini? Berdasarkan percobaan, pada kamera selfie 32 MP (f/2.2) menghasilkan hasil foto yang detail dan tajam. Apalagi kamera depan ini dilengkapi juga dengan fitur pemotretan resolusi tinggi 32 MP dalam rasio 3:4.

Turut dilengkapi dengan mode portrait, menjadikan kamera depannya tersebut menghasilkan gambar dengan efek bokeh. Adapun yang paling menarik, mode potrait pada kamera depan dibekali dengan opsi bokeh yang lebih banyak dibandingkan kamera belakangnya.

Sebagai misal, ada opsi backdrop (mengubah latar belakang dengan warna tertentu), opsi high-key mono, sampai dengan opsi low-key mono. Lalu terdapat juga opsi mempercantik wajah, mulai dari mengatur kehalusan kontur muka (skin smoothness), tone warna kulit, dna juga meniruskan rahang sesuai keinginan pengguna saat ingin mempercantik hasil fotonya.