Kenal Lebih dalam Xiaomi 12 yang Segera Hadir di Indonesia

Perangkat baru Xiaomi dipastikan bakal melenggang di Indonesia dalam waktu dekat. Sebut saja Xiaomi 12 yang kategori flagship terbaru perusahaan asal Tiongkok.

Xiaomi 12 sebelumnya sudah lebih dulu dirilis di negaranya, China pada akhir tahun lalu. Selanjutnya perangkat itu di luncurkan secara global pada pertengahan Maret 2022. Kini semakin dekat jelang peluncurannya di Indonesia, semakin genting kabar-kabarnya.

Xiaomi melalui sebuah unggahan di akun Instagram official miliknya dengan nama @xiaomi.indonesia, mengumumkan bahwa Xiaomi 12 akan diluncurkan di Tanah Air. Tepatnya peluncuran itu melalui sebuah acara yang digelar online pada Kamis, 7 April 2022 pukul 19.00 WIB.

Dengan begitu maka Mi Fans (julukan penggemar Xiaomi) bisa menyaksikan acara peluncuran smartphone yang di tunggu secara langsung di kanal YouTube Xiaomi Indonesia. Pada unggahan Instagram, sayangnya Xiaomi tak menyertakan informasi lainnya, kecuali tentang peluncuran seri 12.

Sementara jika mengunjungi kanal YouTube Xiaomi Indonesia, disana sudah ada video yang disiapkan untuk acara peluncurannya yakni pada 7 April 2022. Video tersebut rilis dengan tajuk “Xiaomi 12 Series Launch| Xiaomi’s dual flagship of the year #MasterEveryScene”.

Jika di pahami dari judul tersebut, nampaknya Xiaomi tak membiarkan Xiaomi 12 sendirian. Ada kemungkinan perusahaan asal negeri Tirai Bambu itu bakal meluncurkan lebih dari satu model di Indonesia. Meski begitu, tetap belum diketahui secara pasti model apa saja yang akan diboyong ke Indonesia.

Apabila mengacu pada peluncuran global di pertengahan Maret lalu, Xiaomi 12 series sendiri terdiri dari tiga model yaitu Xiaomi 12 versi reguler, Xiaomi 12 Pro, dan Xiaomi 12X.

Melansir Kompas Tekno, saat mencoba untuk menghubungi pihak Xiaomi Indonesia guna memastikan model Xiaomi 12 mana saja yang akan diluncurkan di Indonesia. Tetapo, hingga berita ini ditulis masih belum ada jawaban pasti dari pihak Xiaomi Indonesia. Disamping itu belum juga diketahui apakah spesifikasi Xiaomi 12 Indonesia bakalan sama seperti versi globalnya.

Dilengkapi Fitur “ProFocus”

Xiaomi Indonesia telah mengirim undangan peluncuran ponsel flagship 12 untuk awak media. Salah satunya termasuk tim Kompas Tekno yang juga sudah menerima undangan ini. Namun dalam hal ini bukan hanya ada jadwal peluncuran Xiaomi 12 di Indonesia saja. Mengutip Kompas Tekno, Rabu (6/4/2022) ada juga kisi-kisi yang di siratkan Xiaomi untuk ponsel flagshipnya yaitu berupa fitur “ProFocus”.

BACA JUGA  Smartphone Mewah Xiaomi 12 dan 12 Pro Segera Hadir di Indonesia

Mengacu pada penelusuran tim Kompas, fitur tersebut hanya tersedia pada model ponsel Xiaomi 12 “reguler” dan Xiaomi 12 Pro.

Xiaomi ProFocus merupakan teknologi pemfokusan baru dengan pembelajaran subjek serta algoritma pelacakan. Dengan begitu maka kemampuan  kamera Xiaomi 12 dimungkinkan sekali untuk menangkap subjek bergerak dengan lebih jelas.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12 Series

Untuk mengetahui aspek jeroan mulai hadware maupun software dari smartphone ini, nampaknya pecinta Xiaomi di Indonesia harus bersabar. Hal ini karena sesuai dengan yang disampaikan di atas, belum ada keterangan baru apakah spek Xiaomi 12 Indonesia akan sama seperti versi globalnya.

Berikut bisa anda simak spesifikasi Xiaomi 12 versi global untuk menjadi acuan atau perkiraan kemungkinan.

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro Versi Global

Dari ketiganya, varian Pro adalah model yang berposisi paling atas. Ini karena varian tersebut telah dibekali dengan pesifikasi yang lebih mumpuni. Untuk display, 12 Pro dibekali layar LTPO AMOLED seluas 6,73 inci dengan resolusi 2K (3.200 x 1.440 piksel). Lalu adaptive refresh rate 1-120 Hz, serta dilindungi lapisan anti gores Corning Gorilla Glass Victus.

Di sektor fotografinya, dibekali kamera selfie 32 MP serta tiga buah kamera belakang mulai dari kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX 707 disertai dengan OIS. Lalu kamera telephoto dengan 50 MP, dan kamera ultrawide 50 MP.

Ponsel ini di otaki dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm) yang dipadukan dengan kapasitas RAM 8/12 GB dan penyimpanan media 256 GB. Untuk menunjang kegiatan sehari-hari, ada kapasitas baterai yang di benamkan 4.600 mAh dan sudah mendukung fast charging 120 Watt.

Xiaomi 12 Pro berjalan dengan versi sistem operasi Android 12 yang dilengkapi tampilan antarmuka MIUI 13. Soal harga, untuk satu unit Xiaomi 12 Pro versi global dibanderol mulai 1.000 dollar AS atau setara Rp. 14,3 juta.

 

Spesifikasi Xiaomi 12 Versi Global

Secara umum spek Xiaomi 12 varian reguler ini mempunyai kemiripan dengan Xiaomi 12 Pro, terutama di aspek chipset, kamera depan maupun kamera belakangnya. Hanya saja yang membedakan adalah pada aspek layar, kapasitas baterai serta opsi memori internalnya.

BACA JUGA  HP Oppo Ini Punya Duo Kamera Beresolusi 50 MP

Diketahui, Xiaomi 12 memiliki layar yang lebih kecil, 6,28 inci. Panel yang di gunakan jenis AMOLED dengan resolusi 2.400 x 1.080 piksel serta adaptive refresh rate hingga 120 Hz. Jika varian 12 Pro dengan kapasitas 4600 mAh, maka varian reguler tentu lebih sedikit yaitu dengan 4500 mAh.

Sama halnya varian pro, varian reguler juga dibekali dengan fitur pengisi daya cepat atau (fast charging) 67 Watt (wired) dan 50 Watt (wireless). Xiaomi 12 tersedia dalam tiga pilihan opsi RAM mulai dari 8 GB/128 GB, 8 GB/256 GB, dan 12 GB/256 GB. Untuk satu unit Xiaomi 12 versi global dibanderol mulai 750 dollar AS atau sekitar Rp 10,7 juta.

Spesifikasi Xiaomi 12X Versi Global

Sebagai varian series yang di posisikan paling murah, Xiaomi 12X mengusung spesifikasi lebih rendah diantara keduanya. Ponsel menggunakan panel AMOLED 6,28 inci serta dukungan refresh rate 120 Hz. Mungkin, jika dilihat dari segi desain, Xiaomi 12X tampak identik dengan Xiaomi 12 reguler. Pada sektor fotonya, Xiaomi 12X versi global membawa tiga buah kamera belakang dengan 50 MP di kamera utamanya.

Untuk kapasitas baterainya sama seperti varian reguler yakni 4.500 mAh dengan fitur fast charging 67 Watt.

Perbedaan paling menonjol lainnya terletak dari sektor hardware. Xiaomi 12X di otaki oleh chipset Snapdragon 870. Harga Xiaomi 12X versi global di patok mulai 650 dollar AS atau setara dengan Rp. 9,3 juta untuk konfigurasi RAM 8 GB/128 GB. Sementara harga untuk opsi penyimpanan lainnya masih belum diketahui.

Untuk informasi lebih lanjut, kita tunggu saja besok, Kamis 7 April 2022. Apakah Indonesia kebagian Xiaomi 12 Series sama seperti yang meluncur secara global, atau tidak.