Membersihkan Layar HP Dengan Alkohol Ternyata Malah Bikin Rusak

Membersihkan layar hp adalah hal yang lumrah dilakukan. Bahkan tanpa sadar pun mungkin kita hampir setiap hari membersihkannya, saat mulai buram atau terlihat kotor.

Sebenarnya memang ada banyak cara untuk membersihkan layar smartphone. Mulai dari yang paling sederhana, yaitu dengan mengusap layar menggunakan kain fiber atau menyemprotnya dengan cairan khusus gadget.

Namun tak jarang pengguna smartphone yang membersihkan layar smartphone dengan cairan alkohol atau apapun yang mengandung alkohol. Hal ini karena banyak yang meyakini jika membersihkan layar smartphone dengan alkohol akan mampu membunuh kuman yang menempel pada layar tanpa merusak komponen smartphone lainnya.

Akan tetapi, asumsi itu ternyata tidak sepenuhnya tepat. Malahan cara untuk membersihkan layar smartphone dengan alkohol sebaiknya dihindari saja. Mengapa?

Beberapa alasan mengapa kamu harus menghindari membersihkan smartphone dengan alkohol adalah berikut ini:

Layar Akan Berbintik

Membersihkan layar ponsel dengan cairan yang mengandung alkohol ternyata bisa membahayakan kondisi layar. Apalagi jika teknik membersihkannya pun salah, justru cairan alkohol bisa masuk ke dalam komponen perangkat dan membahayakan suku cadang di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa cairan alkohol tidak cukup aman untuk membersihkan layar berjenis LCD atau Liquid Crystal Display. Sesuai namanya, layar ini dibuat dari material Liquid Crystal yang disusun secara berlapis-lapis. Lapisan layar Liquid Crystal diapit oleh dua polarisator sehingga bisa berfungsi layaknya layar pada umumnya.

Jadi, cairan alkohol cukup berbahaya bagi layar karena baik layar Liquid Crystal dan polarisator merupakan bahan yang mudah sekali larut jika terkena alkohol. Apabila terkena alkohol secara terus menerus, maka layar akan berbintik.

Merusak Komponen Dalam

Alasan berikutnya jika membersihkan layar ponsel dengan cairan alkohol yakni bisa merusak komponen dalam. Cairan alkohol tersebut bisa menyusup ke komponen dalam perangkat melalui celah pada samping layar. Apabila masuk, maka cairan berbasis alkohol akan berpotensi merusak suku cadang di dalam smartphone.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Realme C11, Smartphone Sejutaan yang Berkelas

Sesuai laporan Gizchina disebutkan bahwa kebanyakan kerusakan layar LCD pada smartphone di akibatkan karena cairan berbasis alkohol itu masuk melalui celah di pinggir layar.

Alhasil, layar sisi pinggir dan suku cadang bagian dalam perangkat bakal terancam rusak akibat cairan alkohol. Ketahanan lapisan layar LCD terbilang cukup identik terhadap cairan alkohol. Akan tetapi pada bagian pinggir, layar LCD tidak memiliki ketahanan yang sama terhadap alkohol.

Menimbulkan Layar Buram

Lapisan pelindung layar sebagian besar menggunakan bahan organik, salah satunya seperti kaca oleophobic. Kaca oleophobic ini memiliki ketahanan terhadap minyak yang tinggi, sehingga tak meninggalkan bekas minyak pada layar saat digunakan. Namun, sidik jari bisa dengan mudah menempel pada kaca oleophobic tersebut.

Oleh karena lapisan pelindung menggunakan bahan organik itulah ketahanan lapisan pelindung saja tak cukup kuat melawan cairan berbasis alkohol. Jadi jika dibersihkan dengan cairan berbahan alkohol, besar kemungkinan lapisan pelindung dapat mengelupas, dan beresiko menyebabkan layar menjadi buram.

Meskipun sebenarnya pengguna pun bisa tinggal mencopot lapisan pelindung itu.

Bukan Hanya Smartphone Saja

Melansir Kompas Tekno dari Gizchina, Jumat (6/5/2022), tidak disarankan sekali membersihkan layar ponsel dengan menggunakan alkohol. Hal ini juga berlaku untuk setiap barang elektronik yang menggunakan layar LCD.

Ada baiknya pengguna lebih menggunakan cairan khusus pembersih LCD, dan menggunakan kain khusus pembersih LCD apabila memang merasa tidak memiliki kain yang cukup bersih untuk digunakan.

Baik cairan khusus pembersih LCD maupun kain khusus pembersih LCD bisa dibeli di marketplace pilihan pengguna atau di beberapa toko elektronik lainnya. Apabila memang mempunyai kebutuhan untuk melakukan disinfeksi pada layar, maka pengguna bisa menggunakan cairan disinfektan atau cairan lain berbasis alkohol dengan hati-hati.

Cara Membersihkan Layar Smartphone dengan Alkohol yang Benar

Bukan di salahkan sepenuhnya, membersihkan layar ponsel dengan alkohol hanya tidak di sarankan. Namun apabila memang diperlukan, ada teknik dalam membersihkan layar smartphone dengan langkah yang tepat.

Adapun langkahnya yakni dengan cara mengoleskan cairan disinfektan atau carian lain yang berbahan alkohol ke kain halus. Lalu, oleskan kain halus tersebut ke bagian layar secara merata.

BACA JUGA  Intip Spesifikasi Oppo A77s Indonesia

Berbeda lagi jika kamu menyemprotkan langsung cairan disinfektan atau cairan lain berbahan alkohol ke layar smartphone karena bisa masuk kedalam smartphone melalui celah di layar.

Nah, apabila smartphone tersusupi cairan disinfektan atau cairan lain berbahan alkohol, tips cepat yakni segera matikan smartphone. Diamkan smartphone untuk beberapa saat sampai cairan di dalam ponsel kering dengan sendirinya.

Lapisan pelindung layar seperti tempered glass, privacy glass, hydrogel, liquid glass screen protector, dan beberapa pelindung lainnya juga bisa membantu dalam mencegah kerusakan layar akibat cairan alkohol.

Lapisan tersebut akan membantu layar ponselmu tak mudah rusak jika dibersihkan menggunakan alkohol. Ada kemungkinan jika kandungan alkohol hanya mencederai lapisan pelindung layar saja.