Xiaomi Mi 11 Ultra Meledak, Begini Tips Cegah HP Meledak dan Lebih Awet

Kabar tidak mengenakan menimpa penggemar Xiaomi atau Mi Fans. Bagaimana tidak, insiden meledaknya Xioami Mi 11 Ultra yang viral di media sosial tentu menjadi sorotan.

Mengacu pada kejadian itu, pengamat gadget yakni Lucky Sebastian membagikan tips merawat ponsel agar tidak sampai meledak dengan tiba-tiba. Disampaikan oleh Lucky bahwa sebagian besar penyebab ponsel yang meledak tiba-tiba berasal dari baterai dan charger. Ia kemudian menyarankan untuk selalu menggunakan kepala charger bawaan yang asli (Orisinal) dan kabel yang sesuai. Terutama ini untuk ponsel yang memiliki fast charging super cepat.

“Boleh menggunakan charger pihak ketiga? Boleh saja, tetapi pilih yang reputasinya sudah teruji,” jelas Lucky, mengutip dari Detik Inet.

“Hati-hati banyak charger tiruan yang mengaku barang asli, sebisa mungkin beli charger di official store atau service center,” tambahnya.

Kendati telah memiliki kepala charger dan kabel yang asli, pastikan juga kualitas kabel masih dalam kondisi baik. Ini karena rata-rata bagian kabel yang berada di ujung dekat kepala charger mudah terkelupas lantaran sering tertekuk. Jadi bilamana kabel sudah terkelupas atau bahkan sampai terburai, segera diganti demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

Bukan hanya kualitas kepala charger dan kabel, tetapi kondisi fisik baterai ponsel juga perlu diperhatikan.

“Kalau baterai terlihat kembung jangan dipaksa dan segera ganti ke service center, karena kembung ini berisi gas dan mudah meledak,” sambung Lucky.

Tips penting lainnya, saat membawa ponsel di luar ruangan, sebaiknya jangan diletakkan di tempat yang terlalu panas atau terkena matahari secara langsung misalnya, di dashboard mobil, dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Jangan pernah berfikir bahwa ketika ponsel sudah mengantongi rating tahan air, seperti IP67 atau IP68, bukan berarti kalian bisa ceroboh. Seperti halnya usia, semakin tua maka tingkat produktivitasnya menurun. Hal ini berlaku juga pada ponsel, jika sudah berumur maka karet-karet pelindungnya yang membuat ponsel tahan air tidak sekuat saat pertama kali beli.

BACA JUGA  Ponsel 5G Xiaomi Bakal Dijual Murah Meriah di Indonesia?

Saran terakhir dari Lucky, sebisa mungkin segera melakukan perbaikan ponsel di service center resmi milik vendor masing-masing ketika mengalami kerusakan.

Informasi mengenai meledaknya ponsel Xiaomi tersebut diketahui dari akun Instagram dengan nama @bryanfegus0n yang mengklaim Xiaomi Mi 11 Ultra miliknya tiba-tiba meledak ketika tengah dipakai mengedit foto. Ia mengaku jika ponselnya masih dalam kondisi bagus dan usianya belum sampai satu tahun.

Bukan hanya itu, bahkan dalam postingan InstaStory nya disebutkan jika ia memastikan selalu menggunakan charger bawaan dan ponselnya itu tidak pernah tersentuh air dan atau masih dalam masa garansi. Naasnya, ketika dikeluhkan kepada pihak Xiaomi, ia mengaku mendapatkan pelayanan buruk.

Menanggapi kasus tersebut, pihak Xiaomi Indonesia mengaku telah mengetahui dan tengah mengerahkan tim purnajual guna menyelesaikan masalah yang terjadi.

“Xiaomi Indonesia telah berbicara secara langsung dengan Sdr. Bryan sekaligus menyampaikan permohonan maaf terkait ketidaknyamanan yang dialami pengguna. Solusi yang ditawarkan oleh Xiaomi Indonesia telah diterima dengan baik Sdr. Bryan dan kami mengapresiasi masukan yang disampaikan terkait layanan purnajual kami,” ujar Stephanie Sicilia, Head of PR Xiaomi Indonesia.

“Sebagai perusahaan yang berorientasi kepada fans, kami berkomitmen untuk senantiasa menjaga kepercayaan pelanggan dengan terus menjaga kualitas produk dan layanan terbaik dalam upaya menghadirkan inovasi untuk semua,” kata Stephanie.