Jangan Lakukan Hal Ini di Publik dengan HP Kamu, Pokoknya Jangan!

Pentingnya sebuah etika bukan hanya ditujukan untuk orang kaya, terhormat, atau yang di segani. Etika adalah wujud sikap dan perilaku seseorang yang menandakan sopan santun atau tata krama yang baik.

Saat berada di depan publik, setiap orang sudah seharusnya memegang teguh etika yang harus di jaga. Dalam konteks ini kita ambil satu contoh yakni saat menggunakan HP. Secara kita sudah hidup di jaman modern dan digital, dimana HP menjadi kebutuhan sehari-hari. Menggunakan HP tidak bisa seenaknya saja seperti saat dirumah.

Ketika kita sedang berada diluar rumah, berlalu lalang dengan banyak orang lain (asing) maka menggunakan ponsel ada etikanya. Dengan mempertahankan sebuah etika saat menggunakan ponsel di depan publik, maka kita pun bisa memahami apa saja hal-hal yang harus dihindari untuk dilakukan dengan ponsel kita.

Apa saja hal-hal yang harus kita jauhi atau tidak boleh dilakukan dengan HP kita sendiri? Simak selengkapnya berikut ini:

Memanfaatkan WiFi publik

Pada saat kepepet seperti kuota habis, dan masih di tengah perjalanan mudik, WiFi publik bisa dipakai untuk sementara. Namun jangan asal memakai WiFi publik lantaran risikonya juga ada. Diantaranya yakni seperti HP yang rentan dihack hingga ancaman peretasan aplikasi perbankan yang ada di smartphone-mu. So, pikir ulang sebelum memakai WiFi publik.

Memakai WiFi Orang

Meskipun hotspot sebuah ponsel bisa di setting oleh pemilik agar passwordnya tidak diketahui oleh orang lain, tetapi masih juga ada yang lupa atau dengan sengaja tidak memberikan password pada hotspot ponselnya. Semisal, mungkin pemilik hotspot lupa mematikan, sementara tidak ada password. Secara langsung orang-orang disekitar akan lebih mudah mengetahui dari laporan notif. Apabila hal ini kamu temui, sebaiknya jangan gunakan. Sebab, selain tidak punya etika maka juga terlihat tidak tahu diri.

BACA JUGA  8 Tips yang Penting Diperhatikan Sebelum Beli HP Baru

Konek dengan Sembarang Kabel USB

Saat berada di depan publik, hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah tidak menghubungkan dengan sembarang USB. Mengapa? Karena dengan kamu sembarangan mengoneksikan perangkat dengan kabel USB sembarangan bisa menjadi ancaman transfer data. Secara tidak langsung, data yang ada di HP bisa dikirim ke media lain yang diinginkan oleh orang jahat.

Memotret Privasi Seseorang untuk Konten

Poin ini yang banyak terjadi, dimana rasa empati makin melebur lantaran demi keegoisan sendiri. Ya, maraknya dunia digital dan hal-hal yang berbau konten ternyata tidak sepenuhnya dilakukan dengan berfikir matang dan benar. Pasalnya masih ada saja seseorang yang membuat konten dari hasil privasi orang. Sebagai contoh, saat di jalan ada pasangan muda mudi (pacaran) yang bertengkar lalu kamu merekam dan kemudian video tersebut di upload di sosial media. Artinya kamu sudah salah jalur, bukan membuat konten hasil karya sendiri justru menyebarkan aib orang lain.

Bicara Lantang Saat Bertelepon

Saat berada di luar dan kamu sedang menerima telepon, usahakan volume suara kamu di normalkan. Jangan sampai suaramu sangat lantang, atau sampai-sampai mengaktifkan loudspeaker. Ini terkesan tidak sopan.

Jadi, manakah diantara poin-poin di atas yang tidak pernah kalian terapkan? Yuk dari sekarang tunjukkan etika kita.