Spesifikasi OPPO K10 Berbekal Baterai Besar Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Belum lama Oppo meluncurkan smartphone baru, yakni K10. Smartphone ini telah diresmikan di India, dan sebagai tanda kembalinya seri K dari daftar ponsel perusahaan. Seperti diketahui, K series Oppo vakum sekitar dua tahun.

Jika di perhatikan, spesifikasi Oppo K10 hampir mirip dengan smartphone Realme 9i. Ini mencakup baik dari sisi desain maupun jeroannya. Katakan saja dari sisi layar, Oppo K10 dibekali dengan layar berlubang atau (punch hole) di atas IPS LCD seluas 6,59 inci. Layar tersebut mengusung resolusi Full HD+ serta refresh rate 90 Hz.

Spesifikasi antarmuka tersebut juga melengkapi Realme 9i. Hanya saja, bedanya layar ponsel Realme memiliki bentang 6,6 inci. Sementara di sektor pacu, Oppo K10 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan arsitektur 6 nm. Chip yang sama juga dipakai pada ponsel Realme 9i.

Guna menunjang multitasking penggunaan Oppo K10, chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR4x 6 GB serta memori internal 128 GB UFS 2.2. Sedangkan untuk opsi yang lain dengan RAM lebih besar hingga 8 GB namun dengan kapasitas memori internal yang sama. Ponsel Oppo terbaru ini memungkinkan pengguna bisa memperluas kapasitas penyimpanannya menggunakan microSD pada slot yang tersedia.

Untuk daya tahannya sendiri telah ditopang dengan baterai berdaya 5.000 mAh yang lengkap dengan fitur fast charging 33 Watt. Pengisian ulang baterainya bisa dilakukan dengan menggunakan USB tipe C. Lalu di bagian fotografi, smartphone terbaru Oppo dilengkapi dengan tiga kamera belakang, yakbi terdiri dari kamera utama 50 MP, sensor kedalaman 2 MP serta kamera makro 2 MP. Ketiganya diposisikan dalam sebuah modul berbentuk persegi panjang, dihiasi dengan tulisan “10-K Super Performance” pada punggung ponsel.

Sementara itu untuk menunjang aktivitas selfie maupun video call, Oppo K10 juga menawarkan kamera depan beresolusi 16 MP yang ditempatkan pada lubang layar di sudut kiri atas ponsel atau Punch Hole. Bukan hanya disitu saja, beberapa fitur yang turut di sematkan pada perangkat ini antara lain adalah konektivitas yang cukup lengkap, meliputi jaringan dual 4G VoLTE, GPS, WiFi, Bluetooth 5.0, sampai dengan jack audio 3,5 mm.

BACA JUGA  Oppo Reno7 Z 5G Layak Jadi Partner Side Hustle, Ini 5 Alasannya!

Oppo K10 berjalan dengan sistem operasi versi 12 atau Android 12 dengan antarmuka (UI) ColorOS 11.1.

Harga Oppo K10

Terdapat dua varian yang di tawarkan Oppo pada seri K10 berdasarkan besaran memori. Karena smartphone ini masih di luncurkan di India, maka berikut informasi harganya:

  • Harga Oppo K10 varian RAM 6 GB/ 128 GB: 14.990 rupe (Rp 2,8 juta)
  • Harga Oppo K10 varian RAM 8 GB/128 GB: 16.990 rupe (Rp 3,2 juta)

Mengutip Kompas Tekno dari Gizmochina, Kamis (24/3/2022), smartphone ini tersedia dalam varian warna Black Carbon dan Blue Flame.

Informasi tambahan, Oppo K10 menandai kembalinya seri K usai vakum sekitar 2 tahun. Hal ini karena pada momen sebelumnya Oppo meluncurkan seri K3 di India pada tahun 2019. Sejak tahun tersebut, perusahaan tak kunjung memperbarui Oppo K-series hingga akhirnya menelurkan Oppo K10.

Pada kesempatan yang sama, Oppo juga meluncurkan eraphone nirkabel yang disebut “Enco Air2”. Earphone ini dilengkapi dengan driver 13,4 mm, konektivitas bluetooth 5.2 dan kapasitas daya baterai yang mampu membuat perangkat bertahan hingga 24 jam. Aksesoris ini dibanderol seharga 2.499 rupee atau sekitar Rp 470.000.