6 Tips Hemat Baterai HP Saat Mudik Lebaran 2022

Lebaran 2022 sebentar lagi, bagi umat muslim semua telah menjalankan ibadah puasa yang hampir 20 hari. Tentunya persiapan demi persiapan terus di schedule.

Nah, belum lagi buat kamu yang mungkin sedang bekerja di luar kota, berumah di luar kota, atau ingin mengunjungi kakek nenek di kampung halaman, pasti jauh-jauh hari harus di rencanakan. Sepertinya tahun ini tak sama dengan tahun kemarin, dimana wabah covid masih sangat gencar sehingga memaksa pemerintah untuk menerapkan aturan ketat guna mencegah penularan.

Tahun ini, perkembangan covid mungkin bisa dibilang tak seramai tahun sebelumnya. Di kesempatan ini banyak yang tak menyia-nyiakan untuk mudik ke kampung halaman. Jika kamu adalah salah satunya, selain bekal oleh-oleh dan persiapan diri ada yang tak kalah pentingnya. Ya, HP adalah salah satu perangkat penting untuk komunikasi. Disamping itu kamu juga pasti akan memanfaatkan HP sebagai hiburan di tengah kemacetan jalan raya.

Repot rasanya jika dalam tengah perjalanan mudik, HP harus lowbat dan akhirnya off. Mungkin jika kamu bersama beberapa keluargamu menggunakan mobil pribadi masih tak seberapa sulit. Akan tetapi yang di khawatirkan adalah, ketika kamu mudik sendirian namun HP mati karena baterai habis. Tak ingin seperti itu terjadi? Yuk simak tips hemat baterai HP saat mudik lebaran berikut.

  1. Manfaatkan Fasilitas WiFi Jika Ada

Jika kamu lebih menggunakan WiFi, secara tidak langsung akan menghemat penggunaan baterai dibandingkan dengan kamu harus memakai jaringan seluler. Jika ada fasilitas WiFi gratis, kenapa tidak di manfaatkan?

  1. Turunkan Brightness

Tingkat kecerahan pada ponselmu sangat berpengaruh sekali pada awetnya nyawa daya. Saat jelang mudik, sebaiknya turunkan dulu brightness smartphone. Lagipula, jika terlalu terang juga tidak nyaman di mata. Mungkin iya, jika berada di ruangan outdoor membutuhkan brightness cukup terang. Akan tetapi apakah kamu akan terus menerus menggunakan ponselmu sepanjang berada di outdoor? Tidak juga.

  1. Mulai Hapus Aplikasi Tak Penting

Saat kamu akan melakukan perjalanan mudik, coba lihat kembali ponselmu. Cek aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Apakah semuanya benar-benar kamu butuhkan?

BACA JUGA  Hp 5G 2021 Dengan Desain Paling Tipis!

Jika ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak penting sebaiknya hapus. Selain ini merupakan tips menghemat baterai saat mudik, kapasitas ponselmu juga bisa sedikit bernafas. Namun jika kamu memang ingin aplikasi itu ada di HP meskipun tidak sepenuhnya butuh maka kamu bisa download kembali setelah pulang mudik.

  1. Unduh Aplikasi “Battery Saving”

Banyak sekali aplikasi yang bisa melacak performa ponsel pintar dan menganalisis faktor apa saja yang membuat baterai HP kamu cepat habis. Sebagai salah satu contihnya yakni aplikasinya BetterBatteryStats atau Battery HD+. Nah, kamu bisa gunakan aplikasi tersebut sebelum mudik lebaran 2022.

  1. Airplane Mode

Beralih ke mode airplane bukan saja saat berpergian dengan pesawat terbang, akan tetapi ini bisa dipakai juga untuk menghemat baterai. Dengan menerapkan mode ini kamu tidak akan bisa menerima pesan atau telepon dan terhubung ke internet tetapi hanya bisa menggunakan ponsel untuk hal yang kalian inginkan. Sementara, lakukan saja hal ini agar baterai hpmu tetap hemat.

  1. Matikan Fitur ‘Lokasi’

Layanan lokasi menggunakan GPS untuk melacak lokasimu memang penting diaktifkan untuk mengamankan HP kamu. Akan tetapi hal ini juga akan memakan baterai. Sebaiknya gunakan fitur ini saat kamu benar-benar tidak tahu arah atau di mana posisimu berada, tapi kalau sedang kepepet, coba matikan sementara saja selama perjalanan mudik. Mengapa? Tujuannya agar baterai hp mu tetap terjaga.

Jadi itulah ke enam tips hemat baterai HP saat mudik lebaran 2022.