Apple Sebut Masalah Boros Baterai Setelah Update iOS 15.4 Itu Normal

Apple resmi menelurkan iOS 15.4 pada pekan lalu. Bukan hanya membawa fitur baru, namun update kali ini dilaporkan turut menimbulkan masalah. Apa masalah tersebut?

Diketahui dari sejumlah pengguna yang mengeluhkan baterai iPhone mereka yang rentan habis, setelah melakukan update ke sistem operasi iOS 15.4. Bahkan masalah ini juga melanda sang jagoan iPhone 13 Pro Max yang dikategorikan sebagai salah satu perangkat Apple dengan kapasitas baterai terbesar.

Pengakuan di lontarkan oleh sejumlah pengguna seri iPhone 13 yang mengaku bahwa perangkat miliknya hanya bisa bertahan selama setengah hari saja setelah update. Kendati demikian, masalah tersebut tidak dialami oleh semua pengguna. Sementara sejumlah pengguna lain yang tak merasakan dampaknya justru mengatakan hal sebaliknya. Mereka menyebut jika baterainya kian lebih baik setelah menuai update iOS 15.4.

Memang tidak sedikit dari pengguna yang menyampaikan keluhan tersebut melalui akun Twitter resmi Apple dengan handle @Apple dan @AppleSupport. Keluhan-keluhan itu juga turut disertai dengan tagar #Apple dan #ios15.4.

“Ya, (baterai) cepat terkuras setelah pembaruan iOS #ios15.4 #Apple,” tulis akun Twitter dengan nama @jawadaq.

Menanggapi banyaknya keluhan yang membanjiri akun perwakilan perusahaan, pihak Apple pun akhirnya angkat bicara. Melalui sebuah balasan yang ditujukan kepada akun @jawadaq, Apple menyampaikan jika hal itu normal-normal saja, masalah boros baterai setelah memasang membaruan iOS 15.4.

Bahkan disarankan kepada pengguna untuk menunggu hingga 48 jam lamanya usai melakukan update. Ini tentu menurut pihak Apple, aplikasi yang ada pada ponsel perlu waktu adaptasi dengan iOS 15.4.

Dalam kurun waktu tersebut, mungkin baterai iPhone akan cepat habis dan mengalami panas secara tiba-tiba. Tetapi, hal itu justru dinyatakan normal dan akan hilang seiring berjalannya waktu.

“Sangatlah normal bagi aplikasi dan fitur untuk melakukan penyesuaian hingga 48 jam setelah pembaruan,” tulis pihak Apple.

Saat pembaruan OS baru dipasang, umumnya ponsel akan melakukan serangkaian tugas pada background. Tugas-tugas tersebut juga termasuk kalibrasi baterai. Pada dasarnya, dibutuhkan beberapa hari agar kalibrasi selesai.

Perusahaan besar asal negeri Paman Sam tersebut meluncurkan sejumlah pembaruan software untuk lini perangkat Apple sejak pekan lalu. Beberapa pembaruan tersebut mencakup update iOS 15.4, iPadOS 15.4, dan macOS 12.3.

BACA JUGA  Cara Atasi Memori Penyimpanan Penuh di HP iPhone

Melalui update iOS 15.4, Apple turut menghadirkan sejumlah fitur-fitur baru mencakup 37 karakter emoji baru hingga dukungan adaptive triggers pada controller DualSense, sebagaimana yang dikutip dari Kompas Tekno dari Gizchina, Kamis (24/3/2022).