Selisih Rp. 200 Ribu, Inilah Perbandingan Samsung Galaxy M23 5G dan Galaxy A23

Samsung telah resmi merilis smartphone Galaxy M23 5G di Indonesia sejak awal April 2022 ini. Ponsel ini merupakan generasi penerus dari Galaxy M22 yang diluncurkan Samsung di Indonesia pada September 2021 lalu.

Galaxy M series sendiri merupakan lini smartphone Samsung dengan ciri khas utamanya yakni mengusung baterai berkapasitas besar. Oleh karena itu, Galaxy M23 juga dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh serta fitur pengisian ulang cepat 25 watt alias fast charging.

Di pasar tanah air, harga Galaxy M23 5G yang ditawarkan di Indonesia yakni Rp. 3.699.000. Jika di hitung-hitung, harga tersebut mempunyai selisih sekitar Rp. 200.000 dengan harga Galaxy A23 yang dijual Rp 3,5 juta. Sama halnya seri Samsung Galaxy M23 5G, untuk Galaxy A23 juga memiliki kapasitas baterai dan fitur pengisian ulang cepat yang sama.

Lalu apa saja perbedaan spesifikasi dari keduanya? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut perbandingan Samsung Galaxy M23 5G dan Samsung Galaxy A23.

Chipset

Dilihat dari aspek dapurnya, Galaxy M23 ditenagai oleh chipset Snapdragon 750G buatan Qualcomm. Chip tersebut dirancang dengan fabrikasi 8 nm serta mengusung dukungan. Tak heran apabila Samsung Galaxy M23 memiliki embel-embel 5G. Hal ini tentu lain dengan Samsung Galaxy A23 yang diotaki oleh chipset Snapdragon 680 serta dirancang dengan arsitektur 6 nm.

Kendati chipset yang digunakan oleh kedua smartphone ini berbeda versi, namun baik Galaxy M23 maupun A23 dilengkapi RAM dan penyimpanan yang setara, yakni 6 GB /128 GB. Disamping itu tak ketinggalan, Samsung juga menyematkan dukungan RAM Plus untuk memperluas RAM sementara, sampai dengan dukungan microSD guna menambah penyimpanan pada kedua smartphonenya itu.

Desain

Selain chipset, segi desain juga patut disampaikan. Kedua smartphone Samsung itu mengusung layar yang sama yakni 6,6 inci dengan panel LCD. Selain panel dan bentangnya, resolusi layar di kedua ponsel itu juga sama-sama Full HD+ (2.408 x 1.080 piksel). Penggunaan desain layar juga sama, mempunyai notch atau poni berjenis tetesan air (waterdrop) atau disebut dengan Samsung Invinity-V.

BACA JUGA  Mirip Tapi Beda Kelas, Ini Hasil Perbandingan OPPO A77s Vs Reno 7 4G

Akan tetapi yang menjadi pembeda keduanya pada aspek layar adalah soal dukungan refresh rate. Karena Samsung Galaxy M23 5G dibekali refresh rate 120 Hz sementara Galaxy A23 hanya 60 Hz. Desain punggung di olah berbeda, terutama pada bagian modul kamera kedua ponsel, ya meskipun sama-sama berbentuk persegi panjang.

Dengan kata lain modul kamera pada Galaxy M23 tampak lebih ramping dibanding Galaxy A23. Hal ini karena jumlah kamera belakang keduanya juga berbeda, masing-masing tiga dan empat kamera.

Kamera

Sebagaimana yang disampaikan sebelumnya, Samsung Galaxy M23 dan Samsung Galaxy A23 memiliki perbedaan jumlah kamera belakang meskipun sama-sama menawarkan resolusi kamera utama 50 MP. Galaxy M23 dibekali dengan tiga kamera belakang yang berkonfigurasi kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide dengan 8MP (f/2.2), dan kamera depth sensor 2MP (f/2.4). Tiga kamera belakang tersebut turut ditemani oleh sebuah lampu flash LED.

Lain halnya dengan Samsung Galaxy A23 yang mengusung empat kamera belakang. Konfigurasinya terdiri atas 50 MP (f/1.8, PDAF) di kamera utamanya, kamera ultrawide 5 MP (f/2.2), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), serta kamera makro 2 MP (f/2.4). Tak lupa Samsung turut menyematkan lampu flash LED untuk menunjang pengambilan foto kala cahaya minim.

Nah, untuk kamera depannya terbilang kembar karena Galaxy M23 dan A23 menawarkan kamera selfie dengan resolusi yang sama, yakni 8 MP dengan bukaan (f/2.2).

Konektivitas 5G

Seperti yang sudah kita ketahui, Samsung Galaxy M23 hadir dengan chipset yang mendukung konektivitas 5G. Oleh karena itu smartphone ini disebut Galaxy M23 5G. Sayangnya dukungan yang sama belum tersedia pada Galaxy A23. Chipset yang digunakan pada Galaxy A23 juga hanya mentok di jaringan 4G.

Fitur-Fitur

Beberapa fitur lainnya pada Samsung Galaxy M23 5G dan Samsung Galaxy A23 terbilang sama, ambil satu contoh penanaman sensor fingerprint yang terintegrasi tombol power (side-mounted). Selain itu keberadaan NFC, colokan audio 3.5mm, USB Type-C, slot microSD, hingga bluetooth dan WiFi yang sama.

Bahkan kedua smartphone ini juga berjalan dengan sistem operasi yang sama yaitu Android 12 dan antarmuka OneUI 4.1. Disini, salah satu pembedanya adalah Galaxy M23 5G yang dilengkapi dengan speaker berteknologi Dolby Atmos.

BACA JUGA  Cara Sembunyikan Foto Video di Galeri iPhone

Harga

Di Indonesia, Samsung Galaxy M23 5G hadir dengab tiga varian warna, yakni Deep Green, Orange Copper, dan Light Blue. Harga Samsung Galaxy M23 5G varian (6/128 GB) adalah Rp. 3.699.000.

Senentara untuk harga Samsung Galaxy A23 dibanderol Rp. 3,5 juta dan menawarkan tiga opsi warna yaitu Black, Blue, dan Peach.