Samsung Galaxy A33 5g Vs Redmi Note 11, Mending Mana?

Tahun ini, 2022 khususnya di bulan Maret pasar gadget Tanah Air kedatangan ponsel-ponsel baru. Sebut saja untuk dua diantaranya yakni Samsung Galaxy A33 5G dan Xiaomi Redmu Note 11. Menurut kamu, mending mana?

Kedua smartphone tersebut telah dibekali dengan spesifikasi cukup mirip, seperti di aspek layar, baterai dan kamera. Bahkan baik smartphone Samsung maupun Xiaomi sama-sama kantongi sertifikasi ketahanan terhadap air dan debu. Kendati speknya banyak kemiripan, akan tetapi pengguna juga harus tahu perbedaan di kedua smartphone ini. Dengan begitu maka bisa menentukan mana yang lebih baik, Samsung Galaxy A33 5G atau Redmi Note 11

Dari harganya saja sudah tak sama, Galaxy A33 5G dilepas mulai Rp. 4,7 juta. Sementara Redmi Note 11 dengan Rp. 2,5 juta. Bukan tanpa sebab, keduanya di banderol berbeda karena masing-masing membawa keunggulan berbeda-beda. Berikut adalah perbedaan spesifikasi yang paling menonjol keduanya, agar bisa membedakan mana yang lebih baik.

Samsung Galaxy A33 5G Vs. Redmi Note 11, Mending yang Mana?

Dalam penggunaan chipset, Samsung mengandalkan chip terbarunya yakni Exynos 1280 yang memiliki konfigurasi prosesor (CPU) delapan inti (octa core) berkecepatan maksimal 2,4 GHz. Chipset itu di bangun dengan fabrikasi 5nm dan sudah termasuk dukungan 5G. Sedangkan Redmi Note 11 masih menggunakan chipset 4G, Qualcomm Snapdragon 680 fabrikasi (6nm).

Xiaomi memang belum mendukung jaringan 5G, tetapi chipset yang di pakai mempunyai CPU octa core berkecepatan maksimal 2,4 GHz seperti chipset halnya Galaxy A33. Disamping penanaman chipset yang berbeda, konfigurasi memori juga tak sama. Galaxy A33 5G menghadirkan tiga pilihan, 6/128 GB, 8/128 GB, 8/256 GB. Sedangkan hanya dua pilihan pada Redmi Note 11 yaitu 4 GB/128 GB dan 6 GB/128 GB.

Sementara untuk kapasitas baterainya hadir sama dengan 5000 mAh. Bahkan dilengkapi dengan fast charging, dimana pada Xiaomi kecepatan 33 watt dan sayangnya pada ponsel Samsung mentok di 25 watt saja.

Secara software, bisa dibilang Samsung Galaxy A33 5G lebih unggul karena berjalan dengan versi OS Android 12 berlapis antarmuka (UI) OneUI 4.1. Lain halnya Redmi Note 11 yang masih setia pada OS Android 11 dilapisi UI terbaru khas Xiaomi, MIUI 13. Tak perlu khawatir, kedua smartphone tersebut sama-sama kantongi sertifikasi tahan air dan debu, tetapi dengqn IP rating berbeda.

BACA JUGA  Ono PES 2021, Ini Kemampuan Detailnya yang Harus Dipahami

Sebut saja pada Samsung yakni dengan IP67, yang artinya smartphone ini bisa bertahan dalam air tawar hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Sedangkan Redmi Note 11 memiliki sertifikasi IP53. Artinya, ponsel ini hanya mampu bertahan terhadap cipratan air yang jatuh dari hingga sudut 60 derajat.

Perbedaan lain sebagai perbandingannya, Xiaomi mematenkan jenis port yang lebih lengkap. Diantaranya yaitu mulai dari USB type-C, fingerprint yang telah terintegrasi pada tombol power atau (side-mounted), colokan jack audio 3.5mm. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan dua SIM nano sekaligus satu kartu microSD. Hal itu lantaran Note 11 mendukung tiga slot kartu.

Dalam hal ini Galaxy A33 5G hanya mendukung slot kartu dual SIM-Hybrid. Jadi, pengguna bisa menggunakan dua SIM nano atau satu SIM nano saja dan di tambah dengan kartu microSD  sampai dengab 1 TB. Bahkan Samsung meniadakan dukungan jack 3.5 mm.

Jadi, diantara kedua smartphone tersebut mending pilih yang mana? Rasanya semua tergantung dari kebutuhan setiap pengguna.