Layaknya DSLR, Hasil Fotografi Smartphone Masa Kini Berkat AI

Kita tahu bahwa teknologi sekarang kian mumpuni. Salah satu wujudnya yakni penyematan teknologi artificial intelligence (AI) pada kamera smartphone yang membuat hasil jepretan profesional. Misalnya seperti digital single lens reflex (DSLR) yang tidak lagi menjadi perangkat utama dalam menghasilkan fotograf menarik.

Fotografer profesional seperti Anton Ismael mengamini hal itu. Ia mengatakan, smartphone dengan segala teknologinya kini mampu mendongkrak batasan yang terdapat dalam dunia fotografi.

“Fotografi sebelumnya merupakan profesi dan kegiatan terbatas. Memotret pun harus menggunakan peralatan yang memadai. Kini, siapa saja punya kesempatan untuk melakoni fotografi (dengan kamera smartphone),” ujarnya seperti yang dikutip dari Kompas Tekno, Kamis (14/10/2021).

Sebagai salah satu bukti bahwa kamera smartphone mampu menghasilkan karya fotograf menarik, bahkan hanya bisa digunakan untuk tujuan bisnis, namun bisa dilihat dalam survei bertajuk “Pro Photographers and Their Camera Use” yang dipublikasikan pada Juli 2020 lalu.

Survei tersebut telah dilakukan Suite 48 Analytics kepada 881 fotografer profesional di Eropa dan Amerika Utara. Hasilnya, ada sebanyak 13 persen responden yang mengakui jika sebagian besar foto untuk keperluan bisnis diambil dengan kamera ponsel pintar.

Smartphone dengan Fitur Kamera AI

Sebagai keterangan, sendirinya AI pada dasarnya adalah sistem komputer yang dirancang untuk bisa mengerjakan tugas-tugas yang biasa membutuhkan kecerdasan manusia, seperti mengenali suara dan wajah.

AI di dalam kamera smartphone mampu menjadikan komponen lebih dari sekadar lensa dan sensor, namun juga kumpulan algoritma cerdas yang bisa menghasilkan gambar berkualitas dalam waktu instan.

Artinya pengeditan gambar dengan perangkat lunak konvensional yang kerap memakan waktu berjam-jam tidak lagi dibutuhkan. Begitupun sebaliknya, pengguna ponsel pintar berteknologi AI bisa berkarya secara efisien.

Disisi lain, penyematan fitur AI pada kamera ponsel juga memberikan kesempatan untuk para pengguna dalam menciptakan hasil foto dengan efek yang sebelumnya hanya bisa dihasilkan kamera profesional saja, seperti bokeh.

Bukan hanya itu, teknologi tersebut juga membuat pengaturan gambar mampu berjalan secara otomatis, mulai kecepatan rana, citra, kedalaman, eksposur, kejenuhan, warna, hingga rentang dinamis. Gebrakan tersebut menjadikan dunia fotografi ponsel kini semakin naik level dan ciamik.

BACA JUGA  Tersedia di Indonesia, Berikut Rekomendasi Hp 5G Murah yang Bisa Dibeli! 

Ponsel berkamera AI kini dapat pengguna temukan dengan mudah di pasaran. Salah satunya yang bisa di ambil contoh yakni Oppo Reno7 5G. Selain mampu melakukan pemotretan serta perekaman dengan sangat baik, perangkat ini juga mempunyai lima fitur optimasi yang membuat hasil foto atau video terlihat semakin apik.

Pertama, fitur Bokeh Flare Portrait yang sesuai namanya, kegunaannya memberikan efek bokeh profesional nan estetis pada hasil jepretan. Bokeh Flare Portrait sangat cocok diaplikasikan pada teknik street photography dengan obyek manusia atau benda-benda mati.

Kedua, fitur Portrait Mode yang akan membuat kamera Oppo Reno7 5G berkemampuan layaknya kamera DSLR dalam hal bukaan lensa atau aperture. Sedikitnya ada 25 tingkatan diafragma, mulai dari F0,95 hingga F16 yang bisa pengguna pilih. Tingkat bokeh semakin tinggi apabila semakin besar bukaan lensanya. Efek ini sangat cocok dipakai untuk foto-foto close up. Selain itu objek manusia akan terlihat lebih tegas berkat sentuhan bokeh yang dihasilkan fitur Portrait Mode.

Ketiga, Portrait Retouching. Nah, untuk fitur yang satu ini berisi algoritma eksklusif Oppo yang mampu mengidentifikasi 193 titik wajah manusia dan menyediakan 8 opsi konfigurasi penyempurnaan tampilan. So, selain bisa membereskan ketidaksempurnaan di wajah, seperti jerawat, komedo, noda kulit kusam, fitur Portrait Retouching tersebut juga dapat mengoptimalkan tampilan wajah yang sebenarnya sudah menarik, tetapi perlu sedikit polesan. Misalnya, ketika pengguna ingin menebalkan alis, meniruskan pipi, dan memancungkan hidung.

Semua kemampuan itu pun berlaku pada swafoto yang diambil dalam kondisi minim cahaya sekalipun atau sebaliknya.

Keempat, AI Color Portrait yang akan menghasilkan foto latar hitam putih atau monokrom dengan obyek manusia yang tetap berwarna. Apabila pengguna ingin mendapatkan foto keluarga yang unik, fitur ini bisa dicoba.

Kelima, fitur AI Highlight Video. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam obyek utama secara lebih detail pada kondisi minim cahaya atau sebaliknya, tanpa harus mengurangi detail latar belakangnya. Sehingga video yang dihasilkan pun tidak terlalu terang atau gelap.

Smartphone Oppo Reno7 5G hadir dengan kamera depan dan belakang. Untuk kamera belakangnya terdiri atas tiga lensa yaitu 64 megapiksel (MP), 8 MP, dan 2 MP. Sedangkan kamera depannya dilengkapi lensa 32 MP.

BACA JUGA  Spesifikasi Nokia 7 Plus Serta Kelebihan dan Kekurangan yang Penting Diketahui

Prosesor Bertenaga & Baterai Besar

Bukan hanya epik berkat adanya fitur AI camera saja, tetapi Oppo Reno7 5G juga memiliki dapur pacu yang dilengkapi prosesor bertenaga dan baterai “badak”. Oppo Reno7 5G mengadopsi system on chipset (SoC) yang terdiri dari Mediatek Dimensity 900 5G sebagai prosesornya, central processing unit (CPU) Octa-core 2×2,4 gigahertz (GHz) Cortex-A78 dan 6×2,0 GHz Cortex-A55, dan graphics processing unit (GPU) ARM Mali-G68 MC4.

Kapasitas RAM yang dibawa sebesar 8 GB yang masih bisa diperluas hingga 5 GB. Ini berlaku juga untuk read-only memory alias (ROM) yang cukup besar yakni 128 GB. Sehingga perpaduan itu akan membuat kinerja Oppo Reno7 5G kian optimal.

Lalu dari segi daya, Oppo Reno7 5G mempunyai baterai berkapasitas lumayan besar yaitu 4.500 miliampere hour (mAh). Dengan dukungan fitur fast charging 33W SuperVOOC akan membuat pengisian daya dari 0 persen hingga 100 persen hanya butuh waktu sekitar 31 menit.

Oppo sebagai brand hi-tech dan premium selalu konsisten menghasilkan produk-produk berdesain trendi yang mampu menunjang penampilan para pecintanya. Pada seri smartphone ini Oppo menggunakan teknologi laser direct imaging (LDI) untuk membuat bodi belakang smartphone. Ini merupakan teknologi inovatif yang menciptakan pola garis-garis lurus bak lintasan meteor jatuh yang menjadikan perangkat terlihat lebih stylish.

Selain glamour di tampilan, perusahaan teknologi asal China itu juga kerap mengutamakan kenyamanan pengguna ketika menggunakan produk-produknya. Poin ini bisa terlihat dari dimensi Oppo Reno7 5G yang terbilang tipis dan ringan, dengab tebal 7,8 mm dan berat sekitar 173 gram.

Bagi anda yang sudah tidak sabar, kini Oppo Reno7 5G sudah bisa didapat melalui jaringan Oppo Store dan mitra retail resmi Oppo di seluruh Indonesia, baik offline maupun online. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 7.499.000. Berikut hasil bidikan kamera smartphone Oppo Reno7 5G: