Penyebab HP Xiaomi Jadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Bukan untuk merek-merek tertentu, namun semua smartphone. Seiring dengan waktu dan masa pemakaiannya, perangkat tersebut tentu akan mengalami masa penurunan kualitas atau fungsinya. Ini harus kita semua sadari, karena tidak ada smartphone yang abadi menjadi perangkat baik-baik saja seperti baru.

Seiring pemakaian, beberapa penyebab dari penurunan kualitas ponsel bisa terjadi karena software dan hardware. Jika keadaannya memang sudah dalam usia tua, maka pengguna harus bersabar apabila mendapati barang sudah tak seperti baru lagi. Ini semua berlaku pada semua merek, tak terkecuali Xiaomi.

Berdasarkan laman resmi Xiaomiui, beberapa faktor yang menjadi pemicunya sehingga perangkat lemot yakni memori internalnya. Seperti halnya CPU dan RAM, memori internal tentu juga berperan besar dalam menunjang kinerja smartphone. Memori internal dari waktu ke waktu akan mengalami penurunan performa. Ini berpengaruh pada kinerja sistem smartphone.

Selain ponsel, masalah seperti ini juga terjadi pada laptop maupun komputer. Apabila komputer lawas (lama) yang menggunakan hard drive (HDD) kinerjanya justru melambat, maka performanya kan menjadi lebih baik dengan mengganti HDD ke SSD.

Penyebab Dari Segi Software

Salah satu penyebab penurunan kinerja pada smartphone Xiaomi yaitu dari aspek software. Sedangkan sistem operasi smartphone sendiri umumnya menuai pembaruan, akan tetapi terbatas dalam waktu tertentu. Sebagai misal hanya bisa di-update hingga tiga versi Android selanjutnya. Oleh sebab itulah secara perlahan smartphone Xiaomi akan tertinggal dengan standar software yang mungkin akan lebih canggih.

Dengan begitu, maka ponsel tidak dapat memenuhi dan menysuaikan dengan standar software baru. Menurut Xiaomiui, faktor ini membuat kinerja smartphone Xiaomi akan mengalami penurunan.

Tips Mendongkrak Kinerja Ponsel Xiaomi

Hal yang paling umum terjadi, smartphone menjadi lambat adalah penuhnya kapasitas penyimpanan atau memori ponsel. Kedengarannya mungkin spele, namun hal ini cukup mengganggu kinerja perangkat lantaran ruangnya yang mulai terbatas. Apabila anda pengguna smartphone Xiaomi, dan sedang mengalami keluhan tersebut berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba.

  1. Hapus Cache

Menghapus cache adalah hal yang paling umum dan utama dalam mengatasi permasalahan pada kinerja smartphone yang mulai menurun. Adalun cache tersebut baik berupa skrip, gambar sampai dengan file multimedia lainnya yang tersimpan d ponsel.

BACA JUGA  Link Nonton Crazy Love Aksi Adipati Dolken Sebagai Siswa Pembuat Onar

Nah, file tersebut tak lain berasal dari situs atau aplikasi yang mungkin pernah anda kunjungi pertama kali. Data tersebut nantinya akan digunakan kembali pada waktu anda membuka aplikasi atau situs yang sama.

Namun seiring berjalannya waktu, kemungkinan besar akan ada banyak fule cache yang tak dibutuhkan lagi. Oleh karena itu pengguna Xiaomi perlu menghapus cache guna memperluas ruang penyimpanannya. Anda bisa menemukan cache pada menu pengaturan smartphone Xiaomi, atau dengan cara mencari fitur “Cleaner” di aplikasi keamanan MIUI.

Disamping itu, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi cleaner dari pihak ketiga.

  1. Lakukan Update Sistem Operasi

Dalam setiap pembaruan OS akan menyertakan beberapa peningkatan fitur serta perbaikan untuk smartphone, misalnya seperti untuk menutup bug. Keberadaan bug tersebut yakni membuat smartphone Xiaomi menjadi lemot. Oleh karena itu, pastikan ponsel Xiaomi selalu mendapatkan sistem operasi terbaru, dan jangan abaikan jika ada notif untuk melakukan update.

Langkah untuk mengecek, Anda dapat membuka menu Setting > About Phone > System Update. Apabila tidak terdapat tombol untuk menginstal pembaruan,  artinya smarthone Anda telah menggunakan sistem operasi terbaru.