Samsung Galaxy A13 5G Siap Masuk Indonesia

Pada akhir maret 2022 lalu Samsung telah meluncurkan Galaxy A13. Tak menunggu waktu yang lama, vendor asal Korea Selatan ini bakal segera memboyong Galaxy A13 5G juga ke Tanah Air.

Indikasi ini muncul dari informasi Sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), dimana ponsel dengan jaringan 5G tersebut muncul di situs P3DN Kemenperin.

Pada laman TKDN tersebut terdapat sertifikasi bernomor 1153/SJ-IND.8/TKDN/4/2022 yang diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia di tanggal 20 April 2022. Pada bagian kolom merek dan tipe, tertulis nomor model Samsung SM-A136B dengan skor TKDN sebesar 37,60 persen.

Selanjutnya di kolom spesifikasi tercantum “5G”, mengindikasikan bahwa perangkat dengan nomor model Samsung SM-A136B itu telah mendukung jaringan generasi kelima.

Melansir dari KompasTekno, nomor model SM-A136B mengarah pada ponsel Samsung Galaxy A13 5G. Apabila benar segera masuk Indonesia, Galaxy A13 5G ini bakal melengkapi model Galaxy A13 4G yang lebih dulu rilis, yaitu Maret lalu.

Akan tetapi sejauh ini pihak Samsung sendiri belum mengumbar informasi resmi soal kehadiran Galaxy A13 5G di Indonesia.

Untuk pasar global, smartphone versi 5G tersebut pertama kali fi pasarkan di wilayah Amerika Serikat, tepatnya sejak Desember 2021. Berikut spesifikasi yang bisa anda simak.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13 5G di AS

Memang belum jelas informasi, kapan ponsel ini akan dirilis di Indonesia. Kendati demikian tak ada salahnya jika menyimak informasi spesifikasinya versi AS sebagai acuan.

Smartphone ini hadir dengan bentangan layar LCD dengan desain infinity-V 6,5 inci, dengan resolusi HD Plus (1.600 x 720 piksel) serta refresh rate 90 Hz. Terdapat poni dibagian tengah atas kayar yang membentuk tetesan air atau waterdrop. Poni tersebut adalah rumah untuk kamera selfie dengan konfigurasi 5 MP.

Pada bagian punggungnya, Samsung Galaxy A13 5G tak terlihat menonjol, bisa di artikan tak dibekali dengan modul kamera. Jadi, ponsel ini lebih mendesain kamera yang dibenamkan langsung pada punggung ponsel.

Adapun ketiga konfigurasi kamera belakangnya yakni kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera makro dengan 2 MP (f/2.4).

BACA JUGA  Cara Main Game Tanpa Lag di Samsung Galaxy A34

Pada sektor pacu, Samsung Galaxy A13 versi 5G dibekali dengan System-on-Chip (SoC) MediaTek Dimensity 700 dengan fabrikasi 7 nm. Untuk menujang kinerja agar lebih maksimal, chip tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB serta penyimpanan media sebesar 64 GB.

Bahkan, apabila pengguna merasa masih kurang, kapasitas penyimpanan itu bisa diekspansi hingga 1 TB dengan menggunakan slot microSD.

Smartphone ini berjalan dengan versi OS 11, dibekali dengan kapasitas baterai 5000 mAh yang rasanya sudah sangat cukup. Apalagi dengan adanya dukungan fitur fast charging 15 watt yang makin memudahkan saat mengecas ponsel lebih cepat dan efisien.

Galaxy A13 5G mempunyai bobot 95 gram dengan ketebalan 8,8 mm. Adapun untuk beberapa fitur yang dibawa lainnya adalah termasuk fingerprint yang terintegrasi dengan tombol power (side-mounted), NFC, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, sampai dengan colokan audio jack 3.5 mm.

Di AS, ponsel ini hadir dengan pilihan warna black dan light green. Samsung Galaxy A13 5G versi AS dijual dengan banderol harga sebesar 249,99 dollar AS atau setara dengan Rp. 3,6 juta.